fbpx
Ilustrasi jenis desain grafis
Ilustrasi jenis desain grafis

Ketahui bersama jenis desain grafis. Untuk itu simak pembahasan berikut ini :

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, istilah “Desain Grafis” menjadi hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan terdapat program studi khusus mempelajari desain grafis yaitu desain komunikasi visual alias DKV. Disebut sebagai desain komunikasi visual menunjukkan bahwa pada program studi tersebut mempelajari peran desain grafis dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada audiens dengan sentuhan visual yang sangat kental. Jurusan DKV banyak tersedia di beberapa perguruan tinggi di Indonesia dan peminatnya pun cukup banyak. Hal tersebut menandakan bahwa peminat desain grafis saat ini memang semakin meningkat terutama dari kaum muda.

Terutama bagi industri kreatif, desain grafis menjadi hal yang sangat penting. Dimana seni sangat melekat pada desain grafis dan tidak bisa dipisahkan. Masuknya era digital diiringi oleh perkembangan industri kreatif. Hampir semua aktivitas manusia saat ini sudah bergantung pada dunia digital melalui keberagaman teknologi. Tak bisa dipungkiri, desain grafis menjadi hak yang sangat diandalkan, bukan hanya untuk kepuasan seni, tetapi menjadi kebutuhan tersendiri.

Sebenarnya adanya internet juga menjadi salah satu faktor yang membuat desain grafis menjadi lebih eksis. Terutama untuk bidang bisnis online, desain grafis menjadi sebuah kebutuhan penting bahkan pencetus ciri khas. Toko online semakin menjamur, kompetitor ada dimana-mana, oleh karena itu ciri khas perlu dimiliki sebagai pembeda. Untuk itu desain grafis dibutuhkan dalam menciptakan suatu nuansa yang berbeda atau unik, sehingga menarik perhatian calon pelanggan.

Hadirnya beragam media sosial juga semakin memperjelas bahwa desain grafis memang tak bisa dipungkiri jadi hal penting. Bagi para pelaku usaha di dunia online tentu saja perlu menerapkan desain grafis, mau tidak mau, suka tidak suka, bagaimana pun demi menciptakan kesan menarik pada tampilan profil media sosial. Tak hanya itu, untuk kepentingan pribadi pun, desain grafis sangat dibutuhkan. Dimana membangun profil media sosial, selain membuat kepuasan tersendiri, tetapi juga bermanfaat dalam membangun image seseorang. Maka tak heran, orang berlomba-lomba mempercantik profil akun media sosial mereka dengan menerapkan desain grafis.

Pengertian desain grafis

Menurut wikipedia, desain grafis atau rancang grafis merupakan proses komunikasi yang melibatkan beberapa elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang ingin disampaikan. Bidang desain grafis juga sebenarnya melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi.

Desainer grafis bertugas membuat dan mengkombinasikan simbol, gambar, dan teks untuk membentuk representasi gagasan dan pesan secara visual. Desainer grafis dalam tugasnya akan menggunakan teknik tipografi, seni rupa, dan tata letak halaman untuk membuat komposisi visual. Penggunaan umum dari desain grafis mulai dari desain perusahaan (logo dan merek), desain editorial (majalah, surat kabar, dan buku), desain lingkungan, periklanan, desain web, desain komunikasi, hingga kemasan produk.

Baca Juga : Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan

Jenis Desain Grafis

Perlu diketahui desain grafis memiliki banyak jenis. Tak hanya manfaatnya yang harus diketahui, tetapi jenisnya pun wajib diketahui. Jenis desain grafis biasanya akan menunjukkan perbedaan dari setiap penggunaannya.

Jenis desain grafis cukup beragam. Terutama jika anda merupakan seseorang yang tertarik untuk menjadi desainer grafis, pemahaman akan jenis desain grafis sangatlah penting. Pemahaman tersebut akan membantu menentukan minat dan bakat anda di bidang desain grafis yang sesungguhnya. Berikut lima jenis desain grafis yaitu sebagai berikut :

1. Desain grafis identitas visual

Ilustrasi identitas visual
Ilustrasi identitas visual

Jenis desain grafis yang pertama ialah identitas visual. Sistem identitas visual dikenal sebagai suatu sistem komunikasi visual yang berfungsi menciptakan identitas tertentu dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk.

Identitas visual juga sering digunakan sebagai pembeda antara suatu produk atau jasa yang sama dengan pemilik yang berbeda. Bisa dibilang identitas visual sebagai pembentuk ciri khas suatu produk atau jasa. Ketika identitas visual dibangun dengan kuat makan anda sebagai pemilik usaha tak perlu khawatir calon pelanggan akan keliru mengidentifikasi. Dengan proses pembentukan identitas visual yang tepat maka calon pelanggan akan dengan mudah mengidentifikasi suatu merek melalui tampilan visualnya.

