fbpx
Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views
Riset Keyword Youtube

Menurut data dari We are Social, Youtube menempati peringkat pertama sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tidak heran jika minat untuk menjadi Youtuber atau menjadikan Youtube sebagai media personal branding meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Ditambah, Youtube telah menjadi media content marketing untuk menyebarkan brand awareness bagi perusahaan-perusahaan.

Meski begitu, memproduksi sebuah konten di Youtube tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda perlu melewati proses pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Dibagian pra-produksi, Anda perlu melakukan riset keyword Youtube sebagai bagian dari upaya optimasi SEO agar konten Anda dijangkau oleh target audience yang lebih luas. Langkah ini dapat Anda gunakan untuk judul dan thumbnail.

Untuk itu, di artikel kali ini Bootsol akan menghadirkan informasi mengenai panduan riset keyword Youtube untuk menaikkan views pada video Anda. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Baca Juga: 5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda

Riset Keyword Youtube Secara Manual

Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views
Source: Search Engine Journal

Riset keyword adalah langkah yang paling dasar sekaligus yang paling penting dalam proses SEO. Untuk itu, Anda perlu memaksimalkan langkah ini sebaik mungkin. Salah satu cara untuk mencari keyword yang tepat untuk video Youtube Anda adalah dengan menggunakan fitur mesin pencari Youtube. Anda dapat memasukkan keyword yang Anda inginkan, kemudian Anda dapat melihat suggestions yang berada dibawah keyword yang telah Anda masukkan.

Penggunaan mesin pencari Youtube ini dapat berguna untuk Anda yang kesulitan mencari ide konten. Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang menargetkan keyword long tail (keyword yang panjang sehingga kompetisi lebih rendah). Kelebihan dari riset keyword Youtube manual menggunakan mesin pencari adalah keabsahan data itu sendiri yang tidak perlu diragukan karena berasal langsung dari Youtube.

Riset Keyword Youtube Menggunakan SEO Tools

Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views
Riset Keyword Youtube Menggunakan SEO Tools

Sebenarnya, riset keyword manual menggunakan mesin pencari Youtube dapat dibilang belum cukup. Untuk mengimbanginya, Anda dapat menggunakan SEO Tools. Terdapat berbagai SEO Tools yang beredar saat ini seperti SEMrush, Ahrefs, dan Moz, sayangnya beberapa dari SEO tools seperti ini berbayar. Di artikel sebelumnya, Bootsol telah merangkum 5 SEO tools gratis untuk keyword research. Berikut adalah beberapa SEO tools gratis yang dapat membantu Anda dalam riset keyword Youtube.

1. Google Trends

Google Trends dapat membantu Anda untuk mengetahui kepopuleran keyword Anda dan bagaimana prospeknya untuk waktu yang akan datang. Hal ini Anda lakukan karena video yang Anda buat harus sesuatu yang up-to-date dan relevan untuk jangka waktu yang cukup panjang. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu ke halaman Google Trends, lalu memilih target lokasi dan memasukkan keyword Anda. Selanjutnya, Google Trends akan menampilkan grafik minat seiring waktu, minat menurut subwilayah, topik terkait, serta query terkait.

2. Keywordtool.io

Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views
Source: Gardaseo

SEO Tools yang satu ini sudah menjadi andalan bagi para praktisi SEO untuk mencari keyword long tail. Bagaimana tidak? Setiap Anda memasukkan satu keyword, Keyword Tool akan menampilan lebih dari 750 keyword lain. Pilihan bahasa yang tersedia juga berragam, bahkan tersedia Bahasa Jawa, Sunda, dan Bali, lho! Platform ini juga ringan sehingga menampilkan data secara cepat dan 99,9% selalu bisa digunakan. Sayangnya, untuk melihat keseluruhan keyword suggestion, Anda perlu membayar.

3. Wordtracker

Seperti Keywordtool.io, Wordtracker juga menjadi SEO yang unggul dikarenakan menyediakan data keyword untuk berbagai platform termasuk Youtube. Tampilan Wordtracker yang dibuat intuitif menjadikan tool ini mudah digunakan terutama oleh pemula. Data yang ditampilkan oleh Wordtracker juga sangat berragam, bahkan data keyword yang ditampilkan tidak melalui proses penyederhanaan. Dalam setiap keyword yang dimasukan, Wordtracker akan memberikan 10.000 keyword lain, menakjubkan bukan? Kelemahan dari SEO tool ini terdapat pada data yang ditampilkan masih terbatas pada ketersediaan data, bahasa, dan target lokasi.

Itulah beberapa cara jitu riset keyword Youtube versi Bootsol yang tentunya akan membantu Anda untuk menaikkan views video Anda. Setelah melakukan riset keyword, Anda dapat lanjut ke tahap yang tak kalah penting yakni produksi dan pasca-produksi. Pastikan Anda membuat video dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, riset keyword juga berguna pada tahap pasca-produksi yakni dalam pembuatan thumbnail agar tampilan menarik target viewers.

Bagaimana menurut Anda? Silahkan tuis di kolom komentar!

Baca Juga: Top 5 Aplikasi Screening Saham untuk Investor Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top