fbpx
Top 5 SEO Tools Gratis untuk Keyword Research
Rekomendasi 5 SEO Tools Gratis Terbaik

Banyak yang berpikir bahwa SEO itu sulit. Namun jika Anda mengetahui kuncinya, sebenarnya SEO adalah sesuatu yang cukup mudah untuk dimengerti. Dalam praktiknya para praktisi SEO banyak meluangkan waktunya untuk melakukan riset dan analisis data. Hal ini tentu dilakukan agar hasil yang diberikan dapat maksimal.

Kunci utama dari SEO adalah riset kata kunci atau yang biasa disebut sebagai keyword research dalam Bahasa Inggris. Keyword research adalah tahap yang paling dasar sekaligus tahap yang paling penting dari semua tahapan SEO. Jika Anda telah menguasai hal ini, SEO adalah hal yang cukup mudah. Anda hanya perlu menentukan dan memasukkan keyword yang pas untuk konten Anda, lalu Google akan mengindeks konten Anda sesuai data yang diperoleh. Namun untuk menentukan keyword yang tepat juga diperlukan keahlian riset yang mumpuni.

Hal ini yang membuat banyak perusahaan menginvestasikan sebagian uangnya pada SEO tools dengan performa tinggi. Terdapat berbagai SEO tools yang beredar di pasaran, contohnya adalah SEMrush dan Ahrefs. Sayangnya, tools seperti ini mematok biaya yang cukup tinggi, contoh saja Ahrefs yang memerlukan biaya diantara Rp1,5 juta hingga Rp15 juta per bulan.

Namun tenang saja, Anda tidak perlu menjadi bangkrut karena perihal SEO. Di artikel kali ini, Bootsol akan menghadirkan 5 rekomendasi SEO tools terbaik yang dapat Anda gunakan secara cuma-cuma alias gratis. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Baca Juga: 10 Langkah Powerful SEO On-Page untuk Menjadi Peringkat Teratas

Rekomendasi SEO Tools Gratis yang Dapat Anda Gunakan

1. Google Keyword Planner

Sebagai bagian dari platform Google Ads, Google Keyword Planner sebenarnya digunakan untuk menganalisis keyword iklan. Namun dalam praktiknya, Google Keyword Planner digunakan para praktisi SEO sebagai SEO tools utama mereka. Terdapat dua keunggulan yang diberikan oleh Google Keyword Planner. Pertama, tool ini dimiliki oleh Google. Maka dari itu, data yang tertera di tool ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena data tersebut berasal langsung dari Google. Yang kedua, tool ini diperuntukan khusus untuk bisnis. Anda dapat melihat insight yang mendukung conversion rate. Hal ini tentunya berguna untuk Anda yang juga bergelut dalam strategi content marketing.

Fitur:

  • Jumlah volume pencarian dan tren keyword di pencarian Google
  • Rekomendasi keyword lain berdasarkan kombinasi kata dari keyword terkait
  • Perkiraan tingkatan kompetisi keyword dalam indeks Google
  • Perkiraan performa, jumlah klik per bulan, dan biaya beriklan di Google Ads

Semua fitur tersebut dapat Anda gunakan secara gratis. Namun sebelumnya Anda harus melakukan setting akun dan membuat kampanye iklan untuk menggunakan Google Keyword Planner. Anda dapat membuat kampanye secara asal dan tidak perlu mentransfer uang kepada rekening terkait. Kampanye iklan akan hangus jika Anda tidak melakukan pembayaran dalam 24 jam.

Dari segala kelebihannya, SEO tools ini juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah data yang ditampilkan terbatas pada kategori paid search. Selain itu, perkiraan kompetisi keyword juga tidak sepenuhnya akurat. Untuk itu, kami merekomendasikan Google Keyword Planner untuk dipadukan dengan SEO tools yang lain agar performa SEO Anda lebih baik.

2. Google Search Console

Top 5 SEO Tools Gratis untuk Keyword Research
Salah satu SEO Tools gratis adalah Google Search Console

SEO tools gratis yang selanjutnya masih berasal dari platfrom Google, yakni Google Search Console. Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat memantau website, menjaga performa, serta mengatasi masalah yang berkaitan dengan hasil pencarian Google.