2. Desain Antar Muka (User Interface)

Ilustrasi user interface
Ilustrasi user interface

Jenis desain grafis selanjutnya ialah desain antar muka atau user interface (UI). Dikenal sebagai cara pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. UI mencakup semua hal yang berinteraksi dengan pengguna layar, keyboard, dan mouse.

Dalam konteks desain grafis, desain UI berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain dari elemen-elemen grafis di layar seperti tombol, menu, mikro – interaksi, dan banyak lagi. Demi menyeimbangkan daya tarik dan menyelaraskan tingkat estetik dengan fungsi teknis, penerapan UI yang tepat sangatlah berarti. Hal tersebut merupakan tugas dari seorang desainer grafis.

Baca Juga : Ketahui, 6 Sistem Operasi Mobile Super Incredible ini!

3. Desain grafis pemasaran & periklanan

Ilustrasi pemasaran dan periklanan
Ilustrasi pemasaran dan periklanan

Jenis desain grafis yang satu ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan komersial. Jenis desain grafis yang dimaksud ialah desain grafis pemasaran dan periklanan. Suatu perusahaan akan mencari cara untuk berstrategi terutama dalam hal bersaing menciptakan produk atau jasa yang paling dikenal di tengah-tengah masyarakat. Proses perkenalan ini akan melibatkan upaya pemasaran dan periklanan. Tujuan dari upaya tersebut ialah membujuk calon pelanggan untuk membeli produk atau memakai jasa yang anda tawarkan.

Dalam hal upaya pemasaran dan periklanan, desain grafis menjadi salah satu penentu awal ketertarikan calon pelanggan. Tentu saja konsep visual dalam strategi pemasaran dan periklanan perlu dipikirkan dengan baik. Dibutuhkan konten visual yang menarik, sehingga ide yang dipakai harus cemerlang. Dengan begitu, konten visual akan mempengaruhi orang-orang dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Kita ketahui bersama bahwa visual konten akan menjadi hal yang paling pertama dilirik oleh calon konsumen. Meyakinkan calon pelanggan di awal penjelajahan, tentu saja melalui konten visual. Tak heran desain grafis sangat membantu menciptakan konten visual yang menarik, sehingga membantu seseorang atau perusahaan dalam proses promosi produk maupun jasa mereka.

4. Publikasi

Ilustrasi publikasi
Ilustrasi publikasi

Tak kalah penting dari pemasaran dan periklanan, jenis desain publikasi juga berpengaruh besar untuk memperkenalkan suatu hal. Publikasi dikenal sebagai bagian dalam berkomunikasi dengan publik. Dalam hal ini tentu saja melibatkan industri desain grafis yang berkomunikasi dengan masyarakat melalui distribusi publik. Hal ini sering juga disebut sebagai industri media cetak, eperti buku, koran, majalah, dan katalog. Namun, perkembangan zaman menciptakan pembaruan dalam hal penerbitan, yaitu penerbitan digital.

Desainer grafis yang bertugas dalam proses publikasi, akan bekerja sama dengan editor dan penerbit. Hal tersebut dilakukan untuk menentukan tata letak dengan tipografi yang dipilih. Proses kolaborasi perlu dilakukan dengan cermat dan membutuhkan keterlibatan karya seni meliputi fotografi, grafik dan ilustrasi.

5. Motion Grafis

Ilustrasi motion grafis
Ilustrasi motion grafis

Jenis desain grafis yang satu ini akhir-akhir ini perkembangannya semakin meningkat. Masyarakat semakin mengenal, sehingga banyak pihak tertarik. Jenis desai grafis yang dimaksud ialah motion grafis. Secara sederhana, motion grafis merupakan bagian dari industri desain grafis. Dimana motion grafis menggabungankan ilustrasi, tipografi, fotografi dan videografi dengan menggunakan teknik animasi bergerak.

Motion grafis dapat mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek-efek tertentu. Hal tersebut banyak digunakan untuk kepentingan di media online, televisi, maupun film. Akhir-akhir ini pembuat konten semakin banyak jumlahnya, sehingga penggunaan motion grafis pun semakin meningkat seiring dengan peningkatan teknologi dan ragam konten video. Contoh motion grafis mulai darii iklan, logo animasi, cuplikan, presentasi, video promosi, video tutorial, situs web, aplikasi, video game, spanduk, hingga GIF

Itulah lima jenis desain grafis yang wajib anda ketahui. Pahami setiap jenisnya dan temukan dimana bakat dan minat anda di bidang desain grafis yang sesungguhnya.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top