fbpx

Desain merupakan aktivitas yang dilakukan individu pada sebuah media dengan menyalurkan kreativitas sehingga menghasilkan sebuah output. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memaparkan definisi desain dengan kerangka bentuk dan rancangan. Hal ini menjadikan desain memiliki makna dan peran penting sesuai dengan tujuan awal sebelum merancang sebagai bahan input.

Desain pada Software

Proses pembuatan desain umumnya didasarkan pada software atau perangkat lunak dengan fitur-fitur yang mendukung dan professional dalam membuat sebuah desain yang memang dikhususnya untuk itu.

Dalam hal ini, software Ilustrator, Photoshop, dan Indesign merupakan keluarga Adobe yang cocok digunakan untuk membuat beragam desain setelah melakukan research mengenai desain yang akan dibuat entah itu grafik desain ataupun grafik vektor, mencari teori desain atau tutorial yang dapat ditemukan di youtube atau blog, dan menentukan desain favorit apakah itu ilustrasi, logo, 3D Modeling, UI/UX, dan sebagainya.

Baca Juga : Yuk Intip 5 Tools Desain Untuk Pemula Yang Bikin Desain Kamu Lebih Eye-Catching

3 Perbedaan Jenis Software Desain

Adobe Ilustrator (Ai)

Desain pada Software.
Logo Software Ilustration. Sumber: Adobe

Software ini menjadi salah satu perangkat lunak yang menjadi kegemaran para designer atau desain grafis (karena memiliki fungsi sebagai karya grafis). Dikutip dari webnya, Adobe Ilustrator merupakan software yang berbasis digital vektor. Dalam arti lain, Ai tidak bekerja dalam satuan atau tingkat piksel, melainkan menggunakan baris.

Kelebihan dari Adobe Illustrator ini akan tetap memiliki kualitas detail gambar yang masih oke meskipun di resize mengingat kemudahan Ai untuk pemula terjadi karena terintegrasi dengan software adobe yang lain sehingga lebih memudahkan project antar software.

 Walaupun begitu, hal ini hanya berlaku pada output atau hasil grafis. Tips sederhananya bisa di save as, file name pilih pdf, klik save. Kemudian pada PDF preset pilih High Quality Print dan hapus centang preserve illustrator editing capabilitynya. Setelah itu save kembali. Untuk hasil diluar sana seperti foto memang tidak direkomendasikan.

Berikut ini beberapa jenis karya atau output yang dapat memaksimalkan desain.

  • Logo, Flyer, Banner, Packaging, Poster, Carousel
  • Vector Art / Illustration Asset Animasi / Motion Graphic
  • Font

Adobe Photoshop

Logo Software Photoshop. Sumber: Adobe

Software ini merupakan salah satu yang paling populer baik pada kalangan awam maupun para editor desain. Seiring dengan popularitasnya tersebut, tak jarang dijumpai bahkan sebagian atau kebanyakan orang kurang tepat dalam pengaplikasiannya.

Walaupun begitu, Adobe Photoshop memiliki kelebihan yang mudah dipelajari dan juga dioperasikan yang banyak ditemukan tutorialnya di Youtube maupun blog. Biasanya mereka yang menggunakan ini suka mengedit bagian imperfect pada suatu objek menjadi visual yang lebih baik.

Misalnya, editor mengedit tekstur wajah seperti bruntusan dan jerawat yang terlihat dari hasil fotografer.

Tidak seperti Adobe Illustrator, sesuai namanya Photoshop sangat amat diunggulkan untuk mengedit atau mendesain sebuah gambar atau foto sebab perangkat lunak ini bekerja dengan berbasir raster atau bisa dibilang bekerja pada tingkat piksel yang dapat dengan mudah diubah.

Berikut ini beberapa jenis karya atau output yang dapat memaksimalkan desain.

  • Digital painting
  • GIF dan animasi singkat
  • Retouch foto, digital imaging
  • Mock up design

Adobe Indesign

Logo Software Indesign. Sumber: Adobe

Adobe Indesign juga bagian dari pengembang dari Adobe System yang rilis pada 31 Agustur 1999 pada sistem operasi Mac OS X dan Microsoft Windows.

Penggunaan software ini bisa dibilang yang paling umum digunakan pada tingkat desain layout sebuah buku (e-book) atau publikasi. Jika seseorang menempuh pendidikan pada bidang yang menyangkut desain, sudah tidak diragukan bahwa mereka pasti akan mendapatkan tugas untuk melayout sebuah buku atau majalah.

Pengeditan tata letak ini sangat dimudahkan pada Indesign mengingat tak sedikit para penerbitan disepanjang jalan dapat ditemukan menggunakan software ini dengan kemampuannya untuk mengimport dan membuat gambar menjadi transparan yang cocok untuk mengolah berbagai proyek desain kecuali untuk logo.

Selain itu, perangkat lunak ini juga memiliki tipe dan opsi yang beragam untuk pencetakan warna dengan berbasis raster yang memudahkan pengguna untuk melihat preview gambar yang akan dicetak jika file disetel dengan benar dan jangan langsung di pdf-kan (karena tidak bisa diedit lagi) jika tidak sesuai.

Berikut ini beberapa jenis karya atau output yang dapat memaksimalkan desain.

  • Layouting buku / editorial
  • Presentation book
  • Presentation deck

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top