fbpx
Ilustrasi jenis mobile computing
Ilustrasi jenis mobile computing


Pernah kah anda mendengan kata mobile computing? Kata yang satu ini memang belum begitu familiar di telinga masyarakat. Hanya saja perlu diketahui asing bukan berarti tak baik. Faktanya mobile computing memilki beragam manfaat dan inilah jenis-jenis perangkat mobile computing :

Seiring dengan perkembangan zaman, yang semakin maju, dan semakin luar biasa, maka kebutuhan akan perangkat bergerak dan berkomputasi semakin di butuhkan. Hampir tidak mungkin kita membawa-bawa Persona Computer kemana-mana karena ukuran nya yang lumayan besar dan berat sekali. Serta tidak praktis. Para ilmuwan berpikir ulang untuk menjawab masalah ini. Sehingga gagasan demi gagasan muncul seiring dengan canggihnya perkembangan dunia, dan imajinasi seseorang dalam berpikir tentang masa depan.

Semua aktifitas yang menggunakan perangkat mobile bisa dikatakan bahwa seseorang tersebut sedang melakukan mobile computing. Kegiatan mobile computing tidak bisa dilepaskan dari kegiatan komunikasi. Dalam hal ini, komunikasi dapat menggunakan berbagai media, seperti teks, gambar, audio maupun video. Untuk media teks bisa menggunakan teknologi SMS yang mengalami kesuksesan yang luar biasa sebagai teknologi penyampaian pesan elektronik. Dengan melakukan video calling, sesorang bisa melakukan mobile computing sebagai bentuk komunikasi mobile dengan media audio dan video files.

Teknologi mobile computing untuk mendukung komunikasi menggunakan gelombang radio ini memiliki beberapa kelompok yaitu WiFi, Satelit dan Selular.
Teknologi selular yang memiliki jangkauan yang luas, murah dan cukup menggunakan mobile phone untuk bisa memanfaatkan teknologi ini, membuat teknologi ini terus diminati pengguna dan paling popular. Banyak pengembang aplikasi yang mulai mengembangkan aplikasi mobile yang bisa diinstal di mobile phone atau smart phone.

Pengertian mobile computing

Menurut wikipedia komputasi bergerak adalah interaksi manusia-komputer dimana komputer Diharapkan selama penggunaan diangkut normal, yang memungkinkan untuk transmisi data, suara dan video. Komputasi bergerak melibatkan komunikasi seluler, perangkat keras seluler, dan perangkat lunak seluler. Masalah komunikasi termasuk jaringan ad hoc dan jaringan infrastruktur serta properti komunikasi, protokol, format data dan teknologi yang konkret. Perangkat keras termasuk perangkat seluleratau komponen perangkat. Perangkat lunak ponsel berkaitan dengan karakteristik dan persyaratan aplikasi seluler.

Mobile Computing biasa disebut dengan istilah komputasi bergerak. Secara awam artinya adalah membuat dan mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak dan menjadikan nya secara utuh menyatu dan dipakai di luar ruangan. Mobile Computing merupakan paradigma dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). Perlu diperhatikan Mobile Computing tidak sama dengan Wireless Computing.

Baca Juga : Incredible! Ketahui 6 Jenis Pekerjaan Graphic Designer Super Interesting ini

Prinsip/cara kerja dari mobile computing

Secara singkat, mobile computing berarti menyatukan seluruh sumberdaya TI ke dalam sekumpulan layanan yang bisa digunakan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan komputing perusahaan. Infrastruktur mobile computing secara kontinyu menganalisa permintaan terhadap sumberdaya dan mengatur suplai untuk disesuaikan terhadap permintaan tersebut. Dimana data disimpan atau computer mana yang memproses permintaan tidak perlu dipikirkan. Sebagaimana arus listrik; untuk memanfaatkannya, tempat pembangkit atau bagaimana proses pengkabelan jaringan listrik tidak perlu diketahui. Dalam menyelesaikan masalah system monolitik dan sumberdaya yang terfragmentasi, mobile computing bertujuan menciptakan keseimbangan antara pengaturan suplai sumberdaya dan kontrol yang fleksibel

Dua prinsip kerja utama mobile computing yang membedakannya dari arsitektur komputasi yang lain, seperti mainframe, klien-server, atau multi-tier yaitu virtualisasi dan provisioning.

  • Virtualisasi

Setiap sumberdaya (contoh komputer, disk, komponen aplikasi dan sumber informasi) dikumpulkan bersama-sama menurut jenisnya, lalu disediakan bagi konsumen (orang atau program software). Virtualisasi berarti meniadakan koneksi secara fisik antara penyedia dan konsumen sumberdaya, dan menyiapkan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan tanpa konsumen mengetahui bagaimana permintaannya bisa terlayani.

