fbpx

Value bisnis merupakan nilai yang telah dipercaya oleh pemilik bisnis atas produk atau layanan yang disediakan oleh bisnisnya.

Value Bisnis

Value bisnis melekat pada merek atau bisnis tersebut

Value bisnis merupakan penilaian dari kita sendiri terhadap produk atau layanan yang kita hasilkan sendiri. Jika kualitas produk bisnis kita baik, maka value bisnis juga akan meningkat. Value bisnis dapat menjadi pembanding produk kita dengan produk merek lain atau kompetitor, dengan begitu value bisnis berguna pula untuk menaikkan reputasi merek atau produk kita.

Menurut jojonomic, value bisnis perlu dimiliki terutama untuk melakukan pengambangan bisnis. Sebab dengan adanya penilaian terhadap produk maka pemilik perusahaan dapat melakukan evaluasi produk. Dengan demikian maka produk dapat terus dikembangkan dengan segala inovasi terbaru sehingga bisa semakin diterima oleh masyarakat. Pada akhirnya produk diharapkan dapat selalu menarik bagi konsumen dan menambah customer loyal perusahaan.

Cara Meningkatkan Value Bisnis

1. Meningkatkan Service

Customer tidak hanya melihat produk yang bisnis kita jual, melainkan mereka juga akan mempertimbangkan bagaimana cara kita memperlakukan serta memberikan pelayanan kepada mereka. Jadi bukan hanya produk yang harus berkualitas namun pelayanan terhadap customer juga harus bernilai baik.

Cara meningkatkan value yang pertama adalah dengan meningkatkan service. Kita harus selalu memastikan bahwa kita telah memberikan pelayanan terbaik untuk customer dan memastikan bahwa mereka puas dan senang dengan pelayanan kita. Contoh dari pelayanan yang baik dan memuaskan adalah customer care yang bersedia dihubungi 24/7 dengan respon yang baik dan membantu customer atas keluhan yang dialami. Dengan begitu, pelayanan terhadap customer dapat terjaga dan hasilnya customer yang merasa puas tersebut melihat value bisnis dari kita.

2. Meningkatkan Kualitas Produk

Cara meningkatkan value yang kedua yaitu kita perlu meningkatkan kualitas produk. Produk dari usaha yang kita jalani harus meningkatkan kualitasnya agar tidak ketinggalan zaman dan kalah saing dengan kompetitor. Kita perlu memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk yang kita punya sehingga menjadi berbeda dan lebih unggul dari produk kompetitor. Peningkatan kualitas produk perlu dilakukan pada berbagai unsur seperti rasa, ukuran, packaging, tampilan, dan lain-lain. Perubahan produk yang meningkatkan kualitas pasti akan meningkatkan value bisnis dan membuat customer merasa penasaran serta tertarik.

3. Customer Relationship Management

Cara meningkatkan value yang ketiga adalah dengan memanage hubungan baik dengan customer. Hubungan emosional yang baik antara pihak perusahaan atau suatu brand dengan customer bisa menjadi nilai tambah. Customer yang telah lama menggunakan produk kita biasanya menjadi loyal dan sulit untuk berganti ke produk sejenis lainnya. Itu semua bisa terjadi karena customer kita merasa dihargai dan dirangkul sehingga mereka merasa bahagia dan puas dengan produk yang kita hasilkan.

Cara untuk menjaga relasi yang baik dan berkelanjutan dengan customer ada banyak. Diantaranya adalah dengan menciptakan program khusus bagi customer yang setia. Kita harus memperlakukan customer kita agar mereka merasa istimewa dan spesial, dengan begitu mereka selalu memberikan nilai positif terhadap kita maupun produk bisnis kita. Contoh dari program khusus ini yaitu misalnya customer yang telah membeli produk kita dengan nilai tertentu bisa mendapatkan poin untuk ditukarkan berbagai hadiah menarik. Atau bisa juga melalui pemberian hadiah pada customer yang selama satu tahun setia membeli produk kita.

Cara lain dalam customer relationship management adalah dengan selalu keep-in-touch dengan customer. Hal yang dapat dilakukan dengan mengirimkan email marketing tentang informasi mengenai promo dari produk kita, produk baru, serta hadiah berupa voucher untuk customer yang sedang berulang tahun.

4. Memperhatikan Feedback

Cara meningkatkan value bisnis yang keempat adalah dengan memperhatikan feedback atau umpan balik dari customer. Jangan pernah meremehkan ataupun menyepelekan penilaian dan umpan balik dari customer yang telah membeli produk kita, karena seringkali calon pembeli lain menggunakannya sebagai acuan. Oleh sebab itulah kita juga dapat memakai feedback positif dari para customer untuk meningkatkan value. Tunjukkan berbagai feedback dan review positif dari customer supaya calon pembeli baru bisa melihat value apa yang nantinya akan mereka dapatkan dari produk bisnis kita.

Baca juga : Super! Bedah Value Proposition Canvas dan 6 Bagiannya Untuk Upgrade Bisnis

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top