fbpx

Anda memiliki bisnis sendiri dan ingin menaikan penjualan melalui copywriting? Anda saat ini tertarik untuk menjadi seorang copywriter? Atau Anda butuh panduan copywriting yang comprehensif?

Berikut ini Bootsol akan menghadirkan informasi lengkap dan panduan copywriting.

Apa yang dimaksud dengan Copywriting?

Panduan Copywriting 2021: Great Writing, Great Selling
Panduan Copywriting

Sebelum lanjut ke panduan copywriting, Anda harus mengetahui pengertian copywriting terlebih dahulu. Banyak yang bilang bahwa copywriting adalah bahasa iklan. Ya, memang betul. Copywriting adalah sebuah kegiatan penulisan teks yang memiliki tujuan persuasif. Hal ini dikarenakan mayoritas pengunaan copywriting ditujukan untuk keperluan komersil yakni menaikan penjualan. Pada awalnya, penulisan copywriting hanya digunakan dalam advertorial, sales letter, billboard, dan media iklan cetak lainnya, sehingga disebut copywriting.

Tapi kalau dipikir-pikir, mengapa copywriting masih relevan dan bahkan makin diperlukan di era seperti sekarang yang segalanya serba digital? Bahkan setelah munculnya media-media baru berbasis audio seperti Podcast atau bahkan multimedia seperti Youtube dan Instagram?

Hal ini dikarenakan dengan menguasai copywriting, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya adalah:

  • Menarik perhatian customer
  • Memahami kemauan dan kebutuhan customer
  • Memperbaiki struktur dan alur penulisan
  • Dapat lebih terhubung dengan media sosial
  • Lebih banyak orang yang akan membagikan konten Anda

Artinya, Anda dapat mengaplikasikan copywriting di hampir semua elemen dalam media marketing yang ada saat ini.

Copywriting dapat anda aplikasikan dalam berbagai media marketing diantaranya:

  • Blog post headline
  • Teks landing page
  • Thumbnail, judul, dan description Youtube
  • Webpage meta description
  • Podcast description
  • Skrip video
  • Pertanyaan interview
  • E-mail outreach
  • Post media sosial
  • dll

Copywriting vs. Content Writing

Copywriting dan content writing memang terkesan mirip dan banyak orang yang masih belum bisa membedakannya. Namun, keduanya berbeda. Sedangkan, content writer menulis sebuah teks informatif dengan tujuan untuk mengedukasi dan menghibur pembaca. Jika copywriter menghabiskan waktunya untuk riset produk dan customer, content writer melakukan riset mengenai topik yang sedang trend serta relevan dengan website mereka.

Sedangkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, copywriter memiliki tugas yang jelas yakni menjual. Tugas seorang copywriter adalah mengubah audience yang awalnya hanya mengkonsumsi konten menjadi tertarik untuk membeli. Copywriter yang baik akan meyakinkan calon customer bahwa produk atau layanan yang ia jual adalah sesuatu yang benar-benar cocok untuk customer.

Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca informasi mengenai panduan copywriting di bawah ini.

Panduan Copywriting

Panduan Copywriting 2021: Great Writing, Great Selling
Langkah pertama dalam panduan copywriting: riset adalah salah satu skill yang diperlukan seorang copywriter

Selain mengikuti kursus atau workshop, Anda tidak perlu mengenyam pendidikan formal khusus untuk menjadi seorang copywriter. Anda dapat membaca-baca artikel dan menonton tutorial mengenai panduan copywriting secara online.

  • Riset produk
  • Riset customer
  • Pembuatan konten
  • Kemampuan menulis
  • Persuasi
  • Penulisan Headline yang Menarik

1. Riset Produk

Sebelum benar-benar menulis, di dalam panduan copywriting ini sangat dianjurkan seorang copywriter perlu melakukan banyak riset. Riset yang paling utama adalah riset produk, baik produk yang Anda jual maupun produk kompetitor Anda. Pelajari keunggulan dan kelemahan produk Anda dan kompetitor Anda. Selanjutnya, Anda bisa menonjolkan keunggulan produk Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Anda dapat menampilan klaim Anda (terbaik, tercepat, termurah, dll), hasil review customer, atau bahkan hasil survey yang telah anda lakukan.

2. Riset Customer

Jika anda telah mengetahui marketing persona Anda, Anda akan menyelidiki lebih lanjut mengenai apa yang konsumen inginkan dan butuhkan. Anda dapat menonjolkan kata-kata persuasif yang dapat membuktikan bahwa produk atau layanan Anda adalah sesuatu yang paling pas untuk customer.

