fbpx

Ingin berkarir di dunia digital? Apakah Anda sudah dengar tentang SEO? Tahukah Anda dengan SEO on-page dan off-page?

SEO On-Page: Pengertian dan 10 Langkah Powerful untuk Menjadi Peringkat Teratas
Search Engine Optimization (SEO)

Bagi Anda yang sedang berkutat atau tertarik dengan dunia digital terutama website, Anda pasti sering mendengar istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah sebuah upaya yang dilakukan agar website Anda dapat menduduki peringkat teratas dalam hasil mesin pencarian seperti Google, Yahoo, atau Bing. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dalam menaikan trafic kunjungan website Anda. Dalam prakteknya, terdapat dua jenis SEO, yakni SEO on-page dan SEO off-page.

Jenis-jenis SEO:

SEO On-Page: Pengertian dan 10 Langkah Powerful untuk Menjadi Peringkat Teratas
Search Engine Google

1. On-Page

SEO on-page adalah langkah-langkah optimasi yang difokuskan di dalam website. Terdapat berbagai macam komponen, mulai dari judul, struktur, tema, heading, URL, permalink, internal & eksternal link, kecepatan website, dan masih banyak lagi. Upaya ini dapat diaggap langkah terpenting dalam menentukan peringkat konten Anda.

2. Off-Page

Optimasi di dalam website ternyata tidaklah cukup, Anda harus mengupayakan faktor lain diluar website. Hal ini lah yang disebut dengan SEO off-page. Contoh bentuk dari upaya SEO off page adalah backlink. Backlink adalah ketika website lain merujuk kepada konten dari website Anda. Semakin banyak website dengan berkualitas yang merujuk konten Anda semakin baik.

Namun kali ini Bootsol akan merangkum 10 langkah dalam mengoptimalkan SEO on-page untuk website anda. Berikut adalah informasinya.

Baca juga: Sudah Optimalkah SEO yang Anda Terapkan? Very Important to Know, Ternyata ini 4 Parameternya

Langkah-langkah dalam SEO On-Page

1. Konten yang Relevan

SEO On-Page: Pengertian dan 10 Langkah Powerful untuk Menjadi Peringkat Teratas
Google Search Engine

Langkah utama yang paling menentukan untuk berada dalam peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google adalah dengan menulis konten yang relevan dengan website dan target keyword Anda. Selanjutnya, Google akan menilai apakah konten Anda relevan dengan apa yang pengguna cari. Maka dari itu, buat judul dan meta description yang benar-benar mencerminkan konten Anda.

2. Optimalkan kemunculan keyword

Perhatikan dimana saja target keyword Anda muncul. Pastikan target keyword muncul di judul, 100-150 kata pertama dalam konten Anda, subheading (H2), dan URL. Selain itu, pastikan frekuensi kemunculan keyword Anda berada di antara 1-2%.

3. Gunakan internal link dan external link

Untuk melengkapi informasi yang terkandung dalam konten Anda, Anda dapat merujuk pada link dari website Anda dan juga website kredibel yang lain. Hal ini tentunya dapat menambah nilai SEO Anda.

4. Optimalkan URL

Pastikan URL Anda mengandung target keyword. Selain itu, ada baiknya jika URL dibuat singkat. Meski judul anda panjang, Anda dapat hanya menampilkan topik konten atau target keyword Anda.

5. Buat konten yang unik

SEO On-Page: Pengertian dan 10 Langkah Powerful untuk Menjadi Peringkat Teratas
Salah satu langkah SEO on-page adalah membuat konten yang unik dibanding yang sudah ada

Terdapat ribuan atau bahkan jutaan konten baru muncul setiap harinya, maka buatlah konten yang unik dibanding konten yang telah ada. Anda dapat menghadirkan tips-tips atau strategi terbaru, daftar-daftar dengan informasi yang lebih lengkap, tampilan desain dan UX menarik, studi kasus sesuatu yang sedang trend, atau tutorial terpadu yang komprehensif.

6. Buat konten anda valuable

Membuat audience Anda menghabiskan waktunya dengan membaca konten Anda hingga selesai merupakan sebuah tantangan. Maka, buat artikel Anda penting serta bumbui dengan gambar ilustrasi, screenshots, dan langkah-langkah yang mudah dipahami pembaca.

7. Copy Writing

Ada baiknya anda memiliki skill copy writing agar dapat menarik lebih banyak audience. Hal ini dapat Anda gunakan untuk penulisan judul dan subheading. Salah satunya Anda dapat memakai pertanyaan untuk judul Anda agar mengundang penasaran. Selain itu anda dapat menambahkan emosi dan kata sifat untuk judul Anda. Contohnya, Top 10 Startup Indonesia dengan Produk Super Inovatif.

8. Optimalkan Gambar

Ada baiknya anda menyisipan gambar original ke dalam konten anda. Hal ini dikarenakan konten yang menggunakan gambar original pasti mendapatkan peringkat yang lebih baik, namun hal ini tentu saja merepotkan. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat menggunakan gambar bebas copyright. Ada baiknya anda rename nama file gambar tersebut menggunakan target keyword anda. Gunakan pula keyword pada alt text agar gambar anda muncul pada pencarian gambar.

9. Tetap up-to-date

Setelah website Anda berkembang, Anda harus terus membuatnya up to date. Anda dapat membuat konten yang lebih spesifik atau meng-update konten anda dengan informasi terbaru dan desain yang lebih trendy.

10. Kecepatan Website

Dalam berkompetisi, anda harus menjadi yang tercepat. Untuk itu, anda harus menaikan performa website Anda dengan menggunakan web host yang cepat dan terpecaya. Terdapat beberapa pilihan web host terbaik di Indonesia, contohnya adalah Hostinger dan Niagahoster.

Itulah informasi mengenai SEO on-page versi Bootsol. Bagaimana menurut anda? Silahkan komen di kolom komentar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top