fbpx
Tablet versus Notebook
Tablet versus Notebook

Melihat perkembangan dunia gadget yang semakin maju, tidak heran jika kini perbedaan antara tablet dan notebook kian hari makin tipis saja. Ya, perdebatan antara tablet versus notebook memang cukup seru apalagi bagi para techno enthusiast. Hal ini bukan tanpa alasan, telah banyak perangkat tablet yang memiliki spesifikasi dan fitur canggih sehingga hampir menyamakan fungsi dari Notebook.

Sebut saja Samsung Galaxy Tab 2 dan A7 untuk perangkat tablet Android, tidak mau kalah ada juga iPad Air 4 untuk perangkat tablet iOS yang telah dilengkapi fitur dan teknologi terbaru yang canggih sehingga hampir menyamakan fungsi notebook. Ditambah perkembangan dunia digital yang cenderung bergerak ke aplikasi dan website cloud juga mendorong pasar untuk lebih melirik perangkat mobile terutama tablet yang memiliki layar lebih luas.

Untuk Anda yang sedang bingung untuk membeli tablet atau notebook, jangan khawatir! Di artikel Bootsol kali ini, kita akan berdiskusi mengenai perdebatan tablet versus notebook dan poin-poin penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat keputusan.

Baca Juga: Ini 4 Langkah Pertolongan Pertama untuk Ponsel yang Terkena Air

2 Indikator yang Perlu Anda Perhatikan

1. Fungsi

Fungsi Tablet versus Notebook
Fungsi Tablet versus Notebook

Fungsi apa saja yang diperlukan pada perangkat Anda adalah pertanyaan paling dasar sebelum membeli tablet atau notebook. Untuk menjawabnya, Anda hanya perlu memikirkan pekerjaan apa saja yang perlu Anda lakukan selain menggunakan smartphone Anda. Tentukan pekerjaan apa saja yang sedang Anda geluti dan perlu perangkat yang lebih baik dari smartphone untuk mengerjakannya.

Pertanyaan ini dapat membantu karena Anda pasti memiliki kebutuhan tertentu untuk menunjang bidang yang sedang Anda geluti baik sebagai pelajar maupun profesional. Misalnya, Anda perlu notebook dengan kapasitas yang besar jika Anda perlu menggunakan software seperti Adobe photoshop, Movie Maker, atau software khusus lainnya. Sedangkan, jika keperluan Anda hanya menulis laporan singkat, membuat presentasi, zoom, dan games, tablet bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Anda harus memikirkan pertanyaan ini matang-matang karena perangkat yang Anda beli, baik tablet atau notebook akan menjadi modal untuk bidang yang sedang Anda geluti. Untuk pekerja profesional, perangkat Anda adalah tumpuan serta modal utama dalam pekerjaan Anda. Sedangkan bagi pelajar, perangkat Anda bisa menjadi modal untuk berlatih skill baru.

Baca Juga: 5 Hal Important terkait Mobile Learning, Pembelajaran Super Intriguing?

2. Teknis

Indikator Teknis Tablet versus Notebook
Indikator Teknis Tablet versus Notebook

Indikator dalam tablet versus notebook selanjutnya adalah urusan teknis. Masih menyambung urusan fungsi, perlu Anda ketahui bahwa tablet memiliki sistem operasi mobile, yakni Android dan iOS. Yang artinya, sistem operasi sebagian besar diolah program aplikasi. Untuk itu, tablet lebih dianjurkan bagi Anda yang berorientasi pada tugas-tugas ringan seperti mengedit dokumen, membuat media kreatif sederhana (foto, gambar, dan video singkat), teleconference, dan games. Sedangkan notebook dapat mengcover pekerjaan yang lebih berat berkat keleluasaannya untuk menginstal software sesuai kebutuhan.

Ukuran layar juga menjadi masalah teknis yang perlu Anda perhatikan. Seperti yang Anda ketahui, notebook akan memiliki ukuran layar lebih luas yang berarti Anda akan memiliki bidang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan tablet. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih leluasa untuk bekerja secara multitasking yang cukup sulit untuk dilakukan pada tablet. Body notebook juga dinilai lebih mendukung untuk mengerjakan pekerjaan berat dalam kurun waktu yang cukup lama.

Namun bobot tablet yang ringan dan compact juga memiliki kelebihan untuk dibawa ke manapun Anda pergi. Hal ini tentunya adalah kabar baik untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Tapi saat ini telah banyak notebook yang hampir setipis dan seringan tablet. Sayangnya Anda perlu merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan notebook seperti ini.

Jadinya, Tablet atau Notebook?

Setelah Anda mempertimbangkan dua indikator di atas, kami harap Anda bisa membuat keputusan mengenai perangkat apa yang ideal bagi Anda. Selain kedua indikator tersebut, sebenarnya masih ada indikator lain yakni harga. Hal ini tentunya lebih ditentukan oleh kondisi keuangan Anda sendiri. Anda akan mendapatkan perangkat dengan kualitas yang senada dengan budget yang Anda keluarkan.

Nah itulah informasi dan tips untuk memilih tablet atau notebook sebagai perangkat yang cocok untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda mengenai perdebatan tablet versus notebook ini? Silahkan berpendapat di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Cara Effective Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top