3. Kemampuan Menulis

Sebagai penulis, anda tentunya harus memiliki kemampuan menulis yang mumpuni. Anda perlu mengetahui struktur kalimat, ejaan, tata bahasa, dll. Untuk menjadi penulis yang baik, anda harus giat dalam dua hal, yakni membaca dan tentunya menulis. Dengan membaca, Anda dapat menambah wawasan, meningkatkan kosakata, serta dapat membedakan tulisan yang baik dan buruk. Setelah anda banyak membaca, anda harus melatih menulis. Jangan putus asa jika tulisan Anda masih belum bagus. Anda dapat memperbaikinya sambil terus berlatih.

4. Persuasi

Persuasi adalah skill penting untuk menjadi seorang copywriter. Anda harus memikat calon pembeli, dan mengubah orang-orang yang asalnya hanya audience menjadi customer. Apapun teknik copywriting yang Anda aplikasikan, diakhir tugas Anda adalah meyakinkan customer untuk melakukan sebuah aksi, yakni membeli.

5. Penulisan Headline yang Menarik

Tahukah anda bahwa 80% orang di internet hanya akan membaca headline, dan 20% orang akan membaca konten hingga selesai. Hal ini membuktikan betapa pentingnya headline untuk menarik audience tertarik dengan konten Anda dan membacanya hingga selesai. Terdapat beberapa cara agar healine Anda terlihat lebih menarik :

Contoh Headline yang dapat menarik customer ada di laman homepage First Media diatas. ENJOY THE REAL WORRY-FREE INTERNET. Hal ini tentunya dapat menarik bagi customer dimana kualitas internet di Indonesia masih tergolong rendah.

6. Pembuatan Konten

Panduan Copywriting 2021: Great Writing, Great Selling
Langkah selanjutnya dalam panduan copywriting: pembuatan konten yang baik juga merupakan skill yang penting bagi copywriter

Bagi Anda yang belum tahu, yang dimaksud dengan konten adalah apa saja yang mengandung pesan dan dapat anda bagikan. Pesan yang disampaikan seorang copywriter tentunya adalah pesan persuasif yang bertujuan untuk meyakinkan customer. Untuk hal ini, anda harus mengetahui konten yang bagus dan yang sedang trend untuk memikat calon customer.

Teknik Copywriting

Setelah Anda mengetahui tahapan menulis dalam panduan copywriting diatas, saatnya Anda mengetahui jenis-jenis teknik penulisan copywriting. Berikut adalah jenis-jenis teknik copywriting:

Slippery Slide

Sesuai dengan tujuan semua penulis untuk membuat pembaca membaca hingga selesai, teknik slippery diibaratkan sebuah serodotan yang mana penulis membuat tulisannya mengalir. Anda membuat kalimat pertama agar pembaca terus ke kalimat kedua, lalu ketiga, dst.

AIDA

Teknik ini terdiri dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Teknik ini sangat cocok untuk E-mail newsletters, skrip video, intro blog post, halaman iklan, dll.

Benefit > Feature

Dalam teknik ini, Anda menonjolkan kata-kata yang mencerminkan manfaat yang diberikan oleh produk/layanan Anda. Teknik copywriting ini biasanya digunakan oleh produk layanan atau produk yang bertujuan untuk membawa kemudahan untuk customernya. Teknik ini ada dan bisa diaplikasikan karena sehebat apapun fitur yang produk/layanan anda miliki, manfaat yang akan diterima lah yang mendatangkan penjualan.

Strong CTAs

CTA atau Call To Action ditunjukan kepada customer yang sibuk, bahkan super sibuk. Masalah yang mereka hadapi perlu diselesaikan secepat mungkin. Maka dari itu, teknik copywriting strong CTAs tidak bertele-tele, hanya memberi tahu apa yang harus customer lakukan. Contohnya adalah iklan Semrush. Semrush adalah tool SEM dan SEO yang populer diantara para marketer dan content creator profesional. Dikarenakan target customer mereka yang berusaha menggaet profesional, mereka dengan singkat memberi customer solusi untuk merencanakan, menulis, dan menganalisa konten di satu tempat – Semrush.

Storytelling

Teknik copywriting ini menghadirkan tulisan yang dikemas seperti bercerita. Pembaca awalnya terbuai oleh alur cerita yang disuguhkan, namun diakhir anda kembali mengajak pembaca untuk membeli produk Anda.

Itulah informasi lengkap dan panduan copywriting versi Bootsol. Bagaimana menurut Anda? Tulis di kolom komentar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top