fbpx
Ilustrasi SEO
Ilustrasi SEO

Bagi para content writer pasti sudah tidak asing lagi dengan SEO. Teknik yang satu ini sudah menjadi keharusan untuk diterapkan di suatu website. Dimana Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu metode yang paling ampuh menempatkan suatu website di laman teratas mesin pencarian. Berada diposisi tersebut memang menjadi impian semua pengelola website, karena tanda dari eksistensi suatu website bisa dilihat dari posisi di laman mesin pencarian. Bahkan tidak hanya tentang posisi, SEO juga diterapkan demi meningkatkan trafik suatu website. Dengan begitu suatu website akan dikunjungi oleh lebih banyak pengguna internet. Terutama bagi pemilik situs belanja baik produk maupun jasa, sudah pasti berlomba-lomba mengoptimalkan Penerapannnya SEO. Mencari teknik SEO terbaik demi keberlangsungan suatu website.

Zaman sekarang kira-kira website mana yang tidak menerapkan SEO?  Bagi kalian yang aktif berselancar di media online, terutama bagi pemilik website yang mengikuti perkembangan teknologi, pasti sangat cinta dengan teknik tersebut. Hal yang didambakan oleh pemilik website ketika memiliki nilai yang tinggi, sehingga bisa melesatkan posisi website di puncak mesin pencarian, seperti Yahoo, Google, Bing, dan lain-lain. Perlu diketahui, kebebasan akses dan jangkauan informasi, terutama terkait SEO perlu dipahami kembali. Hal tersebut dikarenakan tak semua informasi dapat berpengaruh signifikan terhadap posisi website anda.

Baca Juga : Makin Meresahkan! 3 Bahaya Deepfake yang Perlu Anda Ketahui dan Bagaimana Mendeteksinya

Kehadiran SEO Specialist

Menurut wikipedia sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama terkait jaringan internet. SEO semakin dibutuhkan demi menunjang perputaran bisnis di media online alias berbasis web. Semua pihak berlomba-lomba untuk berada di posisi teratas Din laman mesin pencarian agar mendapat popularitas dan kredibilitas tinggi di mata calon konsumen. Hal semacam ini akhirnya dimanfaatkan oleh pihak lainnya untuk menyediakan jasa optimalisasi SEO bagi para pelaku bisnis berbasis internet.

Sekarang ini informasi terkait saran maupun info lengkap seputar SEO banyak disebarkan di internet. Para SEO Specialist sudah gencar memberikan tips dan trik terkait penerapan SEO yang baik dan benar. Bentuk informasi apapun perlu kita saring kembali karena belum tentu semuanya relevan. Begitupun terkait SEO, belum tentu apa yang diinfokan berdampak pada kenaikan posisi website di mesin pencarian. Perlu hati-hati, beberapa diantaranya bisa saja  hanya berupa mitos.

Informasi yang menyebar terkait SEO sangat beraneka ragam. Mulai dari hal yang benar-benar harus diperhatikan, sesuatu yang sebenarnya tak berdampak apa-apa, sampai yang malah merugikan. Sebagai pengguna kita perlu memiliki wawasan yang luas agar tidak keliru nantinya. Jangan sampai terpaku pada sesuatu hal yang sebenarnya mitos. Menang sebenarnya mitos tersebut tidak semuanya memberika dampak negatif. Tapi tetap harus diluruskan, jangan sampai nantinya bukan mengotimalkan malah akan buang waktu sia-sia.

Baca Juga : 6 Contoh Content Marketing Brand yang Outstanding di Indonesia

Mitos seputar SEO

Parahnya, informasi seputar SEO ada juga yang ternyata menjerumuskan. Memberikan dampak negatif kepada website yaitu terkena pinalti dan dihapus dari pencarian Google. Hal seperti ini bisa terjadi akibat penerapan yang keliru sehingga pihak Google menganggap website anda memberikan spam atau bahkan membahayakan. Tentu saja efeknya berbanding berbalik dengan tujuan awal. Website anda bukannya berada di posisi teratas, tetapi tidak akan muncul sama sekali ketika search kata kunci yang sebelumnya digunakan.

