fbpx

Bukan hal yang baru bagi warga Korea Selatan dengan games bernama Squid Game, berbeda dengan warga negara Indonesia yang merasa asing dengan permainan tradisional Korea Selatan tersebut. Squid Game yang baru-baru ini booming di media social dikenal sebagai serial drama asal Korea Selatan yang dirilis pada 17 September 2021. Sejak tanggal liris tersebut, serial drrama ini tak henti menarik perhatian penonton mancanegara, salah satunya Indonesia. Dapat dilihat dari sosial media, berita, ataupun hal terkait advertising yang banyak menggunakan tokoh ataupun cerita dari drama serial original Netflix tersebut.

Namun, siapa sangka jika film yang disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk ini telah memiliki rencana produksi sejak tahun 2008.  Hwang Dong-hyuk yang juga merupakan sutradara dari Miss Grany yaitu film komedi Korea Selatan tahun 2014 yang tak kalah ramai, mengatakan bahwa ia berkeinginan membuat cerita mengenai pertahanan hidup dengan memberikan ciri khas negaranya, yaitu permainan tradisional Korea Selatan. Dengan alur cerita yang kokoh serta tersedianya biaya, serial drama Squid Game berhasil meraih peringkat pertama di Netflix AS serta trending di 22 negara.

Serial drama yang berkisah mengenai pertahanan hidup ini dibawakan dengan kisah beberapa orang yang sedang mengalami kesulitan di hidupnya seperti Seong Gi-hun yang tidak memiliki pekerjaan sehingga memiliki hutang dalam jumlah yang besar ditambah dengan kondisi ibunya yang sudah tua dan diharuskan menjalani pengobatan karena memiliki penyakit diabetes. Sang Woo yang diduga melakukan penggelapan dana serta Seo-Byeok yang harus menjemput adiknya dirumah sakit serta ibunya yang berada di Korea Utara.

Melalui seorang pria yang menawarkannya untuk bermain sebuah permainan tradisional korea, yaitu ddakji, dengan menjanjikan pemberian uang 100.000 won setiap kali pihak lawan menang membuat para tokoh tertarik. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian kartu nama yang mana merupakan gerbang menuju permainan sebenarnya. Lantas apa saja “games” yang diberikan untuk mendapat hadiah sebesar 45.600.000.000 won? Simak games berikut ini!

1. Lampu Merah Lampu Hijau

Permainan tradisional korea yang dibawakan pada serial drama squid game

Lampu merah lampu hijau merupakan permainan yang menjadi identitas serial drama korea Squid Game. Bukan hanya baru, permainan ini juga terbilang unik dimana membuat pemain seolah seperti patung. Sistem permainannya yaitu dengan menggunakan pengawas yang akan memberi aba-aba dengan menggatakan “lampu hijau” yang memperbolehkan pemain bergerak maju tetapi ketika pengawas mengatakan “lampu merah” pemain harus diam yang mana bersikap seperti patung. Bagi pemain yang terlihat bergerak oleh pengawas maka pemain dinyatakan kalah.

2. Gulali

Tantangan kedua pada serial drama squid game

Tidak hanya permainan tradisional yang digemari anak-anak, makanan manis pun tidak disukai oleh kebanyakan anak-anak, misalnya gulali. Gulali memang makanan manis sejenis permen dalam serial drama Squid Game, gulali dijadikan sebuah permainan tetapi. Permainan menggunakan media gulali ini merupakan permainan yang dimaikan secara individu dimana memerlukan ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi. Pasalnya, cara memainkannya adalah dengan membentuk atau gambar sesuai dengan pola gambar yang ada pada gulali. Pada drama korea yang dibintangi oleh aktor Gong Yoo ini menggunakan 4 macam gambar yaitu, segitiga, lingkaran, payung, dan bintang. Dari keempat jenis gambar tersebut sudah terlihat mana gambar yang lebih mudah untuk dipisahkan, yaitu segitiga. So, beruntung banget bagi pemain yang berhasil memilih gambar segitiga, yaitu Sang Woo.

3. Tarik Tambang

Tarik tambang yang beranggotakan 10 orang

Berbeda dengan dua permainan sebelumnya, permainan ketiga ini pasti sudah sangat familiar di telinga warga Indonesia. Bagaimana tidak!? tarik tambang merupakan permainan yang tidak pernah absen pada setiap perayaan ulang tahun RI (Republik Indonesia). Permainan tradisional di Korea Selatan maupun di Indonesia ini mengutamakan kekuatan fisik, sehingga tak heran bila mayoritas pemainnya adalah pria. Namun siapa sangka kelompok Seong Gi-hun yang anggotanya terdiri dari 2 orang wanita serta 1 orang pria lansia dapat mengalahkan kelompok yang terdiri dari 10 orang pria muda. Nah ternyata, selain fisik yang kuat terdapat trik atau strategi yang paling utama, tentunya disertai kekompakkan tim.

4. Kelereng

Kelereng memberikan kebebasan dalam permainan

Sama halnya dengan tarik tambang, kelereng merupakan permainan tradisional yang terbilang umum bagi warga negara Indonesia. Kelereng merupakan salah satu permainan yang tidak akan bosan untuk dimainkan secara berulang karena kelereng dapat dijadikan menjadi beberapa permainan menarik. Di Indonesia sendiri kelereng dimain secara beramai-ramai, seminimalnya dua orang. Dengan mengumpulkan kelereng di dalam lingkaran lalu melemparkan satu kelereng tiap masing-masing pemain dan lihat kelereng siapa yang lebih jauh itulah pemenangnya.

5. Jembatan

Jembatan yang dijadikan ‘permainan’ pada serial drama squid game

Selanjutnya games kelima ada jembatan. Nah, sebenarnya jembatan ini bukanlah nama permianan seperti tarik tambang. Sama hal nya dengan gulali, jembatan merupakan media berlangsungnya permainan. Jembatan di serial drama ini berfungsi sebagai penghubung antara 2 tempat yang mana terletak pada ketinggian yang sangat tinggi. Namun, tidak mudah untuk melewati jembatan ini, karena kita harus memilih pijakan yang tepat. Jemabatan yang digunakan terbuat dari kaca dan terdapat dua jalur yang mana salah satu jalur terbuat dari kaca yang tidak kuat untuk dipijaki orang, sehingga pemain yang memilih jalur tersebut akan jatuh yang berarti sama dengan kalah.

6. Permainan Cumi

Permainan terakhir, yaitu permainan tradisional korea, cumi-cumi

Permainan cumi merupakan permainan terakhir yang mana merupakan ikon dari drama popular ini. Permainan cumi atau dalam bahasa inggris yakni Squid Game merupakan permainan khas korea yang dimainkan minimal oleh dua orang. Dua orang tersebut dibagi menjadi penjaga atau penyerang. Pada episode terakhir drama ini menyisakan 2 pemain untuk bermain games ini, yaitu Seong Gi-hun dan Sang Woo yang mana permainan ini merupakan permainan yang selalu mereka mainkan pada jaman dahulu ketika masih kanak-kanak.

Dari 7 permaian yang ada pada serial drama korea, squid game. 6 diantaranya merupakan permaianan yang tidak begitu asing, hanya saja nama permainan tersebut yang berbeda. Sebagaimana dilansir oleh CNN Indonesia bahwa permainan lampu merah lampu hijau merupakan permainan patung-patungan, permainan jembatan merupakan permainan engklek, dan permainan cumi-cumi merupakan permainan gobak sodor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top