fbpx

Memasuki quarter life crisis membuat kamu tak jarang sering merasa insecure, ragu, takut dan bingung dengan hidup sendiri. Di masa ini kamu mulai membandingkan hidup kamu dengan orang lain, ada yang baru lulus kuliah, sudah menikah, atau bahkan punya kehidupan yang lebih dari kamu, pekerjaan yang oke sementara kamu masih gini-gini aja. Ketakutan-ketakutan ini buat kamu bertanya-tanya dengan gundah tentang masa depan, mikir gimana ya caranya bertahan hidup, sepi, hampa, takut gagal, tidak punya tempat benaung, dan semacamnya yang mengikuti.

“It might be a quarter life crisis or just the stirring in my soul”

– John Mayer, Why Georgia

Alodokter memaparkan quarter life crisis atau krisis seperempat abad sebagai periode yang dialami seseorang saat berusia 18–30 tahun dengan merasa tidak memiliki arah, khawatir, bingung, dan galau akan ketidakpastian kehidupannya di masa mendatang. Umumnya, kekhawatiran ini meliputi masalah relasi, percintaan, karier, dan kehidupan sosial. Dengan kekhawatiran tersebut, kita menjadi tidak sadar apa sih yang sedang kita kejar. Intinya merasa demotivasi, overthinking berat. Atau bahkan kamu tidak menyadari sedang mengalami quarter life crisis?

Ilustrasi mengalami fase quarter life crisis.
Ilustrasi mengalami fase quarter life crisis.

Tanda Quarter Life Crisis

Setidaknya ada 10 tanda-tanda kamu sedang berada pada fase ini. Dirangkum dari Teropong Pengetahuan, berikut tanda-tanda quarter life crisis yang mungkin sedang kamu rasakan.

  • Mulai menghawatirkan masa depan
  • Mulai menghawatirkan tujuan hidup
  • Merasa tidak bahagia
  • Sosial media membuat pribadi tertekan
  • Lingkungan pertemanan berubah
  • Motivasi dalam diri hilang
  • Selalu dihadapkan dengan masalah
  • Takut akan kegagalan
  • Selalu berdebat dengan pikiran

Tidak dimanja oleh ekspetasi merupakan sebuah langkah yang bagus. Kamu pasti pernah mendengar kalau manusia tidak bisa mendapatkan ketiga dari uang, tenaga atau energi, dan waktu. Jika kamu punya waktu dan energi, kamu tidak punya uang. Jika kamu punya uang dan waktu, kamu tidak punya energi lagi. Biasanya tahap ini berada pada fase umur yang sudah lebih tua, sekitar usia pensiun. Sedangkan masa-masa quarter life crisis kamu juga akan kesulitan pada sisi keuangan, tenaga yang terkuras, dan waktu yang dihabiskan di masa produktif kamu.

Baca Juga: Impressive 15 Quotes Kpop Ini Cocok Buat Kamu Yang Lagi Self Healing!

Satu hal yang perlu kamu tau, kamu itu enough and worthy of the life you have now. Apalagi waktu kamu mau dilahirkan ke bumi, sebenernya kamu itu pernah dikasih lihat gimana perjalanan kamu dari lahir sampai meninggal. Kamu ditanya, apa mau tetap jalanin untuk dilahirkan atau tidak, dan ada kamu disini, sedang baca ini sebab kamu dulu setuju dengan kehidupan yang malaikat tunjukkin ke kamu. Believe the process okay? There’s lot things you haven’t explore yet, your happiness still out there finding the right time to meet you, finally. You’ll thank yourself for staying later and you’ll grow even stronger than you are.

Menghadapi Quarter Life Crisis

Quarter life crisis cara.
Fase quarter life crisis.

Depression shouldn’t be taken lightly. Saat fase ini menyerang dan membuat kamu depresi, kamu harus aware untuk paham apa yang harusnya kamu lakukan. Berikut ini 4 cara menghadapi quarter life crisis dilansir dari Alodokter menurut dr. Meva Nareza.