Sebenarnya mitos seputar SEO mendorong para penggunanya untuk meningkatkan pemahaman. Mau tak mau, suka tak suka, harus dipelajari lebih lanjut agar tak mengalami berbagai macam kekeliruan. Penggunaan SEO sendiri dibilang mudah tak sepenuhnya mudah, dibilang rumit tak sepenuhnya rumit. Intinya perlu pemahaman yang benar agar tujuan dari penggunaannya bisa terealisasikan dengan baik. Ketika seseorang memang sudah benar-benar paham maka ketika mendapatkan informasi sebanyak apapun sudah bisa membedakan mana yang benar-benar akan berpengaruh dan mana yang berpotensi menjerumuskan.

Jangan sampai ada korban akibat kekeliruan tersebut. Untuk itu mari kita bahas mitos-mitos seputar SEO yang paling sering beredar. Let’s Check Out

1. Semakin banyak keyword, semakin bagus

ilustrasi penggunaan keyword
ilustrasi penggunaan keyword

Ada beberapa pihak yang beranggapan bahwa jumlah keyword berbanding lurus dengan tingkat SEO. Perlu ditekankan bahwa anggapan tersebut keliru. Mungkin hal tersebut bisa banyak diyakini akibat keyakinan bahwa ketika suatu konten memiliki banyak kata kunci, maka Google akan lebih mudah mendeteksi, sehingga akan mudah dicari dan pada akhirnya posisi konten tersebut akan berada dipuncak. Tetapi nyatanya tak seperti itu. Cara tersebut tidak relevan untuk diterapkan saat ini.

Jika penggunaan banyak keyword diterapkan di awal-awal ketika google baru memperkenalkan algoritma, mungkin cara seperti itu akan berdampak signifikan. Namun untuk keadaan seperti saat ini tidak akan berpengaruh banyak. Keyword Memnag menjadi komponen buang cukup penting, tapi bukan berarti penggunaannya berdasarkan jumlah.

Faktanya, saat ini algoritma google bukan menitikberatkan kepada keyword, tetapi jumlah user yang berkunjung ke suatu website. Oleh karena itu tak perlu menggunakan keyword terlalu banyak apalagi secara berulang. Pastikan para pengunjung website bisa merasakan pengalaman sebaik mungkin ketika menjelajahi website anda. Dengan demikian website bisa melesat ke posisi teratas di laman mesin pencarian terutama Google.

2. Meta keyword wajib dipasang

Ilustrasi penggunaan meta keyword
Ilustrasi penggunaan meta keyword

Sebenarnya pemasangan meta keyword merupakan hal yang sah-sah saja untuk dilakukan. Hanya saja kata wajib bisa membuat keliru banyak pihak. Faktanya tidak ada yang salah ketika seseorang mau atau tidak memasang meta keyword.

Ada hal yang perlu dipahami terkait meta keyword. Sebenarnya meta keyword dapat membantu Google bot mengidentifikasi setiap keyword yang digunakan di suatu halaman website. Ketika meta keyword dipasang, secara tidak langsung membuka sedikit celah strategi yang digunakan kepada pihak luar alias kompetitor. Hal tersebut disebabkan karena script HTM dari meta word mudah terlihat oleh kompetitor ketika berkunjung ke website anda. Sehingga kompetitor berkemungkinan mengintip strategi yang sudah anda terapkan sebelumnya.

3. Nama domain yang sama dengan keyword memiliki peringkat yang lebih baik.

Ilustrasi domain
Ilustrasi domain

Ketika nama domain sesuai dengan keyword yang dipilih memang memiliki pengaruh yang cukup positif. Cara tersebut memang benar dan berpotensi menaikan posisi website. Hanya saja tidak bisa diterapkan dalam segala situasi dan kondisi. Tentu saja akan terasa aneh jika nama domain website harus mirip apalagi sama dengan setiap keyword yang digunakan. Hati-hati, bukan hanya aneh, ketika cara tersebut dilakukan terus menerus ternyata akan menimbulkan dampak negatif. Keyword di website tersebut akan menurunkan kredibilitas brand. Para customer akan kebingungan membedakan antara nama brand dan produk yang merek cari di mesin pencarian.