  • Provisioning

Ketika konsumen meminta sumberdaya melalui layer virtualisasi, sumberdaya tertentu di belakang layer didefinisikan untuk memenuhi permintaan tersebut, dan kemudian dialokasikan ke konsumen. Provisioning sebagai bagian dari mobile computing berarti bahwa system menentukan bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumen seiring dengan mengoptimasi jalannya sistem secara keseluruhan.

Karakteristik mobile computing

Mobile computing memiliki karakteristik bergerak dan dapat menjangkau area yang luas, sehingga pengguna bisa melakukan komunikasi atau transfer data kapan saja dan darimana saja. Kondisi ini sangat membantu para pengguna perangkat mobile (seperti mobile phone, smart phone dan PDA) untuk melakukan transaksi bisnis dengan dukungan mobile Internet yang menjadi salah satu fitur unggulannya.

Perkembangan teknologi mobile computing juga didukung dengan adanya wearable computer, dimana istilah ini digunakan untuk menggambarkan suatu komputer yang “ditanamkan / embedded” di dalam sebuah peralatan yang dapat digunakan oleh manusia seperti jam tangan, kalung dan sebagainya. Dengan adanya wearable computer ini, pengguna bisa melakukan komputasi dengan tidak terbatasi jarak dan waktu.

Jenis Mobile Computing

Ada neberapa jenis perangkat  yang saat ini digunakan, sudah jarang digunakan atau sedang mengalami perkembangan untuk menyajikan model konsep terbarukan. Berikut beberapa jenis mobile computing di antaranya:

1. Smartphone  (Ponsel cerdas)

Ilustrasi smartphone
Ilustrasi smartphone

Jenis mobile computing yang pertama merupakan perangkat gabungan ponsel dengan fitur komputer yang menjadi satu, di mana pengguna dapat berkirim informasi tidak hanya melalui SMS, namun melalui email dapat dilakukan. Perangkat yang satu ini merupakan jenis mobile computing yang paling banyak dipakai oleh masyarakat.

Perangkat cerdas yang dikatakan sebagai komputer mini ini dapat menjalankan tugas seperti menginstal aplikasi, berkirim aplikasi dan file data yang dapat mempermudah tugas dan kinerja. Contoh ponsel cerdas ini seperti Iphone/Ipad, Android seperti Samsung Galaxy, Nokia lumia, Windows Phone dan banyak lainnya.

2. Portabel PC

Ilustrasi portable pc
Ilustrasi portable pc

Jenis mobile computing berikutnya berupa

komputer yang disederhanakan serta memiliki fungsional yang serupa dalam menjalankan tugas dan operasi, contohnya seperti Laptop dan Notebook. Perbedaan dengan komputer dekstop hanya pada ukuran dan penyesuaian terhadap beberapa perangkat keras yang mendukung pembangunannya.

Baca Juga : Tablet versus Notebook: Mana yang Lebih Cocok untuk Anda di 2021?

3. Personal Digital Assistants (PDA)

Ilustrasi PDA
Ilustrasi PDA

Jenis mobile computing selanjutnya yaitu PDA atau yang dikenal sebagai perangkat genggam yang menggunakan elemen komputasi, dan jaringan dalam satu perangkat. PDA merupakan jenis mobile computing yang tidak dapat berfungsi seperti perangkat seluler pada umumnya, namun pengguna dapat menggunakan fitur tulisan tangan dan beberapa dapat mengenali teknologi pengenalan suara, sayangnya teknologi ini jarang terlihat karena sudah dianggap usang untuk saat ini.

4. Wearable Computer

Ilustrasi wearable computer
Ilustrasi wearable computer

Jenis mobile computing yang terakhir yaitu berupa erangkat teknologi yang dapat dipakai oleh pengguna, seperti jam, pakaian, sepatu, topi dan lainnya yang di berdayakan dengan sistem komputer. Perangkat canggih merupakan jenis mobile computing yang memungkinkan pengguna untuk dapat menangkap momen seperi photo, video, membaca email dan menanggapi pesan suara, contohnya seperti Apple Iwatch, dan Google glasses.

Itulah empat perangkat yang ternyata termasuk jenis mobile computing. Tak menutup kemungkinan seiring berkembangnya zaman dan teknologi semakin canggih, maka perangkat mobile computing akan membuat jenis mobile computing semakin bervariasi.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top