fbpx

Halo teman-teman, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Kalian suka bingung kalau tiba-tiba ditugaskan untuk presentasi atau membuat video tapi belum mempersiapkan apa-apa? Nah kalian jangan bingung ternyata ada sebuah cara agar kalian bisa menyampaikan materi yang kalian bawa tanpa harus menghafalnya loh, penasaran kan? Yuk disimak artikelnya!

Ternyata ada sebuah metode yang membantu kita dalam berbicara di depan kamera tanpa menghafal script, hal ini sudah dilakukan sejak lama oleh para presenter-presenter dalam membawakan berita atau acara, biasanya alat bantu ini disebut dengan Teleproemter . Apa ya itu Teleproemter?

 teleprompter adalah alat bantu baca khususnya bagi seseorang yang ingin berbicara di depan umum. Dengan alat ini, orang tersebut akan terlihat seperti berbicara lisan tanpa menggunakan teks. Awalnya alat ini digunakan oleh penyiar berita televisi agar dalam menyampaikan berita kepada penonton televisi terlihat seperti berbicara tanpa membaca. Oleh karena itu, tulisan yang ditampilkan dalam teleprompter disusun menyerupai bahasa lisan, sehingga para penonton tidak merasa terganggu dengan aktivitas  yang harus menundukkan kepalanya untuk membalikkan teks berita yang bersangkutan.

Technology ini sudah ada sejak tahun 1950 ditemukan oleh Fred Barton, Jr. Hubbert J dan juga Irvin berling Kahn. Teleprompter yang berbasis pada komputer pribadi, yang dinamakan Compu=Prompt, muncul pertamakali pada tahun 1982 lalu dijual di Holywood, california. Lalu mulai berkembang di tahun 1992 dan pada tahun 2005 Pada tahun 2005, Autoscript bersama dengan mitra kerjanya Sysmedia, melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan Voice Activated Prompting. Sesuai dengan namanya, cara kerja alat ini disesuaikan dengan suara pembicara. Jadi, semakin cepat pembicara membaca teks yang tersaji, semakin cepat pula teks tersebut berjalan atau berganti, dan sebaliknya. Penemuan ini sekaligus menjadi tanda berakhirnya era teleprompter manual.

gambar diatas adalah contoh teleproemter yang diguanakan oleh para penyiar di televisi

Seiring berjalannya waktu banyak sekali perubahan-perubahan yang hadir, Teleproemter dirasa amat sangat sulit jika diapaki sehari-hari untuk kebutuhan kerja atau pun belajar maka dari itu para pengembang mulai menciptakan berbagai macam cara dengan mengusung fungsi Teleproemter, salah satunya di dalam smartphone agar lebih praktis dan dapat dibawa kemana saja dan dapat di unduh di layanan Play Store. Berikut 3 Aplikasi Teleproemter di Android

  1. Teleproemter with Video & Audio
  2. BIGVU Video Editor: telepromter lite & Captions
  3. Teletoto

Nah gimana? sekarang sudah pada tahukan apa itu Teleproemter? Jadi sekarang teman-teman gak perlu lagi kebingungan menghafal script, karena sudah ada Teleproemter yan bisa bantu teman-teman buat video.

1 thought on “TIPS AGAR PRESENTASI DI DEPAN VIDEO BERJALAN DENGAN LANCAR DENGAN TELEPROMTER”

  1. Pingback: tips video zoom meeting cerah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top