fbpx
Digital Marketing
Ilustrasi Digital Marketing

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat tidak bisa dipungkiri semakin menciptakan banyak kemudahan untuk manusia. Segala sesuatu bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan internet, bisa dibilang saat ini segala rutinitas manusia sudah tidak bisa dipisahkan dengan internet alias serba online. Kegiatan ekonomi seperti jual beli pun bisa dengan mudah dilakukan secara online. Siapapun bisa membeli barang yang diinginkan hanya dengan menggunakan smartphone dan sekali klik otomatis membeli. Kemudahan tersebut tidak hanya dirasakan oleh pihak konsumen. Pihak produsen dan distributor pun dimudahkan dengan adanya media online. Hingga pada akhirnya muncul istilah digital marketing. Dimana kegiatan promosi atau pemasaran bisa dengan mudah dilakukan secara online.

Sebelum adanya era digital marketing, para penjual biasanya melakukan promosi atau pemasaran secara langsung. Dimana kita ketahui bersama teknik tersebut bukan hanya memerlukan energi yang besar dan juga biaya operasional yang tinggi. Dengan adanya media online, selain bisa memperkenalkan produk maupun jasa dengan cara yang lebih prakti dan mudah, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih rendah.

Jangan sampai salah paham, dengan segala kemudahan yang ditawarkan digital marketing, perlu strategi yang cerdik dalam penerapannya. Media online yang mempunyai jangkauan bebas dan luas, perlu mempunyai strategi khusus agar produk atau jasa yang diterapkan dapat sampai sesuai dengan segmentasi konsumen yang diterapkan. Sehingga bisa dengan jelas menjangkau orang-orang yang memang berpotensi menjadi konsumen.

Sekarang ini memang penerapan digital marketing sudah menjadi keharusan, dimana media online bahkan sudah menjadi media yang paling digunakan dibanding media cetak dan elektronik. Para pelaku bisnis mau tidak mau menerapkan karena peluang mendapatkan konsumen sangat besar, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Pengertian Digital Marketing

Menurut wikipedia, digital marketing atau yang bahasa indonesianya pemasaran digital adalah suatu usaha dimana bertujuan untuk memperkenalkan atau mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital, sehingga bisa dijangkau oleh konsumen dengan jangkauan luas dan tepat secara segmentasi yang ditetapkan. Digital Marketing merupakan salah satu strategi yang sangat tepat untuk diterapkan di era globalisasi ini.

Anda bisa menjadikan Digital marketing sebagai salah satu cara yang efektif untuk menjangkau traget yang sesuai. Paling tidak sebelum sampai kepada target yang benar-benar dituju, para pengguna internet yang berasal dari beragam kelas umur akan mengetahui, sehingga membuat merek dagang lebih terkenal. Pada akhirnya akan menetap di hati para pengguna internet, dan lama kelamaan menjadi menjadi konsumen tetap.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Jenis Jenis Digital Marketing

Seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya dunia, digital marketing pun semakin berkembang. Kini digital marketing terdiri dari 4 jenis, yaitu sebagai berikut :

  1. SEM (Search Engine Marketing)
Ilustrasi Search Engine Marketing
Ilustrasi Search Engine Marketing

Apakah anda pernah melihat iklan di laman paling atas ketika sedang search suatu hal di mesin pencarian? Jika anda memperhatikan sering sekali muncul. Bagian tersebut memang selaras dengan kata kunci yang dicari. Ketika coba diklik bukan menampilkan informasi terkait kata kunci, melainkan akan menuju ke market place. Hal yang dimaksud merupakan yang dinamakan dengan SEM (Search Engine Marketing) Pengertian dari SEM merupakan strategi mengoptimalkan mesin pencarian untuk membuat website berisi iklan berada di laman pertama, sehingga nantinya akan lebih mudah ditemukan oleh para calon pembeli. walaupun tidak semua iklan berhasil menempati posisi tertinggi di laman mesin pencarian seperti google, setidaknya dengan menerapkan SEM akan berada di posisi yang lebih baik.

