fbpx
Ilustrasi desain web
Ilustrasi desain web

Pertumbuhan website semakin hari semakin berkembang. Jumlah website sekarang ini sudah tak terhitung. Jenis kontennya pun sudah sangat beragam, mulai dari website edukasi, gaming, pariwasata dan masih banyak lagi. Website yang memiliki konten serupa berlomba-lomba agar menjadi Website yang paling dikenal. Sebelum menyediakan konten yang kreatif dan inovatif, biasanya memastikan terlebih dahulu desain website yang diterapkan sudah cukup menarik perhatian pengguna internet.

Teknologi yang semakin berkembang mempermudah kita untuk mengetahui tren apa yang sedang berkembang di tengah masyarakat. Tak perlu khawatir terkait design, saat ini teknologi juga sudah menyediakan banyak alat desain website yang mumpuni. Mengikuti tren akan menandakan bahwa anda mengikuti perkembangan zaman. Desain yang usang tak lagi bisa diterapkan jika ingin mempercantik web anda. Namun berbeda keadaan jika desain usang anda modifikasi kembali disesuaikan dengan keadaan sekarang, maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat menarik. Penting untuk cepat tanggap dan peka agar selalu refresh terhadap desain website.

Setiap tahun pasti akan muncul tren-tren baru, termasuk mengenai desain website. Kita ketahui bersama bahwa desain suatu web merupakan hak pertama yang akan diperhatikan oleh para pengguna internet. Sebelum sempat membaca atau menjelajah website, desain website itu sendiri pasti akan membuat kesan pertama bagi penglihatan para pengunjung. Hal tersebut membuat website wajib memiliki konsep desain yang menarik, unik dan mengikuti perkembangan zaman.

Inspirasi web design menjadi hal yang penting. Kita ketahui bersama bahwa perkembangan inspirasi terhadap desain akan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan tren berjalan sangat dinamis. Bisa saja tren yang pernah booming beberapa tahun lalu bisa menjadi tren kembali di tahun ini atau tahun berikutnya. Terutama bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia desain website, pasti sudah cukup peka dengan beragam perubahan tren.

Baca juga : 5 Hal Important terkait Mobile Learning, Pembelajaran Super Intriguing?

Pengertian desain website

Menurut wikipedia perancangan web (web design) adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari mendesain website adalah untuk membuat website yang berisi sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.

Baca Juga : Bahas Tuntas Tiktok vs Instagram: Mana yang Paling Popular di Tahun 2021

Tren desain website 2021

Memasuki tahun 2021 ini, maka tren desain grafis pun akan berbeda dari tahun sebelumnya. Bagi para pemilik website jangan lupa untuk segera percantik website Anda sekarang dengan trend design web. Membuat orang terpesona dengan tampilan baru yang refresh. Dimana tren tersebut yang akan banyak dipakai di 2021 alias booming. Dijamin, inspirasi desain website 2021 berikut ini akan sukses membuat website Anda makin trendy.

Beragam mode mungkin menjadi tren di tahun ini. Tentu saja harus diantisipasi apapun tren desain website yang mungkin terjadi. Dimana mode-mode tersebut dikolaborasikan dengan sistem modernisasi dan teknologi yang berkembang. Sudah penasaran ingin tahu apa saja web design yang bisa mengindikasikan anda ditahun 2021? Tak perlu bingung menentukan yang terbaik dan bisa langsung dicoba. Ada tren-tren yang sudah tidak asing di zaman yang serba canggih ini. Tren lama yang kembali bangkit atau tren baru yang siap booming. Mari kita simak bersama-sama kumpulan web design inspiration 2021 terbaik berikut ini. Let’s Check Out

1. Mode gelap

Ilustrasi mode gelap

Mode gelap menjadi tren saat ini, terkesan simple tapi cukup menarik perhatian. Menciptakan ketenangan tersendiri bagi penglihatan dengan memaksimalkan rasio kontras. Selain menjadi warna yang simple, mode gelap akan didominasi dengan warna hitam sehingga akan lebih leluasa jika dikombinasikan dengan warna apapun.

