fbpx
Optimasi SEO Instagram
Optimasi SEO Instagram

SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian upaya yang diperuntukan sebuah website untuk berada pada posisi teratas hasil mesin pencarian seperti Google, Yahoo, atau Bing. Tapi tahukah Anda jika sebenarnya penggunaan SEO tidak hanya terbatas pada website saja? SEO juga bisa diterapkan pada beberapa platform lain seperti Youtube dan Instagram. SEO Instagram adalah serangkaian upaya optimasi yang diperuntukan agar mendatangkan pengunjung yang lebih banyak dan luas. Penggunaan SEO Instagram memang belum terlalu lazim layaknya pengunaan SEO pada website. Berikut adalah beberapa manfaat dari SEO Instagram:

Manfaat SEO Instagram

  • Meningkatkan jumlah pengunjung
  • Memperluas jangkauan konten
  • Meningkatkan brand recognition
  • Meningkatkan brand awareness
  • Menambah jumlah followers

Masih banyak orang yang masih bingung untuk membedakan brand recognition dan brand awareness dikarenakan hal tersebut terkesan serupa, namun nyatanya dua hal tersebut memiliki perbedaan yang tipis . Brand recognition adalah kondisi ketika orang-orang atau konsumen mengenali brand Anda dari segi visual. Kita ambil contoh produk air mineral dalam kemasan Aqua. Aqua memiliki logo dan kemasan yang berwarna biru tua. Jika Anda melihat botol kemasan air mineral berwarna biru, Anda bisa mengenalinya bahwa itu adalah produk Aqua. Contoh lainnya adalah ransel JanSport, dari segi modelnya saja banyak orang yang akan mengenali brand asal Amerika Serikat ini.

Sedangkan brand awareness adalah kondisi ketika orang-orang telah mengenali brand Anda melalui indra apapun. Contohnya, jika Anda mendengar jingle Aqua dari iklan TV, Anda akan langsung memiliki gagasan Aqua di kepala Anda meski mata Anda tidak sedang melihat langsung ke TV. Sederhananya seperti itu.

Kegunaan SEO di Instagram pernah disinggung di artikel sebelumnya mengenai cara jualan di Instagram. Di artikel kali ini, Bootsol akan memberikan detail mengenai cara optimasi SEO Instagram yang tidak banyak diketahui orang.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive

Cara Optimasi SEO Instagram

1. Optimasi Profile

Optimasi Profile Instagram
Optimasi Profile Instagram

Terdapat beberapa upaya optimasi yang dapat Anda terapkan pada profile, yakni di bagian username, name, dan bio. Optimasi pada ketiga bagian ini lebih ditujukan untuk pencarian internal dalam aplikasi Instagram saja. Caranya? Sebelum Anda melakukan upaya optimasi, Anda perlu menentukan topik atau keyword akun Anda. Misalnya, jika Anda ingin membagikan konten bertemakan travel, ada baiknya untuk mencantumkan ‘travel’ pada username Anda. Hal yang serupa dapat Anda terapkan pada bagian name Instagram Anda. Anda perlu mencantukan keyword pada name Anda agar akun Anda muncul di hasil pencarian.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah optimasi pada bio Anda. Bio dalam Instagram dapat berfungsi layaknya sebagai meta-description pada website. Kabar baiknya, kita dapat memasukkan beberapa keyword sehingga Anda dapat menurut-sertakan secondary keyword. Singkatnya, Anda perlu melakukan upaya-upaya berikut pada profile Anda:

  • Sisipkan keyword pada username
  • Sisipkan keyword pada name
  • Cantumkan keyword utama dan secondary pada bio

Berikut adalah contoh dari profile Instagram Anna Barnett yang telah melakukan optimasi SEO Instagram yang baik.

Contoh Optimasi SEO Instagram pada Profile yang Baik
Contoh Optimasi SEO Instagram pada Profile yang Baik

2. Optimasi Post Image

seo instagram post image
Optimasi Gambar Postingan

Terdapat beberapa upaya optimasi yang dapat dilakukan pada foto Instagram. Selain memposting foto atau konten dengan kualitas tinggi, hal pertama yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menambahkan keyword pada alt text atau teks alternatif yang terletak pada pengaturan tambahan. Tidak banyak orang yang tahu mengenai penggunaan Alt text ini. Penggunaan alt text dapat memudahkan pengguna untuk menemukan postingan Anda. Hal ini dikarenakan alt text telah mengkategorisasikan gambar pada post Anda. Hal ini akan berimbas pada pengindeksan post Anda pada tampilan search.

3. Optimasi Caption

Caption dapat dibilang adalah bagian deskripsi dari sebuah postingan. Dalam hal SEO Instagram, caption sangat memerankan fungsi penting. Terdapat beberapa upaya yang dapat diterapkan pada caption. Salah satunya adalah pemberian judul gambar atau foto pada caption. Dengan melakukan hal ini, postingan Anda akan terindex pada hasil mesin pencarian Google. Judul gambar yang Anda cantumkan pada caption nantinya akan menjadi judul pada hasil pencarian google.

Selanjutnya, Anda dapat membuat caption yang mencantumkan keyword yang Anda targetkan. Untuk ini, Anda harus kreatif agar isi caption Anda terlihat natural. Hal terakhir, tentunya adalah hastag. Penggunaan hastag adalah hal yang integral pada Instagram. Jika Anda mengabaikan atau tidak menggunakannya dengan benar, postingan Anda akan sulit untuk ditemukan pada hasil mesin pencarian.

Anda bisa menggunakan SEO tool seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, atau Keywordtool.io. Anda juga bisa melakukan research keyword manual menggunakan mesin pencari dalam Instagram. Gunakan hastag yang relevan dengan postingan Anda. Perhatikan pula berapa banyak penggunaan hastag yang akan Anda gunakan. Ada baiknya untuk menghindari hastag yang penggunaannya tinggi karena postingan Anda akan tertimbun dan kalah bersaing dalam kompetisi hasil mesin pencarian.

Itulah 3 cara mudah optimasi SEO Instagram yang dapat Anda terapkan pada akun Instagram Anda. Bagaimana menurut Anda? Silahkan berpendapat di kolom komentar!

Baca Juga: Top 5 SEO Tools Gratis untuk Keyword Research

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top