Fitur:

  • Melihat trafik keyword dalam pencarian Google. Termasuk keyword yang efektif untuk website Anda
  • Menunjukan website yang terdapat link menuju website Anda (backlink)
  • Memonitor crawling bot Google
  • Mengatasi dan memperbaiki masalah indeksasi
  • Memperlihatkan masalah AMP, versi mobile, dan fitur pencarian lainnya

Pada dasarnya Google Search Console adalah layanan Google untuk memonitor performa website di mesin pencari Google. Maka dari itu, keyword research bukanlah fitur utama yang ditawarkan oleh SEO tools gratis yang satu ini. Namun melalui tool ini, Anda dapat mengetahui keyword yang cocok dan berhasil untuk website Anda. Meski begitu, tool ini hanya dapat dipakai untuk memantau performa keyword di website milik sendiri, sehingga jumlah data yang diberikan akan sangat bergantung pada trafik website yang Anda miliki.

3. Ubersuggest

Sejauh ini, Ubersuggest dapat menjadi SEO tools gratis dan terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan. Dalam satu tool ini, Anda akan mendapatkan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari overview performa domain, laporan efektivitas SEO per halaman, rekomendasi keyword, ide konten, sampai data backlink. Anda tidak perlu terintimidasi oleh banyaknya tombol yang terdapat di layar, karena sebenarnya Ubersuggest memiliki tampilan user interface yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pemula.

Fitur:

  • Keyword Analyzer
  • Competitive Analysis
  • SEO Explorer

Seperti yang sudah disinggung diatas, Ubersuggest mungkin dapat menjadi SEO tools gratis terbaik yang ada didaftar ini. Namun terdapat kelemahan dari tool ini yaitu performa website atau proses analysis yang lama terutama untuk analisis performa SEO yang kira-kira membutuhkan waktu maksimal 10 menit. Meskipun begitu, hasil yang didapatkan sangat berguna dan penting untuk memonitor performa SEO website Anda.

Baca Juga: 6 Mitos Seputar SEO yang Menyesatkan

4. Keyword Tool

Top 5 SEO Tools Gratis untuk Keyword Research
Source: Gardaseo

Sudah rahasia umum bagi para praktisi SEO bahwa long tail keyword atau keyword yang panjang adalah target keyword yang terbaik untuk menaikkan trafik website karena kompetisinya yang lebih rendah. Untuk itu, Keyword Tool dapat menjadi salah satu pilihan dari SEO tools gratis yang harus Anda coba. Platform ini menyediakan rekomendasi keyword yang cukup panjang. Tentunya platform ini dapat menjadi tool tambahan yang sangat berguna dalam menaikkan trafik website Anda.

Fitur:

  • Selain keyword untuk pencarian Google, Keyword Tool juga menyediakan keyword pencarian dari platform lainnya seperti Youtube, Blog, Amazon, eBay, PlayStore, Instagram, dan Twitter
  • Opsi lokasi dan bahasa yang berragam, bahkan tersedia pilihan Bahasa Sunda, Jawa, dan Bali lho

Meski fitur SEO tools gratis yang satu ini terbilang unik, hal ini tentunya diimbangi dengan hasil data yang akurat dan bervariasi. Dalam setiap entry keyword, Keyword Tool akan merekomendasikan lebih dari 750 long tail keyword. Hanya saja data tersebut akan dibatasi jika Anda menggunakan akun gratis. Namun jangan salah, meskipun Anda menggunakan akun gratis, daftar long tail keyword yang ditampilkan akan benar-benar cukup untuk Anda jadikan referensi. Platform ini juga ringan dan 99,99% selalu bisa digunakan.

5. Wordtracker

Wordtracker adalah SEO tools gratis yang juga merangkap sebagai market research tool sehingga dalam satu halaman Anda akan mendapat keyword untuk SEO sekaligus dengan keyword iklan berbasis pay per click (PPC). Selain tampilan user interface yang simpel dan dibuat intuitif, Wordtracker juga memiliki opsi tampilan data yang begitu berragam bahkan melebihi Google Keyword Planner.

Fitur:

  • Keyword yang berragam tanpa pengederhanaan seperti di Google Keyword Planner
  • Rekomendasi keyword sekunder
  • Metrik kompetisi keyword
  • Perbandingan hasil pencarian atau Search Engine Result Pages (SERP)
  • Opsi mesin pencari keyword berbagai platform seperti Google, Youtube, Amazon, dan eBay
  • Live chat customer service

Dalam setiap entry keyword, Wordtracker akan memberikan rekomendasi lebih dari 10.000 keyword lain. Anda juga dapat mengatur secara manual keyword mana yang akan dipakai dan mana yang tidak. Meskipun begitu, data yang dapat dihadirkan oleh tool ini masih bergantung pada ketersediaan data, bahasa, dan target lokasi.

Itulah 5 rekomendasi SEO tools gratis dan terbaik versi Bootsol. Apakah ada yang telah Anda gunakan atau apakah ada SEO tools gratis yang menarik untuk Anda coba? Silahkan tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis SEO untuk Optimalisasi Website

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top