fbpx

Apakah anda tahu jika terdapat banyak pilihan software desain grafis gratis? Jika anda berprofesi sebagai seorang graphic designer, atau ingin belajar mengenai bidang desain. Pembahasan Bootsol kali ini, akan sangat cocok bagi anda! Beberapa contoh free graphic design software yang akan Bootsol bahas juga dapat menjadi solusi bagi anda yang memiliki kendala dalam menemukan perangkat lunak, tanpa layanan berbayar. Selain itu, software juga merupakan tools yang membantu anda dalam menciptakan portofolio desain grafis . Oleh karena itu, anda wajib untuk tahu beberapa contoh software desain grafis rekomendasi ini.

Baca juga : Cara Membuat Portfolio Graphic Design Amazing

Penggunaan Software Desain Grafis Gratis oleh Graphic Designer :

Pada dasarnya, desain grafis sendiri adalah bagian dari seni design. Proses pembuatannya, dilakukan dengan software di komputer. Lalu, keterampilan apa saja yang termasuk dalam graphic design? Berikut adalah beberapa jenisnya :

– Typhography, Illustration, tata letak dan lainnya.

Dalam dunia graphic design, ada bermacam-macam software desain yang berbayar maupun gratis. Nah, sebagai seorang Graphic Designer tentunya anda membutuhkan berbagai macam software yang berbeda. Sehingga, anda dapat memilih perangkat lunak yang paling tepat bukan? Kali ini, Bootsol ingin berbagi rekomendasi dari beberapa contoh software desain grafis gratis.

Manakah Software Desain Grafis Terbaik Pilihan anda?

Seiring perkembangan teknologi, perangkat lunak baru pun ikut bermunculan. Berbagai macam pilihan software ini dapat anda pilih sesuai dengan keperluan. Pilihannya pun dibedakan menurut tingkat kerumitannya. Selain itu, setiap perangkat lunak juga memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Bootsol telah merangkum 6 software design yang anda dapat gunakan secara free.

Lalu, apa saja contohnya? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Enam Rekomendasi Software Desain Grafis Gratis :

Seiring perkembangan dalam bidang teknologi, muncullah banyak aplikasi/ perangkat lunak desain gratis dengan fitur yang selengkap dengan perangkat lunak berbayar. Lalu, beberapa perangkat lunak ini juga dapat diunduh di ponsel anda loh. Bagi anda yang masih pemula dalam bidang desain, tidak perlu khawatir! karena penggunaan software-software ini pun mudah.

1. Gravit Designer

Software desain grafis gratis, berbasis situs dan dekstop yang akan di bahas ini adalah Gravit. Gravit, dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang akan membantu dalam mendesain. Adapun beberapa kekurangan dari Gravit seperti :

– Masih adanya bug contohnya di bagian eksport file

– Ada batas waktu tertentu dalam penggunaan layanan gratis

Kelebihan :

– Dilengkapi dengan fitur menarik, lengkap, sederhana

– Adanya fitur shortcut

Available di berbagai platform

2. Vectr

Selanjutnya, ada Vectr. Software ini dinilai masih sangat basic sehingga, ada banyak fitur-fitur penting yang tidak tersedia di Vectr. Mari kita bahas, terkait kelebihan dan kekurangan Vectr lebih lanjut yuk!

Kelebihan :

– Memiliki Pentool yang nyaman digunakan

WordPress Integrated

– Dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti pencetakkan kaos hingga pembuatan grafik

Kekurangan:

– Pilihan fitur masih terbatas

Perangkat lunak Vectr ini, cocok nih untuk anda yang ingin mendalami penggunaan vektor tapi terkendala dengan mahalnya biaya.

3. Inkscape

Software desain grafis gratis ketiga yang akan dibahas adalah Inkscape. Inkscape merupakan perangkat lunak gratis yang ada dari sejak lama. Software ini termasuk dalam kelompok software desain vektor.

Kelebihan :

– Memiliki fitur yang lengkap

– Memiliki versi portable

– Masih terus berkembang

Kekurangan :

– Dinilai sulit untuk digunakan

– Tidak dapat mengedit file dari perangkat lunak yang berbeda

4. Figma

Apakah anda pernah mendengar atau mencoba software bernama Figma ini? Figma telah hadir sejak tahun 2016, dan kemampuan software ini juga sudah diakui oleh beberapa desainer terkenal. Ternyata aplikasi Figma mirip loh dengan Adobe illustrator. Oleh karena itu, tentunya cukup mudah bagi anda untuk menggunakannya. Namun, tetap ada perbedaan di antara kedua aplikasi ini. Perbedaannya terletak, pada kelengkapan Figma yang kurang lengkap jika dibandingkan dengan Adobe.

Kelebihan :

– Solusi keperluan design ringan dan moderate

– Fitur dan layout yang sederhana

Kekurangan :

– Untuk kedepannya, ada rencana perubahan layanan menjadi berbayar

5. Snappa

Jika anda sedang mencari software desain grafis gratis dengan beragam template menarik. Snappa adalah solusinya! Snappa menawarkan berbagai macam template unik yang dapat dipilih secara bebas sesuai kebutuhan anda. Lalu, tersedia juga banyak macam font dan lebih menariknya lagi, jika anda tidak menemukan font yang cocok, anda dapat mengunggah font sendiri loh.

6. Picsart

Software desain grafis gratis terakhir yang akan dibahas adalah Picsart. Picsart memang dikenal sebagai aplikasi untuk mengedit foto. Namun, aplikasi ini ternyata dapat dijadikan pilihan sebagai aplikasi desain loh. Lalu apa saja contoh fitur yang tersedia di Picsart?

– Penambahan filter dan sticker

– Tersedia 3D design

– Anda dapat mengedit shadow, blend dan fitur-fitur lainnya

– Aplikasi ini menampilkan karya design orang lain yang dapat menjadi inspirasi bagi anda

Dengan mengetahui enam rekomendasi tools ini, akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan perangkat lunak desain grafis dengan kualitas sebaik Adobe. Nah, jika mempertimbangan kelebihan dari masing-masing tools di atas , aplikasi mana yang akan anda pilih? Share jawaban anda di kolom komentar ya.

Baca juga : Desain Grafis Is Very Important Ketahui:

.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top