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Kelihatannya memang tidak semudah itu, namun membandingkan diri dengan orang lain merupakan sikap yang hanya akan membuang-buang waktu dan membuat kamu semakin khawatir. Tanamkan dalam pikiran bahwa jawabannya mungkin tidak akan langsung ada. Fokus saja dengan bagaimana kamu bisa melewati satu hari dengan sebaik-baiknya. Yakinlah bahwa kamu perlahan-lahan akan mengetahui keinginan dan tujuan kamu, bahkan mungkin tanpa kamu sadari.

2. Ubah keraguan menjadi tindakan

Ketika kamu bingung tentang sesuatu hal, ambil kesempatan itu untuk menemukan tujuan baru. Isi harimu dengan hal-hal positif untuk menjawab keraguanmu hingga akhirnya jawaban itu datang dengan sendirinya.

Misalnya, kamu bingung karena merasa tidak cukup layak atau baik pada bidang pekerjaanmu. Selain tetap menjalankan tugas di tempat kerja, kamu dapat mengisi waktu luang dengan istirahat, mencari kelas online untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan, atau memulai percakapan dengan teman untuk mencari solusi.

3. Temukan orang-orang yang bisa mendukung kamu

Berada bersama orang-orang yang dapat mendukung impian dan cita-cita kamu juga bisa menjadi cara untuk menghadapi quarter life crisis. Temukan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kamu atau yang dapat menginspirasi kamu dan menjadi orang yang lebih baik. Dengan cara ini tidak akan kesepian dalam hidup.

4. Belajar mencintai diri sendiri

Ketika quarter life crisis terperangkap dalam diri kamu, kamu dapat mengabaikan berbagai kesenangan dan kebahagiaan yang sebenarnya kamu miliki. Padahal, untuk mencapai tujuan hidup, kamu harus terlebih dahulu menghargai dan mencintai diri sendiri.

Jadi perhatikan kebutuhan kamu, kesukaan kamu, kenyamanan kamu, dan apa yang akan kamu coba lakukan. Kemudian mulailah dari yang kecil. Sebelum kamu menyadarinya, hal-hal kecil ini akan membuat hidup kamu lebih menyenangkan.

Quarter life crisis bisa menyerang siapa saja, karena sesungguhnya masalah dalam hidup adalah sesuatu yang sangat wajar. Dalam menghadapi fase ini, kamu membutuhkan fisik dan mental yang kuat supaya krisis ini tidak berlanjut lebih jauh.

Oleh karena itu, selain memperhatikan kebutuhan jiwa kamu, jangan lupa juga untuk merawat diri, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan tubuh. Apabila kamu masih mengalami kesulitan dalam menghadapi quarter life crisis, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater okay?

Qoutes Quarter Life Crisis

Quarter Life Crisis Qoutes
Qoutes untuk motivasi kamu.

“If it scares you, it might be a good thing to try.”


— Seth godin

“You have to be strong enough to say if the culture doesn’t work, don’t buy it. Create your own.”


Morrie Schwartz

“Allow yourself to just be.”


— Barbara Conway & Dawn Garland

“Age is an issue of mind over matter. If you don’t mind, it don’t matter.” 

— Mark Twain

“Nothing in life is to be feared, it is only to be understood. Now is the time to understand more, so that we may fear less.”

― Marie Curie

“Stop comparing yourself to others. Always strive to improve yourself to become better today than you were yesterday to serve those around you and the world.”

— Roy T. Bennett

“If we don’t change, we don’t grow. If we don’t grow, we aren’t really living.”

— Gail Sheehy

“20-somethings have the tendency to imagine that their 20s are the last chance they’re going to have to experiment, explore, and party. This is a false premise. Restaurants and cafes continue to let people over 29 through their doors. They even serve them alcohol.”

— Holden Desalles

“You may do this, I tell you, it is permitted. 
Begin again the story of your life.”

— Jane Hirshfield

“Close the door, change the record, clean the house, get rid of the dust. Stop being who you were and become who you are. ”


— Paulo Coelho

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top