4. SEM membantu menaikan peringkat website secara permanen

Ilustrasi SEM
Ilustrasi SEM

Serupa dengan cara sebelumnya, SEM (Search Engine Marketing) memang berpengaruh positif dan dapat membantu menaikan posisi website di laman mesin pencarian. Tetapi penerapan SEM tidak memberikan dampak secara langsung ketika mengoptimalkan SEO. Anggapan bahwa SEM membantu menaikan peringkat website secara permanen tidak salah, tetapi kata “permanen” tersebut dapat menimbulkan kekeliruan.

Ketika menerapkan SEM, suatu website akan muncul ketika keyword yang diketik di mesin pencarian memang sesuai dengan apa yang digunakan sebelumnya. Hal seperti ini akan mempermudah seseorang menemukan website anda. Terlebih jika kata kunci yang Anda gunakan mudah diingat, sehingga mungkin saja lama kelamaan tersimpan di memori para pengguna internet.

Selain itu, dengan menerapkan SEM, dapat meningkatkan trafik suatu website dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada user. perlu diingat manfaat-manfaat SEM yang tadi disebutkan akan berjalan ketika kampanye dilakukan. Otomatis ketika berakhir, manfaat yang diterima pun tak akan berlangsung. Itulah mengapa kata permanen kurang tepat untuk cara ini.

5. Terlalu banyak backlinks akan memberikan efek negatif pada peringkat website

Ilustrasi backlink
Ilustrasi backlink

Cara seperti ini bisa dianggap mitos apalagi dengan keterbaruan algoritma google. Pihak Google memperjelas rambu-rambu terkait dengan backlink pada website. Diharapkan bagi para pemilik atau pengelola website tidak menanamkan backlink terlalu banyak. Tetapi yang perlu digarisbawahi adalah backlink yang tak jelas sumbernya. Artinya jangan sampai menanamkan backlink yang dapat mengganggu kenyamanan user ketika berkunjung ke website anda. Pastikan backlink yang ditanamkan serupa atau berhubungan dengan konten yang tertera. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar pihak Google tidak menganggap hal tersebut sebagai spam atau bahkan mengarah pada scamming.

Jumlah backlink harus diperhatikan. Jika banyak dianggap lebih dari satu dan tidak berlebihan maka masih diperbolehkan. Sebenarnya bukan jumlah backlink itu sendiri yang berpengaruh pada turun atau naiknya peringkat website, melainkan kenyamanan user yang bisa terganggu atau tidak dengan jumlah backlink yang ditanamkan. Hal tersebut dikarenakan algoritma google menitikberatkan pengalaman user, sehingga jika backlink yang ditanamkan berkualitas dan menarik perhatian user, maka peringkat website pun akan naik

6. Google Tidak Selalu Bisa Menemukan Konten Baru Anda

Ilustrasi search di Google
Ilustrasi search di Google

Pernyataan seperti ini bisa dikategorikan sebagai mitos seputar SEO yang bisa menggiring ke pemahaman yang keliru. Memang banyak orang yang menganggap setiap ada konten baru yang dibentuk maka hal tersebut akan bisa langsung membuat Google mengcapture konten tersebut dan memasukannya dalam index di mesin pencarian. Pernyataan tersebut tidak salah, tetapi perlu disadari bahwa kenyataan tersebut tidak sepenuhnya baik. Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya banyak sekali pesaing dengan konten yang serupa, oleh karena itu akan terjadi tumbang tumbuh di setiap detik konten terbentuk. Anda sebaiknya mempertimbangkan setiap faktor yang akan meningkatkan kualitas konten Anda sendiri. Sehingga Google akan mendeteksi lebih baik dan peringkat website anda akan meningkat secara signifikan.

Itulah enam hal yang perlu anda cermati kembali agar meningkatkan pemahaman terkait SEO. Mitos diatas bukan berarti 100% salah, tetapi perlu dicermati kembali tingkat efektivitasnya. Untuk apa dilakukan jika tidak bisa meningkatkan peringkat website anda secara signifikan. Banyak cara valid lain yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO dan melesatkan website anda ke posisi teratas laman mesin pencarian. Intinya pemahaman yang baik akan mengantarkan anda menuju tercapainya tujuan secara optimal.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top