fbpx

Thumbnail Youtube dapat dikategorikan sebagai indikator yang sangat penting karena thumbnail akan menjadi first-impression bagi video Anda. Thumbnail juga berfungsi layaknya baliho atau banner yang mempromosikan video. Jika Anda maksimalkan, efektivitasnya cukup besar untuk menarik pengunjung meng-klik video. Thumbnail yang eye-catching yang diiringi dengan judul yang baik akan menarik lebih banyak pengunjung untuk menonton video Anda sekaligus menarik perhatian pengiklan. Untuk itu, Anda perlu membuatnya semenarik mungkin. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Pastikan gambar thumbnail mencerminkan isi dari video Anda. Jika tidak, viewers akan segera pergi dan menilai video Anda buruk akibat terkena “clickbait”. Hal ini akan mengakibatkan video Anda akan lebih sulit ditemukan di Youtube.
  • Imbangi dengan judul yang menarik yang selaras sehingga menghadirkan cerita yang menarik
  • Pastikan ukuran image tidak lebih dari 2 MB namun memiliki resolusi yang baik yakni 1280 x 720 piksel (rasio 16:9) dalam format .JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG

Kali ini, Bootsol akan memberikan beberapa inspirasi thumbnail Youtube yang eye-catching dan clickable. Berikut informasi selengkapnya.

Baca Juga: Super Important, 5 Tips SEO untuk YouTube ini Wajib Diterapkan

Inspirasi Thumbnail Youtube yang Eye-Catching & Clickable

Setelah Anda mengupload video ke Youtube, Youtube akan memberikan rekomendasi thumbnail secara otomatis. Namun, 90% video dengan performa terbaik menggunakan thumbnail custom. Maka, Anda dapat meniru dan memodifikasi contoh-contoh thumbnail berikut ini.

1. Aturan Sepertiga

Pengambilan Gambar dengan Aturan Sepertiga
Pengambilan Gambar untuk Thumbnail Youtube dengan Aturan Sepertiga

Aturan sepertiga adalah aturan yang biasanya diterapkan pada teknik fotografi, tapi hal ini juga sangat berguna dalam pengambilan gambar. Dalam aturan sepertiga, frame dibagi menjadi 9 persegi. Hal ini memudahkan para pembuat video pemula untuk memposisikan objek sehingga menghasilkan gambar yang menarik dan dinamis. Setelah Anda memilih gambar, Anda dapat menambahkan teks deskriptif atau identitas branding Anda (nama, logo, atau watermark). Pastikan font yang Anda pilih jelas dan mudah dibaca.

Tipsnya, Anda perlu memikirkan mau seperti apa thumbnail yang akan Anda tampilkan sebelum memproduksi video sehingga lebih mudah pada tahap pembuatan thumbnail. Anda juga bisa membuat beberapa gambar thumbnail sehingga Anda dapat memilih dari beberapa pilihan gambar sebelum mengupload gambar thumbnail.

2. Klip Paling Menarik dan Ekspresif

Opsi thumbnail Youtube yang selanjutnya adalah dengan memilih gambar dari klip terbaik dalam video Anda. Anda juga bisa memilih gambar saat subjek dalam video Anda menunjukan wajah yang begitu ekspresif. Hal ini akan menarik pengunjung untuk meng-klik video Anda karena penasaran dengan apa cerita dibalik ekspresi tersebut.

Jika banyak hal yang terjadi pada video Anda, Anda dapat mengkombinasikan beberapa gambar dari klip-klip terbaik di video Anda. Anda dapat melihat contoh beberapa thumbnail vlog dan video travel. Berikut adalah thumbnail dari Youtuber Krist Yoo (Krist & yu) untuk vlog travelnya di Jepang. Krist mengkombinasikan beberapa gambar dari apa saja yang terjadi di videonya, commute menggunakan kereta, berkuliner di pasar tradisional, serta shopping bersama Ayahnya.

Thumbnail Youtube dengan kombinasi gambar dari clip terbaik yang menarik dan ekspresif
Source: Youtube

3. Thumbnail Template

Jika Anda sedang kehabisan ide, Anda dapat mencoba menggunakan beberapa website desain grafis seperti Canva, Gravit Desygner, Visme, Picmaker, dan Fotojet yang menyediakan template-template menarik untuk thumbnail Youtube. Anda bisa melihat-lihat dan menggunakan template yang sesuai dengan kebutuhan video Anda.

Baca Juga: Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views

4. Subject Focus

Subject Focus Thumbnail Youtube
Source: Youtube

Inspirasi thumbnail Youtube yang selanjutnya adalah subject focus. Anda bisa memotong gambar subjek utama pada video Anda, kemudian memberikan background berwarna serta kata-kata atau keyword agar lebih menarik. Untuk membuatnya Anda perlu mengedit gambar secara manual menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop. Namun jika Anda belum menguasai software desain grafis, Anda bisa menggunakan website atau aplikasi desain grafis seperti Picmaker. Anda bisa melihat contoh thumbnail dari Youtuber Kiana Docherty yang menjelaskan tentang model plus-size terkenal asal Amerika Serikat bernama Tess Holiday yang telah menjadi representasi yang buruk serta membahayakan fansnya.

5. Contrast Create Focus

Apakah Anda familiar dengan frasa di atas? Ya, hal yang bertolakbelakang akan menghadirkan rasa ingin tahu dan membuat viewers lebih memperhatikan video Anda untuk mengetahui alasannya. Anda dapat menampilkan gambar yang bertolak belakang dengan judul yang Anda buat. Namun hati-hati! Anda harus memiliki alasan untuk menjustifikasi thumbnail yang Anda gunakan. Jika tidak, viewers akan segera pergi karena terkena “clikbait”. Contoh penggunaan thumbnail seperti ini adalah video sains dari Vsauce yang menampilkan warna kuning polos pada thumbnailnya, tapi anehnya video ini berjudul “This is Not Yellow”.

Itulah 5 inspirasi thumbnail Youtube yang dapat Anda gunakan untuk video Youtube Anda. Bagaimana menurut Anda? Silahkan berpendapat di kolom komentar!

Baca Juga: 5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top