Latar belakang gelap memiliki keunggulan akan menghidupkan elemen-elemen warna lainnya. Tampilan pekat meningkatkan visual sekaligus meminimalkan ketegangan pada mata. Sehingga para pengunjung akan lebih nyaman untuk melihat, membaca, atau menjelajah konten di website anda.

2. Skema Warna Gradien

Ilustrasi gradien
Ilustrasi gradien

Warna pada desain web pada umumnya akan dicocokkan terlebih dahulu dengan jenis konten atau filosofis dari terbentuknya website tersebut. Kini warna yang digunakan banyak dimodifikasi. Desainer website bebas bereksperimen dengan warna-warna yang dianggap cocok, tentunya menyesuaikan jenis warna yang sedang banyak disukai.

Gradien warna menjadi salah satu jurus andalan bagi para desainer grafis untuk memodifikasi suatu warna. Sebelumnya warna yang dianggap biasa saja akan “disulap” menjadi warna yang lebih soft atau mencolok, bahkan kombinasi keduanya. Bersiap-siaplah untuk melihat jenis warna gradasi yang akan banyak menghiasi desain website di tahun 2021. Desain warna akan dibuat menarik sedemikian, diperhalus, dan dikombinasikan dengan elemen yang sesuai.

Mode gradien warna akan mengarah pada pembuatan desain web duotone yang khas. Konsep seperti ini akan memberikan kesan yang terlihat hebat, selain itu memberikan ciri khas tersendiri. Apalagi jika penggunaan warna dan pemilihan filosofi yang tidak sembarang, pasti akan menambah kesan mendalam.

3. White Space

Ilustrasi white space
Ilustrasi white space

Penggunaan white space memberikan kesan luas pada desain web anda. Warna putih memberikan keleluasaan bagi para pengunjung website untuk melihat maupun membaca konten. Baik gambar maupun tulisan akan terlihat lebih jelas dan lebih mudah untuk dibaca. White Space akan memberikan ruang dengan elemen-elemen penambah lainnya. Desain seperti ini tak harus selalu dipadupadankan dengan hal-hal yang memiliki warna mencolok, bisa ditambahkan sedikit element lain agar tak terkesan kosong, tapi jangan terlalu berlebihan agar tak menghilangkan efek keleluasaan.

4. Vintage

Ilustrasi konsep vintage
Ilustrasi konsep vintage

Terkadang suatu hal yang dianggap tua semakin lama semakin terlihat antik, sehingga jika bisa memadupadankan dengan baik akan membuat desain lebih menarik. Jika melihat kembali, konsep-konsep tahun sebelumnya yang dianggap tua, menyadarkan kita bahwa desain tersebut jauh lebih sederhana.

Saat ini orang-orang tertarik untuk menerapkan sesuatu dengan sistem minimalism. Hal tersebut membuat konsep atau mode vintage akan bermunculan kembali dan menjadi tren untuk bernostalgia. Membawa audience bernostalgia lebih dari sekedar mengembalikan kenangan yang telah lalu, tetapi juga menyajikan karya vintage dengan sentuhan modern. Kombinasikan warna dan tipografi vintage dengan ilustrasi kontemporer untuk memberi kesan yang ultra-trendy pada website Anda.

5. Human Face

Ilustrasi mode human face

Apakah kamu sebelumnya pernah membayangkan bahwa suatu website akan didominasi oleh wajah seseorang? Sekarang konsep seperti itu sudah banyak digunakan dan menjadi tren. Sampai tahun ini pun, tren tersebut masih menjadi andalah para desainer web. Dengan penerapan semacam itu, website terlihat lebih powerful. Tak heran hingga saat ini masih menjadi tren desain web.Salah satu alasannya, website dengan human face mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Buktinya, Medalia Art berhasil meningkatkan konversi hingga 95% setelah mereka menggunakan wajah manusia pada landing page mereka.

Itulah prediksi tren desain untuk tahun 2021. Tren tersebut wajib dicoba agar desain web anda tidak terlihat boring. Konten yang menarik akan kurang baik jika tidak dibarengin dengan desain grafis yang unik. Jangan lupa untuk selalu melihat perkembangan dan menerapkan tren desain web sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top