fbpx

SERP, apakah itu?apakah sama dengan SEO? istilah SEO seharusnya, sudah tidak asing lagi bagi anda. Namun, apakah anda pernah mendengar kata Search Engine Results Page? Perkembangan teknologi, memudahkan kita untuk memperoleh informasi. Di era digital ini, pastinya anda sering menggunakan search engine dalam mencari berita atau informasi. Nah, biasanya anda cenderung lebih memperhatikan informasi di halaman pertama bukan? SERP memiliki sifat yang dinamis. Dimana, hasil pencarian yang anda peroleh biasanya berdasarkan dengan kata kunci yang ada input di mesin pencari. Maka, SERP penting bagi SEO. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui beberapa hal terkait kedua istilah ini. Kali ini, Bootsol akan membahasnya dimulai dari pengertian, fitur-fitur dan hal-hal menarik lainnya.

Baca juga : Ketahui Jenis SEO Untuk Optimalisasi Website

1. Pengertian SERP :

SERP adalah halaman situs yang disajikan kepada pengguna ketika melakukan suatu pencarian online melalui search engine seperti Google. Pada umumnya, hasil yang tertera dalam halaman tersebut sesuai dengan kata kunci atau frase tertentu yang telah di-input oleh pengguna. Selain itu, keunikan hasilnya juga disesuaikan dengan searching experience dan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu current location, search history pengguna. Sehingga, sangat memungkinkan jika hasil pencarian berbeda meskipun, menggunakan keyword atau frase yang identik.

Seiring teknologi berkembang, mesin pencari juga berkembang supaya dapat menawarkan responsive experience bagi penggunanya. Oleh karena itu, tampilan utama halaman hasil mesin pencari memiliki penampilan yang berbeda dari awalnya.

Bootsol akan fokus membahas beberapa hal penting yang berkaitan dengan SEO. Simak ulasannya di bawah ini ya!

2. SERP Penting Bagi SEO?

Anda, maupun pelaku bisnis yang berusaha melakukan berbagai cara untuk memaksimalkan tingkat SEO. Diawali dengan tujuan inilah, anda perlu mencoba melalukan cara yang berbeda supaya situs anda dapat muncul di halaman hasil mesin pencari. Bahkan, di halaman pertama. Secara singkat, SEO merupakan upaya free supaya situs anda dapat muncul di halaman hasil mesin pencari.

Upaya SEO ini termasuk dalam kategori organic search.

Berdasarkan data, hasil pencarian di halaman utama diklik dengan average sebesar 31.7%. Sedangkan 0.78% user mengklik situs di halaman kedua. Nah, sekarang anda sudah paham kan, kenapa orang bersaing untuk menerapkan upaya SEO sehingga, situsnya dapat muncul di halaman utama mesin pencari.

3. Tiga Jenis Search Queries :

Navigational

Kondisi ini biasanya terjadi ketika pengguna tidak memasukkan URL situs secara lengkap. Sehingga, akan sulit untuk menemui halaman utama kecuali pengguna melakukan pencarian secara spesifik. Anda dapat memanfaatkan peluang navigational queries bagi situs anda. Misalnya, mempertimbangkan untuk menggunakan ads bagi kata kunci tertentu. Contohnya nama perusahaan.

Informational

Jenis pencarian ini biasanya terjadi ketika pengguna ingin mengetahui sesuatu seperti fakta, topik ataupun cara mengerjakan sesuatu. Pengguna kerap kali tidak berniat untuk membeli namun, konten yang tepat dapat mendorong pengguna ke brand tertentu. Maka dari itu, konten menarik dan relevan merupakan hal penting.

Transactional

Jenis pencarian terakhir yang akan dibahas adalah transactional. Hal ini biasanya terjadi ketika pengguna ingin membeli sesuatu. Jenis pencarian ini mendatangkan potensi pendapatan paling tinggi. Nah, keywords memiliki pengaruh yang besar. Sehingga, anda dapat memanfaatkan kedua cara efektif ini yaitu bids dan paid ads.

Terdapat tiga komponen berbeda dari halaman hasil mesin pencari. Salah satunya adalah fitur.

