fbpx
Ilustrasi digital marketing bisnis kuliner
Ilustrasi digital marketing bisnis kuliner

Apakah digital marketing bisnis kuliner diperlukan? Tentu saja perlu. Terutama di Zaman yang serba digital seperti saat ini. Jangan sampai keliru apalagi ketinggalan informasi terkait digital marketing bisnis kuliner. Simak pembahasan berikut ini :

Perkembangan zaman semakin pesat. Hal tersebut membuat manusia dapat mengakses sesuatu dari jarak jauh melalui teknologi yang canggih. Siapapun yang mencari apapun melalui internet. Bukan hanya memberikan kemudahan mencari informasi, internet juga sudah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Siapa yang menyangka di abad ke-20 ini, manusia bisa memenuhi kebutuhan hidup, mulai dari sandang, pangan, hingga papan dengan bantuan internet.

Toko online semakin merajalela. Pemenuhan kebutuhan semakin mudah didapat. Banyak toko-toko kecil hingga perusahaan besar melebarkan usahanya di dunia internet. Terutama saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Kegiatan berbelanja kebutuhan tak perlu repot-repot keluar rumah, apalagi berkerumun. Dengan begitu memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa lebih aman.

Bisnis kuliner seperti restoran, cafe, dan sebagainya tak mau ketinggalan dengan tren serba online. Apalagi dengan ketersediaan teknologi yang memadai. cukup dengan memiliki smartphone yang dilengkapi konektivitas internet stabil, maka anda bisa ikut mencoba membeli makanan atau minuman secara online.

Layanan pesan antar pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi masyarakat perkotaan. Tak perlu bingung ketika merasa lapar di tengah malam. Melalui layanan Gofood dan GrabFood, anda bisa memilih makanan kemudian langsung memesan. Sangat mudah dan praktis, dibandingkan perlu keluar rumah terlebih dahulu untuk mencari makanan, belum lagi kemungkinan mengantre.

Pentingnya digital marketing bisnis kuliner

Setiap bentuk usaha pasti membutuhkan strategi marketing. Menerapkan strategi marketing untuk setiap bentuk usaha agar merek dagang dikenal masyarakat, menumbuhkan kepercayaan, hingga akhirnya tertarik membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Di zaman yang serba digital seperti saat ini, hadir istilah digital marketing. Seiring dengan semakin banyaknya bisnis online, strategi marketing pun semakin berkembang.

Sama halnya dengan usaha online pada umumnya, bisnis kuliner pun sangat membutuhkan strategi marketing. Banyaknya penjual makanan atau minuman serupa menjadi salah satu alasan penting menerapkan strategi digital marketing bisnis kuliner, agar bisnis anda dikenal masyarakat, dan jadi tempat andalan untuk mengobati lapar atau haus.

Baca Juga : 5 Hal Super Interesting Belajar Graphic Design

Strategi digital marketing bisnis kuliner

Restoran, cafe, atau bisnis kuliner lainnya mulai berlomba-lomba melebarkan sayap di dunia online. Hal tersebut menandakan digital marketing bisnis kuliner harus bisa diterapkan dengan baik dan benar agar bisa bersaing. Sesuai dengan konsep bisnis online, sistem pemasarannya pun secara online, sehingga tak memerlukan biaya yang besar.

Digital marketing bisnis kuliner harus bisa diterapkan sesuai dengan target.
Menurut wikipedia, digital marketing melibatkan calon konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari. Apalagi dengan perkembangan dunia internet yang sangat dinamis. Pemilik bisnis kuliner harus pintar menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang. Berikut lima strategi digital marketing bisnis kuliner yang bisa anda coba :

  1. Aktifkan media sosial
Logo berbagai macam media sosial
Logo berbagai macam media sosial

Tidak bisa dipungkiri, adanya media sosial sangat membantu menerapkan strategi digital marketing bisnis kuliner. Publikasi setiap informasi terkait makanan atau minuman yang anda jual melalui akun media sosial. Akan lebih baik jika restoran, cafe, atau bisnis kuliner lainnya dibuatkan akun media sosial khusus. Akun tersebut bisa difokuskan untuk memperkenalkan apa yang anda jual, hingga keunikan maupun keunggulannya

Para pemilik bisnis kuliner sudah banyak yang mempromosikan produknya melalui media sosial. Jenis media sosial yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan media sosial yang sedang booming yaitu Tiktok. Tak jarang suatu restoran, cafe atau bisnis kuliner lainnya memiliki berbagai akun di media sosial. Hal tersebut dilakukan demi memperluas jangkauan, sehingga akan menyaring targe konsumen dari berbagai media sosial tersebut.

