fbpx
Ilustrasi mobile payment
Ilustrasi mobile payment

Sudah familiar kah anda dengan istilah mobile payment? Mari simak pembahasan berikut dan ketahui lebih banyak seputar teknologi yang satu ini :

Penggunaan telepon seluler sekarang sudah semakin menjamur. Teknologi yang memiliki segudang manfaat tersebut sudah digunakan di hampir pelosok dunia. Di Indonesia saja, telepon seluler sudah digunakan dari berbagai kelas umur maupun kelas ekonomi. Anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sudah biasa menggunakan ponsel, bahkan tak jarang kita temukan anak-anak lebih mahir menggunakannya dibanding orang tua. Selain itu masyarakat menengah ke atas maupun masyarakat menengah kebawah kini sudah terbiasa dengan penggunaan ponsel. Bisa dibilang di Zaman digitalisasi ini memang ponsel sudah menjadi kebutuhan untuk berbagai aktivitas.

Beragam sektor kini dimudahkan dengan hadirnya telepon genggam, terutama si telepon pintar. Mulai dari sektor pendidikan hingga sektor ekonomi bisa diakses dengan mudah menggunakan smartphone secara mobile. Salah contoh nyatanya yaitu teknologi mobile payment. Dimana dengan teknologi tersebut segala jenis transaksi bisa dengan mudah dilakukan dengan praktis dan tanpa harus menggunakan uang cash.

Teknologi mobile payment sekarang ini semakin luas penggunaannya sejalan dengan semakin berkembangnya penggunaan smartphone oleh masyarakat Indonesia. Semakin bertambahnya pengguna smartphone maka semakin lengkap pula fitur yang ditawarkan, seperti aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam hal ini aplikasi mobile payment yang dapat memudahkan transaksi bisnis atau perdagangan yang semakin marak.

Ponsel menjadi pengganti uang fisik dalam hal transaksi yang kemudian berfungsi menjadi tools pembayaran. Bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun, ketika kamu memastikan memiliki uang non cash maka bisa dengan mudah melakukan transaksi, secara sederhananya sekali klik maka akan otomatis terjadi transaksi. Keterlibatan ponsel seperti ini semakin lama semakin familiar di tengah masyarakat Indonesia, yang tak lain ialah mobile payment.

Pengertian mobile payment

Ada beberapa hal yang menjadi komponen dari mobile payment, diantaranya yaitu pelaku transaksi, jenis aplikasi yang digunakan, metode yang diterapkan, dan operasi yang terlibat dalam mobile payment. Mobile payment sendiri mengutip dari wikipedia yaitu proses untuk melakukan pembayaran ketika membeli bara atau menggunakan jasa tertentu, yang proses pembayarannya menggunakan perangkat bergerak seperti telepon genggam PDA (Personal Digital Assistant).

Pembayaran ditandai dengan pembayaran menggunakan pulsa telepon genggam maupun sistem pembayaran lain yang menggunakan telepon sebagai alat berkomunikasi kepada perangkat tujuan melalui teknologi nirkabel seperti pada umumnya Near Field Communication. Dengan Mobile Payment sendiri bisa bertransaksi untuk berbagai jenis barang atau jasa. Misalnya barang yang terlihat secara fisik maupun tidak seperti buku, pakaian, perhiasan, pulsa, tagihan ringtone, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk jasa pun bisa beragam, seperti jasa house cleaning, jasa transportasi, dan masih banyak lagi.

Mobile payment merupakan teknologi lanjutan dari e-payment. Pasti sebelumnya masyarakat lebih familiar dengan transaksi melalui kartu debit atau kartu debit. Dengan hadurnya mobile payment tanpa harus membawa banyak kartu bisa menggunakan telepon genggam dengan beragam fitur, sehingga satu barang bisa digunakan untuk beragam fungsi. Tentu saja akan membuat proses transaksi semakin mudah dan praktis. Pembayaran yang digunakan pada umumnya menggunakan pulsa atau menggunakan e-money. Proses pembayarannya sendiri akan dikomunikasikan melalui telepon genggam mulai dari langkah-langkah, proses, hingga informasi pelengkap lainnya. Teknologi nirkabel sangat dibutuhkan dalam penggunaan mobile payment salah satunya yaitu NFC (Near Field Communication) atau pesan yang dikirim melalui aplikasi.

Saat ini dunia perbankan sudah diramaikan dengan mobile payment. Sudah pernahkah anda menggunakan mobile banking? Salah satu fasilitas yang disediakan oleh bank ini bisa digunakan untuk mobile payment. Anda bisa memantau dengan muda jumlah uang, riwayat transaksi, dan informasi lainnya tanpa harus mendatangi bank secara langsung.