SEA bisa diterapkan dengan dua teknik, yaitu dengan SEO (Search Engine Optimization) dan SEA (Search Engine Advertising). SEO yang berarti strategi untuk mengoptimalkan mesin pencarian secara bebas dan gratis agar website berada di laman teratas mesin pencarian, seperti Google, Bing, dan lain-lain. SEO sendiri terdiri dari dua macam yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Sedangkan SEA yaitu berarti strategi untuk mengoptimalkan mesin pencarian dengan cara memasang iklan berbayar. Pada umumnya pada Google dikenal dengan Google AdSense alias Google Ads.

2. Content Marketing

Ilustrasi Content Marketing

Content marketing dikenal sebagai pemasaran secara online yang difokuskan dengan membuat konten. Dimana konten yang dibuat berupa konten yang relevan dengan apa yang dipasarkan, konsisten, dan menarik secara visual. Hal tersebut bertujuan agar nantinya konten yang dihasilkan akan menarik untuk dilihat oleh para pengguna internet yang berpotensi menjadi calon pembeli. Kemudian akan didistribusikan seluas-luasnya melalui internet. Harapannya pada akhirnya para pengguna internet tersebut tertarik untuk melihat konten tersebut dan terpengaruh untuk membeli atau menggunakan apa yang ditawarkan.

Biasanya pada blog atau website akan menyediakan konten pada umumnya yang berupa artikel, namun selain itu juga bisa berupa gambar ataupun video. Artikel tersebut akan memberikan pengetahuan dan manfaat bagi para pembaca, kemudian akan disisipkan kata-kata persuasif yang bisa mempengaruhi pembaca untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan.

3. Social Media Marketing

Ilustrasi Social Media Marketing

Kini media sosial semakin marak digunakan. Tak heran mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sudah biasa untuk menggunakan sosial media. Bahkan menggunakan media sosial sudah seakan menjadi rutinitas kehidupan sehari-hari. Sudah tidak aneh juga jika bayi baru lahir memiliki media sosial walaupun sebenarnya dihandle oleh orang tuanya. Fenomena seperti itu menunjukan bahwa pengguna media sosial luar biasa banyak. Bahkan untuk media sosial yang sedang booming, orang berlomba-lomba membuat akun serasa tak mau kalah dan tak ingin ketinggalan zaman. Di sisi lain ada pihak lain yang menjadikan hal tersebut sebagai peluang untuk memasarkan produk secara online melalui media sosial.

Saat ini sudah menjamur strategi pemasaran melalui berbagai media sosial mulai dari Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, Tiktok, dan lain-lain. Flatform tersebut memberikan fasilitas gratis untuk siapapun memasarkan produk maupun jasa. Selain itu, ada juga menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk maupun jasa melalui media sosialnya. Dengan pengikut yang sudah banyak memberikan jaminan bahwa apa yang diposting akan dilihat oleh lebih banyak orang. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh juga terhadap jumlah konsumen.

4. Email Marketing

Ilustrasi Email Marketing

Email marketing adalah pemasaran online yang dilakukan dengan cara mengirim email kepada para calon konsumen yang bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon klien dan menjadikan mereka menjadi pelanggan setia kamu. Apakah anda mengetahui jika di email ada bagian promosi? Jika buka bagian tersebut, maka akan muncul berbagai promosi yang telah masuk ke alamat email anda. Mulai dari memperkenalkan varian produk baru hingga beragam potongan harga, sehingga bisa menarik pelanggan. Biasanya juga disertai link, dimana ketika diklik akan diarahkan menuju website atau aplikasi tertentu. Hal seperti itulah yang disebut sebagai email marketing.

Seperti itulah jenis-jenis dari digital marketing. Bagi anda para pelaku bisnis jangan sampai ketinggalan untuk menerapkan digital marketing. Perlu diingat bahwa penerapan digital marketing tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, perlu pemahaman mendalam agar bisa berjalan secara optimal. Siapapun bisa menerapkan digital marketing dengan bebas, yang membedakan hanya jenis strategi yang digunakan. Dimana saat ini orang berlomba-lomba untuk menerapkan strategi yang paling cerdik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top