Sering sekali kita lihat akun media sosial bisnis kuliner dibuat dengan tampilan menarik. Hal tersebut tentu saja salah satu strategi digital marketing bisnis kuliner, dimana tampilan unik dan menarik akan membuat pengunjung online lebih tertarik. Tak heran, para pemilik bisnis kuliner online berlomba-lomba mempercantik tampilan hingga memosting konten menarik dan berhubungan dengan apa yang mereka jual. Hal yang paling penting juga tak lupa memosting baik foto produk maupun testimoni untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Baca Juga : Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views

2. Foto Estetik

Ilustrasi foto makanan
Ilustrasi foto makanan

Kaum muda pasti sudah tidak asing dengan konsep foto estetik. Bukan hanya tentang foto selfie tetapi juga tentang foto makanan. Tak jarang banyak orang yang berburu makanan dengan tampilan menarik untuk kemudian diabadikan melalui foto. Padahal nyatanya belum tentu rasa makanan atau minuman berbanding lurus dengan tampilan yang menarik. Bagaimana pandangan pertama pada makanan tetap menjadi hal yang penting, sehingga dapat menggugah selera seseorang.

Menyediakan foto makanan yang proper menjadi kewajiban untuk menerapkan strategi digital marketing bisnis kuliner. Tak perlu khawatir harus menggunakan kamera khusus fotografi. Kini, smartphone pun sudah banyak yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi tinggi. Kunci utama untuk menghasilkan foto makanan yang estetik bukan hanya perangkat yang memadai, tetapi juga kreativitas. Setiap foto perlu memiliki konsep tersebut dan tentunya harus sesuai dengan makanan atau minuman yang disajikan.

3. Copywriting

Ilustrasi copywriting
Ilustrasi copywriting

Skill menulis saat ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang, termasuk digital marketing. Rasanya ada yang kurang ketika posting foto tanpa caption. Perlu rangkaian kata-kata yang bukan hanya indah tetapi juga secara tidak langsung dapat membujuk pengunjung online untuk mencoba membeli makanan atau minuman yang dijual.

Formula copywriting yang tepat sangat dibutuhkan untuk menerapkan digital marketing bisnis kuliner. Foto-foto yang menarik harus didukung dengan keterangan lengkap agar informasi tentang makanan atau minuman yang dijual dapat tersampaikan dengan baik. Bisa mengenai bahan-bahan yang dipakai, sensasi rasa, hingga cerita menarik di balik sebuah sajian. Tentu saja jangan sampai ditulis secara lurus dan formal, perlu disisipkan kata-kata ungkapan seberapa menariknya hidangan tersebut dan bujukan halus untuk mencoba.

4. Buat Website

Ilustrasi website bisnis kuliner
Ilustrasi website bisnis kuliner

Sebagai pemilik bisnis kuliner yang harus bisa mengikuti perkembangan zaman, jangan sampai ketinggalan memiliki website. Tak jarang saat ini, para pemilik bisnis kuliner mulai banyak membuat website khusus berjualan. Perlu diketahui bahwa website cara yang sangat efektif untuk menerapkan digital marketing bisnis kuliner dalam jangka panjang.

Melalui website anda sebagai pemilik dapat membagikan tampilan menu hingga cerita informasi lengkap tentang bisnis secara lengkap. Anda bisa menggunakan website sebagai cara membuat makanan atau minuman semakin dikenal alias memperkuat branding.

5. Tawaran promo menarik

Ilustrasi promo
Ilustrasi promo

Strategi digital marketing bisnis kuliner yang tak kalah penting dari sebelumnya ialah membuat promo-promo menarik. Anda bisa membuat event-event tertentu untuk menawarkan promo atau diskon. Pastikan anda bisa membuat promo yang menarik perhatian calon konsumen. Anda bisa juga membuat kuis atau challenge tertentu dengan hadiah voucher diskon. Dengan begitu akan membuat orang-orang penasaran dan akhirnya tertarik mencoba makanan atau minuman yang anda jual.

Itulah lima strategi digital marketing bisnis kuliner. Jangan sampa salah langkah dalam menerapkan strategi tersebut. Pastikan sebagai pemilik bisnis kuliner terutama di dunia online, anda harus bisa selalu flexible dan mengikuti perkembangan.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top