Mobile payment sudah menjadi hal yang biasa diterapkan di kehidupan sehari-hari oleh masyarakat yang berada di negara maju, seperti Jepang, Korea, Amerika, dan lain-lain. Hanya dengan scan barcode atau menggunakan kode tertentu makan transaksi bisa langsung dilakukan tanpa lagi harus mengantri lama. Tentu yang harus diperhatikan ialah konektivitas internet agar tak terjadi kendala.

Baca juga : 7 Aplikasi Produktivitas Belajar & Bekerja yang Super Helpful

Model mobile payment

Mobile payment sendiri memiliki beragam model. Seiring perkembangan jaman semakin banyak model yang diterapkan. Ada 4 Model Utama Mobile Payment diantaranya yaitu :

  1. Premium SMS based transactional payments : Proses request pembayaran tagihan yang dilakukan melalui sms dengan tujuan tertentu sesuai dengan nomor atau kode yang didaftarkan. Setelah penerimaan SMS tersebut biasanya pulsa aja terpotong secara otomatis sesuai besar tagihan yang disepakati sebelumnya. Jika pulsa tidak mencukupi tentu akan ada pemberitahuan lanjutan untuk tindakan selanjutnya. Pada umumnya transaksi atau tagihan dengan model seperti ini ketika membeli wallpaper, ringtone, musik, dan sebagainya.
  2. Direct Mobile Billing : model pembayaran bergerak dengan cara transaksi melalui mobile account. Nantinya mobile account tersebut akan memberikan PIN dan password yang digunakan untuk proses transaksi lanjutan. Pada umumnya jenis password yang digunakan ialah one time password, dimana pada transaksi selanjutnya akan menggunakan password yang berbeda. Hal ini bertujuan agar proses transaksi bisa berjalan dengan lebih aman dan terpercaya.
  3. Mobile Web Payments (WAP) : proses request transaksi alias suatu pembayaran tagihan dengan cara penggunaan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) pada telepon genggam. Pada model ini pengguna wajib memiliki atau mendownload aplikasi tertentu untuk mendukung transaksi. Dimana nantinya tagihan akan dibebankan kepada billing telepon (Direct Operator Billing). Syarat untuk menerapkan model transaksi WAP yaitu memiliki Credit Card sehingga mempermudah proses transaksi. Pada akhirnya penggunaan dengan praktis melakukan berbagai transaksi untuk pembayaran produk atau jasa yang diinginkan.
  4. Contactless NFC (Near Field Communication) : model pembayaran yang dilakukan melalui perangkat mobile yang memiliki aplikasi NFC (Near Field Communication). Seperti model sebelumnya, model inipun memiliki syarat menggunakan aplikasi tertentu yang akan mendukung atau memfasilitasi proses transaksi. Nantinya tagihan yang diterima akan masuk dengan pemberitahuan melalui telepon genggam, kemudian secara otomatis memotong kartu prabayar, atau ditangguhkan melalui billing telepon, selain itu juga bisa melalui akun bank secara langsung.

Baca juga : Fascinating! Ketahui 4 Jenis SEO Important untuk Optimalisasi Websitet

Tipe transaksi mobile payment

Mobile payment selain memiliki model transaksi yang beragam, tetapi juga memiliki tipe yang berbeda-beda. Berdasarkan dari kemungkinan transaksi yang akan terjadi maka mobile payment terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya :

  1. Pay per view : tipe mobile payment seperti ini yaitu ketika transaksi dilakukan pada saat pembelian produk atau penggunaan jasa dalam sekali periode. Contoh dari tipe pay per view yaitu pembayaran saat mengunduh film, mengunduh lagu, dan masih banyak lagi. Pada umumnya akan dilakukan transaksi pada saat itu juga, sehingga proses dianggap clear dan tidak akan menerima tagihan di waktu tertentu.
  2. Pay per event : tipe mobile payment ini dilakukan ketika transaksi dilakukan pada periode tertentu, mulai dari setiap bulan, minggu, hingga tahun. Anda bisa menggunakan produk atau jasa tertentu terlebih dahulu dan nantinya akan dikenakan tagihan sesuai ketentuan pada periode yang sudah disepakati sebelumnya. Misalnya tagihan untuk unlimited layanan video, premium film, dan masih banyak lagi.

