fbpx

Anda tentunya, sering menggunakan komputer atau laptop kan? lalu, pasti anda pernah mendengar sistem operasi seperti Windows, MacOs. Nah, kali ini Bootsol ingin berbagi informasi terkait sistem operasi mobile. Apakah anda tahu, jika operating System di smartphone dan mobile devices lainnya ternyata, berbeda dengan yang ada di laptop ataupun komputer loh. Oleh karena itu, melalui artikel ini anda dapat mengetahui berbagai macam sistem operasi. Namun, sebelum diulas lebih jauh lagi, mari simak penjelasan dari istilah sistem operasi mobile.

Baca juga : Strategi Mobile Marketing Powerful

Operating System adalah :

Sistem operasi merupakan software yang menjadi interface antara hardware komputer dan pengguna. Setiap komputer harus memiliki minimal satu operating system supaya, program lain dapat berjalan. Contoh aplikasinya adalah seperti Browser, Microsoft Office, dan lainnya. Semua aplikasi tersebut, perlu suatu lingkungan dalam beroperasi dan menjalankan tugasnya. Operating system akan membantu anda untuk berkomunikasi dengan komputer. Namun, uniknya anda tidak tahu jika berbicara dalam bahasa komputer. Oleh karena itu, mustahil bagi pengguna komputer atau perangkat seluler lain tanpa memiliki sistem operasi.

Lalu, apa ya perbedaannya dengan sistem operasi mobile?

Sistem Operasi Mobile :

Operating System, merupakan software yang memberdayakan aplikasi dan program di smartphone, maupun perangkat lain dapat berjalan. Pada umumnya, sistem operasi akan mulai berjalan ketika perangkat menyala, lalu ada tampilan ikon dimana, informasi tersaji. Selain itu, sistem operasi ini juga yang menyediakan akses bagi aplikasi di perangkat. Sistem operasi seluler, juga merupakan sistem yang me-manage konektivitas cellular networks, nirkabel dan phone access.

Perkembangan Sistem Operasi Mobile :

Perkembangan operating system mobile, dipengaruhi oleh perkembangan pesat teknologi. Hingga kini, sudah terdapat banyak operating system seluler. Dimana, salah satu keunggulannya adalah pengguna dapat bebas mengunduh berbagai aplikasi buatan developer. Perkembangan sistem operasi seluler, dimulai sejak sekitar 20 tahunan lalu. Namun, berkembang menurut jenis nya masing-masing. Mari kita ulas, salah satunya yaitu, operating system yang masih populer sampai sekarang.

Android diakuisisi oleh Google di tahun 2005. Nah, di tahun 2008 dirilislah ponsel dengan sistem operasi pertama. Lalu, operating system milik Android pun masih terus berkembang. Berkat kecanggihannya, para pengguna dapat menikmati manfaatnya hingga sekarang.

6 Contoh Mobile Operating System:

1. Android

Seperti penjelasan sebelumnya, di tahun 2008 ‘Astro’ merupakan ponsel dengan OS pertama yang dirilis. Lalu, hal yang unik adalah nama-nama versi OS nya dinamai menurut abjad makanan. Seperti contohnya Lollipop, Nougat dan Oreo yang merupakan versi Android terbaru. Selain itu, karena keterbukaan platform Android, developers dapat bebas membuat aplikasi baru.

2. Ios

Sistem operasi Ios pertama kali dirilis, bersamaan dengan peluncuran Iphone pertama di tahun 2007. Lalu, terus berkembang dengan Ios terbarunya Ios 14. Berbeda dengan Android, platform Ios tidak terbuka untuk dikembangkan oleh developers. Ios lebih fokus pada performance dan appearance bagi users. Nah, oleh karena itu basic appearance Ios mirip dengan versi-versi sebelumnya. Namun, tidak dapat dipungkiri jika Ios merupakan salah satu best operating system di dunia. Ditambah lagi dengan, sistemnya yang dirancang secara user-friendly.

3. Blackberry

Sistem operasi mobile miliki Blackberry pertama dirilis di tahun 1999. Kemudian, dikembangkan di serangkaian ponsel pintar, Blackberry. OS blackberry cukup berbeda dengan OS lainnya. Selain itu, sebelum munculnya trend touchscreen, Blackberry merupakan ponsel populer di masanya. Dimana, terdapat keunikan dalam desain, trackball dan keyboardnya yang disebut juga ‘qwerty’.

4. Windows Phone

Windows phone merupakan OS buatan Microsoft yang diperuntukkan bagi smartphone. Berbeda dari Windows mobile sebelumnya, sistem operasi Windows phone difokuskan pada consumer market. Windows Phone 7 adalah operating system yang di-launch pertama kali di tahun 2010. Sedangkan, untuk versi barunya kemudian diluncurkan di tahun 2014.

5. Symbian

Symbian adalah mobile operating system milik Nokia. Jika dijelaskan secara singkat, perusahaan lain dapat menggunakan sistem ini atas izin Nokia. Symbian berada di dua market yang berbeda. Keduanya berjalan sesuai dengan pasarnya sendiri. Hingga kini, Symbian mampu beroperasi di smartphone setelah OS tersebut berhasil dikembangkan. Dapat dikatakan, jika Symbian adalah sistem operasi mobile yang sangat baik.

6. BADA

Operating system milik samsung ini, difokuskan bagi smartphone mid hingga high-end. Sama seperti Android, Bada dirancang secara efisien. Namun, tidak diketahui mengapa Samsung tidak menggunakan BADA dalam skala besar. Oleh karena itu, namanya pun kurang terkenal jika dibandingkan dengan operating system lainnya.

Sistem Operasi Mobile yang Sudah Tidak Lagi Digunakan :

– Blackberry

OS Blackberry sudah tidak di-update lagi. Sekarang Rim menjadikan Blackberry fokus ke arah Internet of thing.

– Open Web OS

Pengembangan OS milik LG ini, telah berhenti sejak tahun 2011.

– Palm OS

Pengembangan OS dihentikan pada tahun 2009, karena sudah tidak populer lagi.

Bootsol ingin tahu, kira-kira operating system mana yang sering anda gunakan? tulis jawabannya di bawah ini ya!

Baca juga : Seberapa Penting Website Mobile Friendly

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top