fbpx

Apa ada ya tips email marketing yang efektif? pemasaran melalui email merupakan salah satu strategy pemasaran digital yang telah lama hadir namun, masih populer. Apa hal menarik dari penggunaan teknik pemasaran ini ya? ya tentunya, karena keunggulan yang dapat dirasakan penggunanya. Pengguna dapat menikmati hasil dari pemasaran email, dengan expense yang cenderung sedikit. Nah, hal ini juga dapat berpengaruh pada peningkatan sales bisnis anda loh. Maka, Bootsol rasa teknik pemasaran ini patut anda terapkan dalam bisnis. Selain itu, menurut riset yang telah dilakukan saat ini, pengguna email sudah mencapai miliaran. Dan diyakini, jumlah penggunanya akan terus bertambah. Sehingga, teknik pemasaran melalui email masih diminati oleh para pelaku bisnis.

Baca juga : Lima Strategi Digital Marketing yang Efektif

Sebelum, Bootsol membahas lebih lanjut terkait tips email marketing, ada baiknya jika anda memiliki pemahaman yang jelas mengenai istilah pemasaran email.

Email Marketing, Apakah itu?

Pemasaran melalui email adalah pemasaran dalam bentuk direct dan pemasaran digital melalui email untuk mempromosikan produk atau layanan suatu bisnis. Melalui teknik, customers dapat mendapatkan informasi terkait penawaran terbaru dari bisnis anda. Hal tersebut, diintegrasi dengan upaya marketing automation bisnis anda. Email marketing juga memiliki keunggulan bagi bisnis anda, yaitu di antara lain :

– Menjaring clients yang berpotensi

– Meningkatkan Citra Brand

Build and maintain clients sehingga, dapat terlibat dalam transaksi pembelian melalui jenis pemasaran email.

Cara Mengoperasikan Email Marketing :

Bootsol ada solusi nih untuk anda yang bingung untuk melakukan teknik pemasaran email. Berikut adalah beberapa cara email marketing yang anda dapat lakukan :

– Memilih layanan penyedia email marketing services

– Mengumpulkan alamat email customers anda

– Menambahkan contact customers ke dalam akun email marketing

– Menyiapkan template welcome greetings

– Membuat template email yang dapat dipakai lagi

5 Tips Email Marketing untuk Boost Penjualan Bisnis Anda :

1. Judul Email yang Tepat

Tips email marketing pertama yang akan dibahas adalah, memilih judul yang dinilai menarik. Sehingga, ketika email baru masuk ke perangkat customers, mereka ingin cepat-cepat membukanya. Wah, judul ternyata memiliki peran yang penting ya! tentu saja, menurut riset di artikel terbitan Business2community, 47% pengguna yang menerima email hanya membukanya jika title nya menarik. Oleh karena itu, bisnis anda memerlukan strategi untuk membuat judul yang menggugah. Sehingga, penawaran produk anda dapat diterima oleh customers.

Lalu, selain itu anda juga perlu memperhatikan jumlah karakter di judul. Karena customers, kerap membuka email melalui ponsel. Maka, judul yang terlalu panjang atau terpotong dapat berdampak pada pengabaian email di inbox customers.

2. Mencantumkan Sender’s Name

Kedua, Tips email marketing yang anda perlu terapkan adalah pencantuman nama pengirim. Customers, biasanya akan memastikan apakah mengenal nama pengirim e mail. Karena, senormalnya anda apalagi, audiens tidak akan membuka e mail dari sumber yang tidak jelas kan? Maka dari itu, pencamtuman nama pengirim adalah hal penting.

Lalu, anda perlu juga perlu paham bahwa, email yang “friendly” merupakan email yang memakai nama pengirim, bukan dari robot atau system. Itulah kenapa penting untuk menggunakan nama Anda sebagai pengirim e mail penawaran. Bahkan, akan lebih baik jika disertai dengan foto yang profesional.

3. Make it Personal

Sama halnya dengan memakai nama pengirim, anda dapat meningkatkan interaksi dengan customers, sekaligus terlihat profesional dengan memanggil customer dengan nama. Namun, personalization bukan sekedar nama saja. Pengiriman penawaran promo melalui email juga perlu sesuai target market anda.

Keuntungan Personalization :

– Peningkatan Open Rate pemasaran email

– Peningkatan tingkat konversi (transaksi berlangsung)

4. Say No to Spam

Tips menggunakan email marketing selanjutnya, adalah jangan melakukan “Spamming“. Anda perlu memperhatikan hal apa yang biasanya tidak disukai oleh customers. Saat anda membuat email, akan lebih baik jika isi dari email anda terkesan natural dan lebih personal. Sehingga, audiens yang menerima email tersebut akan merasa nyaman.

5. Memprioritaskan CTA

Tips terakhir dari tips email marketing yang akan diulas adalah penggunaan CTA. Isi dari email yang anda kirim harus sesuai dengan tujuan dari bisnis anda. Selain itu, anda perlu memperhatikan penempatan button call to action. Sehingga, pembaca dapat dengan mudah menghubungi anda untuk berinteraksi, melakukan transaksi atau mendapatkan berbagai penawaran dari bisnis anda.

Bootsol telah mengulas kelima tips email marketing yang dapat anda terapkan di bisnis anda. Siapa sangka jika and mencoba salah satu, bahkan semua tips tersebut, penjualan anda dapat meningkat.

Contoh Email Marketing Platform :

Mailchimp

– Constant Contact

– Getresponse

Baca juga : Tips Brilliant Strategi Digital Marketing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top