Manfaat mobile payment

Adanya mobile payment memberikan banyak sekali manfaat yang dirasakan masyarakat Indonesia. Mengandalkan konektivitas internet, transaksi bisa dengan lancar dilakukan. Transaksi tidak harus selalu menggunakan uang cash lagi. Berikut merupakan beragam manfaat yang dirasakan dengan munculnya teknologi tersebut, antara lain :

1. Kecepatan Transaksi

Ilustrasi kecepatan transaksi melalui mobile payment
Ilustrasi kecepatan transaksi melalui mobile payment

Keadaan dunia saat ini menuntut masyarakat bisa melakukan berbagai hal dengan cepat, termasuk proses transaksi. Jika berbelanja tidak perlu lagi mengantri panjang untuk membayar. Anda bisa dengan cepat menyelesaikan transaksi dengan kemajuan teknologi. Gunakan smartphone, hanya perlu scanning atau memasukan kode tertentu maka otomatis barang atau jasa yang ada incar resmi dibeli. Apalagi jika berbelanja online yang menetapkan batas waktu tertentu untuk membayar. Sehingga tak perlu mengkhawatirkannya batas waktu ketika transaksi, Karen teknologi sudah memberi solusi.

2. Fleksibel

Ilustrasi fleksibel dalam menggunakan mobile payment
Ilustrasi fleksibel dalam menggunakan mobile payment

Jika dulu melakukan transaksi perlu mendatangi toko secara langsung, mengantri di kasir, dan prosedur lainnya yang mungkin merepotkan, maka sekarang jauh lebih fleksibel dengan mobile payment. Berbelanja kemudian bertransaksi bisa dilakukan melalui aplikasi yang mendukung pembayaran bergerak. Transaksi bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Tanpa proses yang rumit, dalam hitungan detik proses transaksi dapat diselesaikan secara fleksibel.

3. Kontrol Pengeluaran

Ilustrasi kontrol pengeluaran melalui mobile payment
Ilustrasi kontrol pengeluaran melalui mobile payment

Bagi anda yang ingin mengontrol pengeluaran, teknologi seperti ini cukup membantu. Fitur yang disediakan akan menunjukkan riwayat transaksi yang dilakukan. Dengan begitu akan lebih mudah dalam proses mencatat pengeluaran rutin. Jika tadinya mungkin anda terlalu kalap dalam berbelanja, sehingga pengeluaran membengkak tak terkontrol. Maka dengan kemajuan teknologi hal-hal seperti itu bisa dihindari. Anda dapat mengatur saldo yang berada di aplikasi mobile payment sehingga dapat membatasi apa yang akan dibeli. Terlebih dengan lengkapnya riwayat transaksi akan lebih menyadarkan anda untuk mengontrol pengeluaran.

4. Promo Menguntungkan

Ilustrasi promo dengan penggunaan mobile payment
Ilustrasi promo dengan penggunaan mobile payment

Aplikasi mobile payment semakin banyak bermunculan. Demi mendapatkan perhatian publik maka pihak pengelola aplikasi berlomba-lomba bekerja sama dengan pihak-pihak ternama untuk mengadakan promo besar-besaran, misalnya restoran, departemen store, online market place, dan sebagainya. Tentu saja promo yang menggiurkan tersebut membuat masyarakat tertarik untuk mencoba beralih dari metode pembayaran sebelumnya. Selain itu ada yang memberlakukan sistem poin untuk kemudian bisa ditukar dengan hadiah atau promo lainnya. Membuat pengguna transaksi bergerak semakin bertambah.

Selain dari empat manfaat di atas masih banyak manfaat lainnya. Tentunya akan benar-benar terasa ketika mencoba menggunakan mobile payment secara langsung.

Kini di Indonesia juga sudah banyak yang menerapkan mobile payment. Mulai dari restoran hinggap departemen strore sudah memberikan fasilitas untuk melakukan proses tersebut. Memang penggunanya di Indonesia belum sebanyak di negara-negara maju. Namun semakin lama, penggunaannya semakin bertambah. Perlu adanya edukasi terlebih dahulu agar masyarakat bisa tertarik untuk beralih menggunakan teknologi yang lebih canggih. Sayang masih banyak yang merasa kurang paham sehingga memilih cara lama daripada harus melakukan secara rumit dan sulit. Padahal faktanya ternologi yang semakin canggih justru semakin mempermudah setiap kegiatan manusia. Masih banyak juga yang ragu menggunakan cara tersebut, terutama berkaitan terhadap tingkat akurasi dan keamanan transaksi.

Demi membiasakan masyarakat Indonesia untuk mengikuti perkembangan teknologi maka penggunaan mobile payment harus dilakukan secara lebih luas. Tak lupa perlu adanya edukasi, terutama dengan adanya internet yang semakin mempermudah distribusi informasi. Terakhir dan yang terpenting ialah penjelasan terkait akurasi dan keamanan dari mobile payment yang harus selalu ditekankan kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar membentuk masyarakat yang terbuka akan perkembangan dan bisa mengikuti dengan baik arus teknologi sesuai dengan ketentuan yang seharusnya.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top