fbpx

Sama dengan dunia olahraga lainnya, dalam dunia video game ini terdapat sebuah tim eSport. Nah, untuk menjadi tim eSport terbaik tentu diperlukan skill yang menonjol melalui penampilan luar biasanya di setiap turnamen dan dapat diakui sebagai kesuksesan besar di industri tersebut. Dalam sebuah eSport yang kompetitif, tim satu harus melawan dengan tim lainnya dalam beberapa pertandingan game untuk memperebutkan hadiah utama dengan jumlah yang sangat tinggi.

Industri video game kini dianggap sebagai salah satu industri paling menarik di bidang teknologi karena adanya unsur budaya, hiburan, dan juga kemajuan teknologi. Perusahaan PC, konsol, dan game seluler terus menerus menggunakan teknologi terbarunya untuk tetap menghadirkan game yang diciptakan untuk disebar ke lebih dari dua miliar orang peminat di seluruh dunia.

Lalu, siapa saja ya tim eSport tersukses di dunia yang sudah memenangi ratusan turnamen?

TOP 5 Tim eSport Terbaik di Dunia

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai lima peringkat teratas tim eSport yang sukses dan berhasil memenangkan banyak turnamen, transfer pemain, dan juga telah menghasilkan pemasukan terbesar dalam industri game ini berdasarkan hasil riset esportsearnings.com.

#1 Team Liquid

(sumber: Behance)
Team Liquid menempati peringkat pertama sebagai tim esport terbaik (sumber: GGWP.ID)

Tim eSport terbaik yang menduduki peringkat pertama kesuksesannya yaitu Team Liquid, yang merupakan sebuah organisasi eSports profesional terkemuka di dunia yang didirikan pertama kali oleh Victor “Nazgul” Goossens pada tahun 2000 di Belanda. Liquid bermula dengan empat anggota pada bulan pertama dan kemudian berkembang menjadi delapan pemain pada tahun berikutnya. Anggota awal klan “Liquid” dipilih sendiri oleh Goossens berdasarkan kepribadian dan bakatnya dalam industri game.

Dengan total hadiah uang sekitar 38 Juta USD yang diperoleh, Team Liquid telah mencapai peringkat pertama dan berhasil menjadi tim paling sukses 2021. Dan juga tidak bisa dipungkiri lagi, dengan keberhasilan dari total 2094 turnamen yang telah diikuti, tim eSport satu ini lah yang paling banyak berpengalaman dalam industri game profesional dari semua tim eSports yang ada di dunia. Tetapi bukan hanya melalui jumlah kejuaraan turnamen yang telah banyak diperoleh untuk Team Liquid, jumlah tim dan permainan yang dipertandingkan pada tim ini juga relatif tinggi. Berikut adalah beberapa video game yang paling sukses dimainkan oleh Team Liquid dengan hasil terbanyak, yaitu:

  1. Dota: $23.026.431
  2. Counter-Strike: $4.970.175
  3. StarCraft II: $1.527.587
  4. Fortnite: $1.269.375
  5. League of Legends: $1.100.463

#2 Team OG

(sumber: The Esports Observer)
OG berhasil memenangkan turnamen Dota 2 The International 2019 (sumber: Bola.com)

OG adalah sebuah organisasi eSports profesional berbasis Eropa. Tim ini pertama kali didirikan pada tahun 2015 oleh Johan “n0tail” Sundstein. Berawal dari kepopulerannya sebagai Dota 2 Roster yang sukses mencapai puncak tertingginya pada saat itu yang mengalahkan tim esports lainnya yang sudah dulu lebih sukses. Kini, OG menjadi salah satu tim esport terbaik di dunia dan menjadi rumah bagi para profesional dalam industri video game untuk tetap eksis diranah esports dengan anggota tim yang brilian.

Dengan total sekitar 35 Juta USD penghasilan dan uang hadiah yang diperoleh, OG berhasil berada di peringkat 2 tim eSports paling sukses sepanjang masa. Hal yang istimewa dari OG ini yaitu hampir seluruh timnya yang relatif masih muda kini telah memperoleh hampir semua pendapatannya, dengan total mencapai 33 Juta USD hanya dalam satu permainan video game dan telah mengikuti sekitar 121 turnamen. Berikut ini adalah 3 penghasilan terbesar hadiah uang yang diraih dalam masing-masing judul game, yaitu:

  1. Dota 2: $33.917.126
  2. CS GO: $62.250.00
  3. Super Smash Bros: $6.847.46

#3 Evil Geniuses

(sumber: SKOR.ID)
Tim EG yang sukses dalam turnamen Call of Duty. (sumber: HLTV.org)

Evil Geniuses (EG) adalah organisasi esports Amerika yang berbasis di Seattle, Washington. Didirikan pada tahun 1999, organisasi ini telah menerjunkan banyak pemain profesionalnya di berbagai permainan pertarungan, seperti Call of Duty, Dota 2, serta Rocket League. Pada Mei 2019, EG diakuisisi oleh PEAK6 Investments LLC, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Chicago. Meskipun dimiliki secara independen pada saat akuisisi, sebelumnya merupakan anak perusahaan dari GoodGame Agency.

Tim eSports Evil Geniuses telah berpartisipasi di lebih dari 60 kejuaraan dan 904 turnamen yang berbeda, dan telah memenangkan lebih dari 80 persen dari total hadiah uangnya dalam satu judul game: Dota 2, MOBA populer yang dikenal dengan pembayaran kemenangan tertinggi di kejuaraannya. Dengan peringkat tinggi yang konsisten di Kejuaraan Internasional dalam beberapa tahun terakhir dan kesuksesan yang baik dalam turnamen Call of Duty, membawa EG meraih penghasilan dengan total hadiah sebesar 25 Juta USD dalam industri video game ini. Berikut adalah 3 penghasilan terbesar tim EG dalam kejuaraannya, yaitu:

  1. Dota 2: $20.246.670
  2. CS GO: $974.450
  3. StarCraft II: $785.050

#4 Fnatic

(sumber: Dexerto)
Fnatic berhasil mencapai penghasilan hingga 17 juta USD. (sumber: HLTV.org)

Tim esport terbaik yang menempati peringkat empat dunia ialah Fnatic (fanatic), yaitu suatu organisasi esports profesional yang berkantor pusat di London, Inggris. Didirikan 23 Juli 2004 oleh Sam Mathews dan Anne Mathews, tim ini memiliki pemain dari seluruh dunia, di berbagai permainan, seperti Apex Legends, Counter-Strike: Global Offensive, Dota 2, FIFA, dan Rainbow Six Siege.

Tim esport satu ini telah sukses memenangkan total hadiah uang sebesar 17 Juta USD dan sudah mengikuti lebih dari 900 turnamen. Dalam industri video game ini, Fnatic paling sukses pada turnamen CS:GO, dimana mereka telah berulang kali mencapai hasil yang sangat baik, seperti memenangkan WESG (World Electronic Sports Game) tahun 2017 pada kategori video game CS:GO Pria. Berikut adalah 3 penghasilan terbesar dari Fnatic sebagai salah satu tim esport terbaik pada judul permainan:

  1. CS:GO: $4.719.896
  2. Dota 2: $4.138.469
  3. League of Legends: $2.901.706

#5 Virtus.Pro

(sumber: Dota 2)
Virtus.pro berhasil menempati TOP 5 dalam industri video game eSport (sumber: Twitter)

Virtus.pro berhasil menduduki peringkat kelima dalam industri video game eSports. Tim ini adalah suatu organisasi esports yang berbasis di Rusia. Didirikan pada tahun 2003 oleh Sergey Glamazda, dan memiliki lebih dari 50 pemain yang profesional di industri video game.

Meskipun Virtus.pro berada dalam peringkat 5 teratas dalam jajaran tim esport terbaik dan tersukses di dunia, namun tim ini belum maksimal dalam memenangkan banyak turnamen dibanding tim esport besar lainnya. Tetapi, virtus.pro membuktikannya dengan menghasilkan pencapaian hadiah uang terbesarnya hingga 17 Juta USD dan telah mengikuti sekitar 800 turnamen. Tim ini telah aktif dalam eSports profesional sejak 2012, dimana secara teratur tampil dalam Dota 2 The International Championships sejak 2015, dan telah memenangkan beberapa kejuaraan ESL One MOBA populer dengan menduduki tempat pertama. Berikut adalah 3 video game paling sukses dengan penghasilan terbesar yang dimainkan oleh virtus.pro, yaitu:

  1. Dota 2: $10.202.985
  2. CS GO: $4.046.690
  3. Counter-Strike: $364.412

Nah, itu dia TOP 5 tim esport terbaik di dunia. Wahh penghasilan yang di dapat gak main-main yaa!

Baca juga: TOP 5! Perusahaan Video Game Paling Famous di Dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top