4. SEO SERP Features :

Penggunaan fitur, cukup membantu supaya situs anda dapat muncul di halaman hasil mesin pencari. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih fitur yang paling tepat dengan goals personal/bisnis anda.

Menurut Search Engine Journal berikut adalah beberapa fitur yang sering digunakan :

Contoh Fiturnya :

1. Featured Snippet

Fitur pertama ini akan menampilkan sebagian konten dari salah satu situs yang memiliki informasi paling sesuai dengan suatu keywords. Featured Snippet kerap kali,mendapat sebutan ranking#0 karena posisinya di atas SERP.

Penasaran? seperti apa contoh format Featured Snippet? simak contohnya di bawah ini ya

– Paragraph

– List

-Table

-Video

Lalu, bagaimana ya supaya situs anda dapat memperoleh fitur ini?

– Situs anda berada dalam top 5 halaman hasil mesin pencari

– Situs anda well organized dan SEO friendly

Maka, Google akan lebih mudah untuk memahami situs anda. Sehingga, memungkinkan jika artikel anda dipertimbangkan menjadi Featured Snippet.

2. Hasil Belanja

Sesuai dengan namanya, Shopping Results merupakan fitur halaman hasil mesin pencari yang memunculkan iklan suatu produk yang sesuai dengan keywords. Apalagi, jika pengguna bermasuk untuk membeli produk yang tertera kata kunci tersebut. Seperti contoh, “beli (nama produk) murah”

Shopping results mencantumkan informasi penting terkait produk tersebut. Contohnya :

– Nama produk

– Harga produk

– Nama penjual

– Pembahasan/ testimoni

Hasil Belanja termasuk dalam fitur halaman hasil mesin pencari dalam bentuk advertisement. Oleh karena itu, untuk menggunakannya anda perlu memiliki biaya tertentu dan mempelajari pedomannya secara detail.

3. Panel Knowlegde

Tampilan tersebut dapat anda temui ketika anda memasukkan kata kunci dari nama perusahaan misalnya.

Jika anda mencoba input kata Bootsol maka, akan muncul hasilnya seperti itu.

Knowledge Panel merupakan tulisan di dalam kotak merah tersebut. Pengguna dapat membaca berbagai informasi terkait perusahaan anda.

Fitur ini, patut dicoba bagi anda yang memiliki perusahaan sendiri. Jika anda tertarik, anda hanya perlu bantuan tool milik Google yaitu, Google Knowledge Graph.

5. SERP Analysis Tool

Analisis Halaman Hasil Mesin Pencari adalah proses analisa yang dilakukan terhadap halaman situs peringkat atas. Melalui informasi ini, para pakar menggunakannya untuk menentukan tingkat kesulitan ranking dalam pencarian Google.

Bootsol akan berbagi informasi terkait contoh-contohnya:

– SERP Checker

Tool ini dapat dideskripsikan sebagai alat untuk menganalisa persaingan. Alat ini dapat memberikan informasi terkait posisi halaman hasil mesin pencari kompetitor anda. Berdasarkan 49 metriks berbeda termasuk nilai SEO dan posisinya. Secara singkat, tool ini akan memberikan informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan kompetitor anda. Melalui hasil analisa ini, anda dapat merencanakan strategi untuk memperbaiki ranking SEO bisnis anda.

– MOZ SERP Analysis

Tool kedua ini termasuk salah satu Halaman Hasil Mesin Pencari terbaik. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui beberapa metriks di bawah ini :

1. Tingkat Kesulitan

2. Oportunitas

3. Pontensial

4. Otoritas Halaman

5. Otoritas Domain

– AHREFS

Untuk tool Halaman Hasil Mesin Pencari yang akan dibahas terakhir ini, dideskripsikan sebagai pencari kata kunci paling lengkap. Layanan tool ini tersedia dalam 14 hari – free trial. Selain, mampu memberikan layanan untuk memasukkan beberapa kata kunci sekaligus. Tool ini juga dapat menawarkan rekomendasi dan berbagai variasi untuk memperbaiki performa pencarian dan analisa SEO anda.

Bootsol, berharap artikel ini dapat menambah wawasan anda terkait pengertian, perbedaan dan hubungan antara Halaman Hasil Mesin Pencari dengan SEO.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top