fbpx
Bahas Tuntas Tiktok vs Instagram: Mana yang Paling Popular di Tahun 2021
TikTok vs Instagram

Seperti yang diketahui, TikTok adalah aplikasi media sosial dimana penggunanya dapat saling berbagi konten kreatif berupa video pendek berdurasi sekitar 15 detik, sayangnya aplikasi ini mengemban citra negatif di masyarakat luas. Namun tidak bisa dipungkiri fakta bahwa Tiktok telah menjadi aplikasi dengan perkembangan tercepat masa kini.

Dari data tahun 2020, Tiktok telah diunduh sebanyak 2 milliar kali. Kepopuleran Tiktok perlahan mengubah stigma negatif masyarakat terhadap Tiktok yang awalnya hanya dianggap hanya sebagai aplikasi joget atau aplikasi ABG narsis menjadi aplikasi yang lebih “berfaedah”. Kini, konten-konten di Tiktok lebih bervariatif dan banyak yang menyuguhkan manfaat. Kepopuleran Tiktok diprediksi akan sama atau bahkan melampaui aplikasi media sosial lainnya seperti Instagram. Meski saat ini pengguna Instagram masih lebih tinggi dibandingkan Tiktok, jumlah pengguna baru Tiktok meningkat drastis dalam beberapa bulan terakhir hingga mengalahkan Instagram di paruh terakhir tahun 2020.

Di artikel kali ini, Bootsol akan menghadirkan informasi seputar persaingan Tiktok vs Instagram yang sedang menjadi topik hangat di dunia digital. Informasi lengkap mengenai TikTok vs Instagram adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 7 Aplikasi Produktivitas Belajar dan Bekerja yang Super Helpful

Tiktok

Awal Mula Aplikasi TikTok

Bahas Tuntas Tiktok vs Instagram: Mana yang Paling Popular di Tahun 2021
Source: Belifollowers

Sebelum pembahasan TikTok vs Instagram, kita akan mengenal TikTok lebih jauh terlebih dahulu. Mulanya, TikTok adalah gabungan dari 2 aplikasi asal China, yakni Musical.ly dan Douyin. Musical.ly adalah aplikasi buatan Alex Zhu dan Luyu Yang yang diluncurkan pada tahun 2014. Sekitar 70 juta orang mengunduh dan bergabung ke dalam komunitasnya hingga aplikasi ini menjadi populer dikalangan remaja Amerika Serikat dan China. Kemudian muncul aplikasi serupa bernama Douyin buatan pengembang ByteDance. Keduanya sepakat untuk bergabung membentuk aplikasi bernama TikTok pada November 2017. Menariknya, penggunaan nama TikTok hanya digunakan untuk menarik pasar internasional. Di China, aplikasi Douyin tetap hadir sebagai aplikasi terpisah.

Dalam perkembangannya, TikTok beberapa kali memicu kontroversi ditengah isu politik China. Pemblokiran TikTok diterapkan oleh pemerintah India sebagai buntut dari bentrokan di perbatasan China dan India tepatnya mengenai perebutan daerah sengketa di Lembah Galwan. Bentrokan yang menelan korban jiwa dari kedua belah pihak itu membuat Pemerintah India melakukan tindakan tegas, salah satunya adalah pemblokiran aplikasi TikTok. Padahal India adalah pengguna terbesar nomor 1. Setelah pemblokiran oleh India, Amerika Serikat melakukan tindakan serupa setelah hubungan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jin Ping memanas.

TikTok di Indonesia

Perkembangan aplikasi TikTok di Indonesia tergolong sangat cepat. Sejak Agustus 2020, Indonesia telah menjadi pengunduh pertama dengan angka 11% disusul oleh Brazil di angka 9%. Kepopuleran TikTok ini disebabkan oleh beberapa hal unik yang dimilikinya. Salah satu hal yang unik adalah algoritmanya yang berbeda dengan media sosial lainnya seperti Instagram dan Youtube. Algoritma TikTok terbilang unik karena aplikasi ini lebih terfokus pada kontennya, bukan berapa banyak pengikut dalam setiap akun. Hal ini membuat kualitas konten lebih dipentingkan ketimbang popularitas si pembuat konten. Konten yang bagus akan lebih mudah viral meskipun pengikut akun tersebut masih sedikit. Cukup unik bukan?

Perkembangan yang pesat aplikasi ini pun membuat para pelaku bisnis mulai dari UMKM hingga perusahaan besar melirik peluang content marketing yang terdapat di TikTok. Bahkan sudah banyak lowongan pekerjaan sosial media admin yang mensyaratkan kandidatnya dapat menguasai TikTok.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive

TikTok vs Instagram

Bahas Tuntas Tiktok vs Instagram: Mana yang Paling Popular di Tahun 2021
Source: Studio325

Perdebatan TikTok vs Instagram mulai merebak sejak beberapa bulan terakhir terutama sejak pandemi COVID-19. Hal ini disebabkan oleh fenomena Stay at Home yang membuat aplikasi TikTok menjadi aplikasi paling favorit bagi para generasi muda.

Pada awalnya, konten yang populer di TikTok hanyalah konten menari-nari, gerakan lucu, dan sinkronisasi mulut dengan lagu. Namun seiring bertambahnya pengguna, konten di TikTok pun kian beragam. Sudah banyak konten yang sifatnya menginspirasi dan mengedukasi. Mulai dari digital marketing, tips belajar, pembelajaran bahasa asing, memasak, hingga komedi, semua ada. Konten yang menarik dan bervariatif ini kemudian dapat dibagikan ke media sosial lainnya seperti Instagram dan Youtube. Anda pasti sering melihat video pendek di Instagram atau kompilasi video berlogo TikTok. Hal ini dibuat agar orang-orang yang belum menggunakan TikTok dapat menikmati konten-konten tersebut. Tapi disatu sisi, pembagian konten-konten TikTok di media sosial lain akan menambah popularitas TikTok sehingga orang yang belum menggunakannya akan semakin penasaran.

Perkembangan TikTok diprediksi akan semakin berkembang hingga dapat menyamakan atau bahkan mengalahkan popularitas aplikasi Instagram. Hal ini didukung oleh pernyataan dari CEO Snapchat, Evan Spiegel. Ia mengaku bahwa ia adalah salah satu fan dari dari aplikasi ini. Ia juga setuju bahwa TikTok akan melengserkan Instagram dari popularitasnya. Artinya, meskipun saat ini pengguna Instagram masih mendominasi, hanya tinggal waktu yang menentukan kapan TikTok akan menguasai jagat raya media sosial.

Mengenai persaingan TikTok vs Instagram yang tampaknya mulai didominasi oleh TikTok, pembenaran dari pihak Facebook selaku pemilik Instagram datang secara tidak langsung. Facebook tampaknya mengakui potensi besar yang dimiliki aplikasi video pendek seperti TikTok. Maka dari itu, Facebook melalui Instagram mengeluarkan fitur serupa yang dinamakan Instagram Reels pada Agustus 2020. Instagram Reels dinilai sebagai senjata baru Facebook untuk bersaing dengan TikTok.

Itulah pembahasan lengkap mengenai TikTok vs Instagram dan siapa yang akan menjadi aplikasi terpopuler di tahun 2021. Bagaimana menurut Anda mengenai persaingan TikTok vs Instagram ini? Silahkan tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Boost Engagement di Instagram? Ketahui 5 Cara Extraordinary Ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top