fbpx

Hallo teman-teman apa kabar? Semoga baik ya,Kali ini aku mau bahas tentang Earphone. Pada tahu kan apa itu Earphone? Oke aku jelasin ya. 

Earphone berasal dari kata ear yaitu telinga. Dari asal katanya saja pasti kalian sudah tahu kalau Earphone ini dipakai di telinga. Jadi Earphone adalah adalah sebuah perangkat yang berfungsi mengeluarkan suara dari kedua telinga kanan kiri beserta mikrofon. Fungsi nya tidak jauh beda dari Headset, lalu apa yang membedakan Earphone dengan Headset? Nah kalau dilihat dari segi fisiknya Earphone jauh lebih kecil dan praktis daripada Headset. Earphone sendiri dapat dimasukkan kedalam telinga, berbeda dengan Headset menutupi seluruh telinga. Kira-kira kalian lebih suka yang mana ini? Headset atau Eaephone? 

Buat kalian yang tertarik dengan Earphone tapi bingung Harus beli Earphone seperti apa yang berkualitas, harus banget nih baca Artikel ini sampai selesai.Jadi sebelum membeli Earphone kita wajib tahu Spesifikasi apa saja yang dimiliki Earphone yang bagus, agar kita menyesal dan juga Earphone yang kita punya bisa sesuai dengan yang kita butuhkan. spesifikasi yang perlu diperhatikan saat kalian hendak membeli Earphone antara lain frekuensi, impedance, dan sensitivitas.  

1.FREKUENSI 

 Sebelum kalian membeli Earphone  Kalian harus memperhatikan kemampuan earphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar bisa banget buat kalian pilih karena semakin lebar berarti kualitasnya semakin baik.  

2. IMPEDANCE 

Selanjutnya ada impedance atau bisa disebut hambatan. Biasanya earphone memiliki hambatan sekitar 32 ohm. Impedance rendah berkisar antara 15 ohm hingga 150 ohm. Sedangkan hambatan yang tinggi memiliki ukuran lebih dari 150 ohm.  Hambatan ini berfungsi untuk menunjukkan resitensi di dalam earphone.  

3. SENSIVITAS 

Selanjutnya ada sensitivitas . Sensivitas ini ditunjukkan oleh tulisan SPL  atau Sound Pressure Level dalam satuan mili watt (mW) atau desibel, misalnya 114 dB/mW. Dari Sensivitas ini kalian bisa tahu keras suara yang dikeluarkan earphone. Semakin besar angkanya berarti semakin keras suara yang akan dikeluarkan, jadi kalian tidak perlu repot-repot membesarkan volume player.  Disarankan untuk mencarilah earphone yang memiliki sensitifitas <85dB agar tidak merusak pendengaran. Jangan lupa, perhatikan kabel yang ada pada Earphone. Earphone dengan suara yang bagus biasanya memakai double-side di kabelnya. 

Bagaimana ini sudah pada tahu kan mana Earphone yang berkualitas yang wajib dibeli atau tidak. Jangan lupa juga untuk mencocokan kualitas yang dimiliki oleh Earphone dengan harga jualnya. Biasanya Earphone dijual dengan rentang harga tiga ratus ribu rupiah hingga jutaan. Tergantung spesifkasi dan mereknya, Jadi kalian harus pintar dalam memilih ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top