fbpx

Apakah mengunggah foto di Instagram itu, penting? Bootsol ada solusi nih, berupa tips foto Instagram yang patut anda coba. Instagram merupakan sosial media dengan pengguna yang sangat banyak di dunia. Siapa sangka, jika konten Instagram khususnya, foto memiliki peran penting loh. Selain itu, ada beberapa profesi yang bergantung pada sosial media ini. Misalkan, anda berjualan di platform ini, beprofesi sebagai influencer maupun, menjadi food blogger. Sungguh menarik bukan? oleh karena itu, anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas foto. Dengan begitu, foto-foto unggahan di Instagram anda, dapat lebih digemari dan menarik perhatian lebih banyak orang.

Anda tentunya penasaran kan! nah, maka dari itu anda perlu membaca artikel ini sampai bawah ya. Supaya, anda dapat memiliki pemahaman secara menyeluruh terkait pentingnya kualitas unggahan foto di Instagram.

Baca juga : Desain Feed Instagram

Sebelum, Bootsol mengulas mengenai beberapa tips foto instagram, ada baiknya jika anda paham tentang manfaatnya terlebih dahulu.

Optimisasi Feed Instagram:

Anda perlu mengetahui beberapa hal ketika mengunggah foto di Instagram. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan :

– Konten foto sesuai dengan identitas brand anda

– Konten foto memiliki kualitas yang baik sehingga, dapat well received oleh followers anda

– Perhatikan ukuran foto sehingga, foto dapat diunggah dengan resolusi aslinya

6 Tips Foto Instagram :

1. Pengambilan foto dengan Sinar Matahari

Tips foto Instagram pertama adalah pengambilan foto di waktu tertentu. Anda dapat memperoleh hasil foto aestetik dengan bantuan cahaya matahari. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda berfoto di tempat yang ada akses sinar mataharinya. Sama halnya, dengan berfoto selfie. Anda perlu memastikan, pengambilan foto di ruangan dengan jendela . Nah, dengan begitu foto anda akan menjadi instagramable.

Anda dapat mendapatkan hasil foto dengan sinar matahari di waktu yang berbeda. Misalnya sinar matahari terik di jam 12-2 siang. Lalu, efek “golden hour” ketika pengambilan foto dilakukan di jam 3-4 sore. Selain itu, anda juga dapat menggunakan prop berupa kelambu putih, untuk menutupi bayangan di object foto anda.

2. Dekorasi Rumah Instagramable

Anda dapat mendekorasi atau menata ruangan di rumah anda, supaya terlihat menggugah ketika menjadi latar foto. Anda dapat mengikuti beberapa rekomendasi cara mendekor rumah untuk mendapatkan look yang aesthetic. Nah, untuk latar belakang spot foto anda dapat menaruh kaca, memberi wallpaper di dinding.

Selain itu, teras atau halaman rumah anda juga dapat didekor sehingga, terlihat menarik. Mencoba pengambilan foto dengan konsep outdoor, tidak ada salahnya kan?

3. Pengambilan Foto dengan Resolusi Tinggi

Saat ini, anda sudah tidak perlu lagi meragukan kualitas foto dengan kamera ponsel pintar anda. Kebanyakkan, ponsel telah dilengkapi dengan fitur kamera beresolusi tinggi. Nah, fitur ini dapat anda manfaatkan dalam pengambilan foto. Selain mendapat foto berkualitas tinggi, anda dapat mengunggah foto di Instagram tanpa mengurangi kualitasnya loh. Namun, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yaitu :

– Kapasitas memori ponsel anda

– Waktu transfer foto yang lebih lama

4. Pemilihan Filter Pada Foto

Hal ke empat yang anda dapat lakukan sebagai tips foto instagram adalah pemilihan filter yang tepat.Ada baiknya, jika anda menambahkan filter sebelum mengunggah foto. Namun, jangan terlalu berlebihan ya. Karena, malah mungkin membuat hasil foto menjadi berkurang kualitasnya. Anda dapat menambahkan filter melalui aplikasi edit foto. Atau bahkan, di Instagram sendiri juga ada pilihan filter yang dapat anda coba gunakan.

5. Menempatkan Fokus pada objek yang dipilih

Tips foto instagram kelima adalah fokus terhadap objek yang anda pilih. Anda perlu fokus terhadap objek foto yang ingin di-highlight. Objek tersebut meliputi pemandangan, produk tertentu maupun, mahluk hidup. Selain, menggunakan fitur fokus di kamera ponsel anda, anda juga dapat menyesuaikan setelan kamera anda supaya dapat fokus pada suatu objek tertentu. Dengan demikian, anda dapat menekankan pesan melalui objek foto yang telah dipilih.

6. Manfaatkan Cahaya Buatan/ Tambahan

Terdapat tiga macam cahaya yang dapat anda manfaatkan saat pengambilan foto. Berikut adalah ketiga macamnya :

Available light (berasal dari cahaya matahari)

Artificial light (berasal dari lampu studio, senter, flash,lilin)

Mix light (gabungan antara keduanya. Biasanya ketika dilakukan pengambilan foto di outdoor)

Berikut adalah ulasan keenam tips foto Instagram yang dapat anda terapkan, ketika mengambil foto. Bootsol, berharap artikel ini bermanfaat bagi anda.

Baca juga : Boost Engagement di instagram ketahui ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top