fbpx

Bermain game bisa menjadi salah satu aktivitas untuk menghilangkan penat dan stress. Ada baiknya jika game yang dimainkan juga memberikan dampak positif. Tidak hanya waktu yang terbuang sia-sia, tapi pemain bisa mendapatkan pengetahuan baru disamping rasa senang yang muncul setelah bermain game. Benefit yang didapatkan jadi double deh. Jika kamu berfikiran demikian, kamu sepertinya harus mencoba permainan mencari kata (find words game). Permainan ini cukup mudah untuk dimainkan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Sebagian dari kalian mungkin mengetahui permainan ini ketika duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) dimana biasanya guru memberikan tugas untuk menemukan kata-kata dan harus dicari maknanya. Ingat tidak? Kalau dipikir-pikir, tugas semacam itu menarik juga untuk dikerjakan karena melatih ketelitian dan kesabaran kita. Nah kali ini, kita akan memberi tahu cara membuatnya dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari permainan mencari kata. Selain itu, buat kamu yang tidak mau repot tapi tetap ingin mendapatkan manfaatnya, kita juga akan memberikan rekomendasi aplikasinya yang bisa diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Sangat sederhana.

Cara Membuat Permainan Mencari Kata

Sumber Gambar Klik Disini

Kita akan menjelaskan dulu bagaimana cara membuat permainan mencari kata ini dengan manual, tanpa menggunakan aplikasi komputer atau smartphone.

Pertama, kumpulkan kata-kata yang akan dijadikan sebagai jawaban untuk permainan. Pastikan kata-kata tersebut harus berada dalam satu tema yang sama. Misalnya, kamu akan membuat permainan kata tentang binatang. Maka, kata-kata yang harus dijadikan jawaban haruslah binatang semua. Kamu bisa memanipulasi ejaanya, seperti “HARIMAU” namun disana tertulis “HARIMAO”.  Untuk membuatnya lebih challenging, kamu bisa membuat pertanyaan atau pernyataan terlebih dahulu. Misalnya, “Nama-Nama Sutradara Film Indonesia”. Darisitu, kamu bisa mengumpulkan nama-nama sutradara yang dimaksud.

Langkah yang kedua adalah membuat grid atau garis kotak-kotak. Gunakanlah penggaris saat menggambar garis-garisnya. Jika kamu punya kertas kotak-kotak yang biasa dipakai untuk membuat diagram koordinat kartesius, itu jauh lebih mudah walaupun kamu tidak harus memilikinya. Usahakan setiap garis yang digambar berukuran sama sehingga nanti akan terlihat rapih. Sesuaikan pula dengan jumlah kata yang sudah kamu siapkan. Jika jumlah katanya banyak, maka garis dan kotak yang diperlukan tentu harus banyak pula.

Sumber Gambar Klik Disini

Langkah yang ketiga adalah memasukkan kumpulan kata yang sudah kamu siapkan kedalam kotak. Masukkan dengan posisi yang acak, namun setiap kata, huruf-hurufnya tetap tersusun. Ada kata yang disusun horizontal, vertical, diagonal, hingga memotong kata lain. Cobalah untuk mencari posisi yang sulit untuk dibaca.

Keempat, buatlah salinan jawabannya, jangan sampai kamu kebingungan dengan permainan yang telah kamu buat. Jadi, kamu bisa membuat atau memfoto kata-kata yang sudah dimasukan kedalam kotak tadi. Jika sanggup untuk mengingatnya, cukup buat daftarnya saja, atau mungkin tidak perlu sama sekali jika kamu benar-benar tahu apa yang telah kamu masukan kedalam kotak. Terakhir, isi bagian kotak yang masih kosong dengan sembarang huruf. Permainan mencari kata siap untuk dimainkan.

Adapun, jika kamu ingin membuat permainan mencari kata ini dengan menggunakan bantuan komputer, kamu hanya perlu membuat gridnya di Microsoft Word. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilihlah menu “View” yang sejajar dengan menu “Home”, “Insert”, dan yang lainnya.
  2. Pilih “Toolbars” dan tekan “Drawing”
  3. Klik “Draw” diikutin dengan meng-klik “Grid”. Layar pilihan untuk membuat garis kotak-kotak akan muncul.
  4. Pilih “Snap to Grid”. Kamu bisa memilih pilihan kotak-kotak lainnya. Kemudian pilih “Ok”. Untuk langkah-langkah seperti mencari kata, menyusun, dan sebagainya sama saja dengan cara yang manual.
Sumber Gambar Klik Disini

Baca Juga: Rekomendasi 7 Game Asah Otak Gratis yang Seru dan Super Challenging

Manfaat Permainan Mencari Kata

  1. Menamabah Kosakata. Permainan ini sangat cocok dimainkan oleh anak-anak, khushsnya yang berada di usia sekolah. Jika kamu punya adik atau anak, boleh banget coba permainan yang satu ini. Kamu bisa menjelaskan kata-kata yang telah mereka temukan.
  2. Mengasah Keterampilan Visuospasial. Dilansir dari The Asian Parent, permainan mencari kata tidak jauh berbeda dengan puzzle pada umumnya, hanya saja ini bentuknya berupa potongan huruf. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Chicago Amerika Serikat pada 2011 lalu, permainan puzzle atau mencari kata membantu meningkatkan kemampuan visuospasial. Kemampuan visuospasial merupakan kemampuan dalam memahami hubungan ruang, bentuk, ruang, hingga warnanya.
  3. Meningkatkan Konsentrasi. Mencari kata diantara kumpulan huruf tentu saja membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika dilakukan secara berulang, akan membuat kita bisa lebih konsentrasi.

Rekomendasi Aplikasi Permainan Mencari Kata

Sumber Gambar Klik Disini

Buat kamu yang gak mau ribet membuat kotak atau menulis kata-kata, tapi ingin tetap bermain, boleh banget mencoba rekomendasi permainan mencari kata berikut. Download secara gratis di Play Store dan App Store serta mainkan secara offline!

  1. Pencarian Kata Bahasa Indonesia dari Playvale
  2. Words of Wonders dari Fugo Games
  3. Teka-teki Kata dari Fingerlab
  4. Word Search Quest dari Blackout Lab
  5. Word Shatter dari Word Puzzle

Have Fun!

Baca Juga: Amazing Demam Game Online? Ini 5 Tim Esport Indonesia Yang Sukses Mengharumkan Nama Bangsa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top