fbpx

Di era digital seperti sekarang ini, pengguna internet setiap harinya terus meningkat. Demi mengikuti perkembangan zaman, para pelaku bisnis pun berbondong- bondong mencoba untuk memasarkan sebuah brand atau produk di dunia digital. Apa itu Digital Marketing? pengertiannya adalah suatu usaha/ cara untuk memasarkan produk/ brand melalui media internet. Tujuan dari upaya tersebut adalah untuk menjangkau customer atau potential customer secara cepat dan tepat. Nah, biasanya penempatan iklan dapat melalui iinternet dan media sosial lainnya. Lantas, bagaimana bisnis anda dapat unggul dalam persaingan di dunia digital? tentunya, dengan mengaplikasikan konsep dari pemasaran digital . Selain itu, menentukan strategi- strategi yang optimal jugalah penting bagi bisnis anda.

Strategi pemasaran Digital dapat mencakup satu channel atau teknik online omnichannel untuk meningkatkan brand awareness di antara konsumen.

Usaha untuk membangun brand awareness dapat melibatkan metode / tools digital marketing seperti berikut :

The internet is becoming the town square for the global village of tomorrow.

Bill Gates

the use of analytics in digital marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

2. Search Engine Marketing (SEM)

3. Social Media Marketing (SMM)

4. Content Marketing

Baca juga Produk berbasis digital, yang mana sesuai dengan kebutuhan anda?

Bootsol, kali ini akan membagikan lima tips brilliant untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital bisnis anda yang patut dicoba,

Tujuan dari menjalankan bisnis pasti untuk mencapai kesuksesan. Lalu hal apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan? Pada tahap awal pembuatan strategi merupakan hal penting yaitu salah satunya strategi pemasaran. Strategi pemasaran dinilai efektif dalam meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Di era digital ini, digital marketing menjadi populer di kalangan pebisnis, karena dipercaya jika pemasaran secara online merupakan hal crucial dalam suatu bisnis.

Jadi, bagi Anda khususnya pebisnis yang ingin dan sedang menjalankan kampanye pemasaran digital, Bootsol akan membagikan 5 tips digital marketing yang brilliant untuk mencapai target bisnis anda.

5 Tips Brilliant digital marketing :

1. Optimalkan Website Anda

– Memperhatikan isi konten yang bertujuan untuk membantu dan memberikan solusi terhadap masalah konsumen

– Optimalkan penggunaan SEO untuk website

– Optimalkan mobile marketing

Pelaku bisnis perlu memperhatikan upaya untuk mengoptimalkan situs web di tampilan seluler. Seperti contohnya pengalaman konsumen membuka website di tablet/ Handphone, selain itu, apakah website anda memiliki design yang responsif? Simak penjelasan lebih lanjut di tautan ini apa itu mobile marketing?

2. Merancang Content untuk Memperoleh Traffic

Pelaku bisnis dapat meningkatkan Traffic melalui website. Salah satu strateginya adalah Blogging. Mengapa demikian? karena terdapat peluang bagi konsumen untuk mengunjungi website anda setiap kali ada konten baru di blog.

– Mempertimbangkan business blog

– Menggunakan jenis konten lain untuk memperoleh informasi pengunjung

Menciptakan konten informatif, menarik dan engaging memiliki pengaruh positif yang besar dalam pemasaran digital. Selain meningkatkan awareness, konten diharapkan dapat menjaring leads. Nah, Bootsol yakin beberapa tipe konten ini cocok untuk diterapkan di bisnis anda!

3. Menggunakan Sosial Media untuk Increase Engagement

Melalui platform Sosial media anda dapat mudah berkomunikasi dengan orang lain terutama, konsumen. Sebagai pelaku bisnis, komplain maupun masukkan dari konsumen sangatlah penting. Oleh karena itu, memaksimalkan penggunaan sosial media merupakan hal yang tepat dalam digital marketing .

Bootsol akan fokus membahas beberapa social media channels di bawah ini :

– Facebook for Business

Interaksi dalam komunitas Facebook, peningkatan word of mouth

– Twitter for Business

Peningkatkan jumlah konsumen yang potensial (followers)

Baca juga the art of social media listening

4. Optimalkan Landing Page untuk meningkatkan Rate Konversi

Berdasarkan ketiga tips yang telah disampaikan atas, jika diaplikasikan tentu akan berpengaruh kepada peningkatan traffic. Di tips keempat ini, mari kita fokus pada konversi. Apa itu konversi? Bootsol harap anda sudah mengerti konsep dari konversi dalam digital marketing. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkannya? Buatlah konten yang mengarah pada prospek ke sebuah call-to-action (CTA).

Sebagai contohnya : membuat landing page dengan form dan penawaran menarik supaya pengunjung tertarik untuk memberikan informasi pribadi sebagai imbal balik.

5. Pengujian, Pengukuran dan Evaluasi Metrik

Tips terakhir untuk mengoptimalkan strategi digital marketing anda adalah bereksperimen dengan jenis konten dan CTA di landing page yang berbeda. Berdasarkan penjelasan yang Bootsol sampaikan, anda tentunya sudah memiliki wawasan mengenai proses dan konsep konversi bukan? Namun, akan lebih baik jika anda terus mencoba variasi/ cara lain untuk mengetahui kombinasi terbaik dalam meningkatkan tingkat konversi website anda. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan beberapa metrik sebagai tolak ukur perfoma website. Sehingga, tujuan bisnis anda dalam meningkatkan penjualan dapat tercapai.

Digital Marketing merupakan hal penting bagi bisnis anda di masa sekarang hingga kedepannya. Meskipun, terlihat membingungkan dan sulit bagi anda. Namun, Bootsol yakin jika anda melakukan kelima tips di atas anda mulai memperoleh hasil. Kami berharap, artikel ini dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis anda. Nah, sekarang tips terakhir anda hanya perlu lakukan. , lakukan selangkah demi selangkah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top