fbpx
Ilustrasi SEO untuk YouTube
Ilustrasi SEO untuk YouTube

Ternyata tidak hanya untuk Google, SEO untuk YouTube juga dianggap sangat penting. Semakin banyak konten YouTube semakin ketat persaingannya. Simak pembahasan berikut ini agar lebih paham :

Saat ini salah satu media sosial yang banyak penggunanya yaitu YouTube. Bahkan media sosial yang satu ini sudah dijadikan sumber mata pencaharian oleh banyak pihak. Sumber penghasilan dari YouTube yaitu AdSense, sangat digandrungi saat ini. Tak heran seiring berjalannya waktu konten kreator YouTube semakin merajalela.

Orang-orang berlomba-lomba membuat konten YouTube, mulai dari video tutorial, tips and trick, daily vlog, hingga video lucu. Tidak hanya bersaing mendapatkan banyak subscribe, tetapi juga mendapatkan banyak viewer. Tak jarang banyak konten kreator YouTube yang rela melakukan hal-hal aneh agar bisa viral.

Pengertian YouTube

YouTube merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi video. Media sosial yang satu ini dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Sebagai pengguna YouTube, anda tidak hanya diberi keleluasaan untuk menciptakan konten, tetapi juga menonton konten lainnya yang bisa menghibur.

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu. Seiring berjalannya waktu perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain mulai mengunggah video mereka ke YouTube sebagai konten resmi perusahaan tersebut. Pengguna yang tidak memiliki tetap bisa menonton video dengan bebas, sementara pengguna yang sudah memiliki akun dapat menonton dan dapat mengunggah video sepuasnya. Video-video yang diupload di YouTube bisa dikategorikan, ada video dengan rate usia, dimana video-video tertentu hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Mengutip dari wikipedia, Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Baca Juga : Wow! 5 Rekomendasi Website Resep Masakan Super Complete

SEO untuk YouTube

Semakin banyak konten kreator, semakin banyak jenis YouTube, maka semakin ketat pula persaingan untuk menempati posisi teratas. Konten kreator bukan hanya harus bisa membuat video yang menarik perhatian tetapi juga harus memiliki strategi lain agar bisa menempati posisi teratas. Strategi yang dimaksud ialah menerapkan SEO untuk YouTube.

Penerapan SEO (Search Engine Optimization) baik untuk Google maupun untuk YouTube memiliki tujuan yang sama yaitu berupaya menempati posisi teratas. Sesuai dengan namanya SEO untuk YouTube berupa strategi agar ketika pengguna YouTube search kata kunci, akan langsung tertuju pada video anda. Dengan begitu, video anda akan mendapatkan banyak viewers. Penghasilan melalui AdSense pun akan semakin meningkat

Terutama bagi para konten kreator pemula. Pemahaman akan SEO untuk YouTube sangatlah penting. Anda harus bisa semaksimal mungkin membuat video yang mudah ditemukan oleh pengguna YouTube. Sebenarnya keunikan konten dan SEO untuk YouTube menjadi kombinasi yang wajib diterapkan. Konten menarik kurang optimal jika tidak dibarengi dengan strategi SEO yang tepat, begitupun sebaliknya. Perlu disadari konten unik di YouTube saat ini sudah banyak, maka strategi SEO perlu diperkuat.

Tips SEO untuk YouTube

Adapun tips SEO untuk YouTube yang wajib anda terapkan, yaitu sebagai berikut :

  1. Pemilihan keyword
Ilustrasi keyword
Ilustrasi keyword

Tips pertama dan paling awal yang harus diperhatikan yaitu terkait keyword. SEO untuk YouTube, pada dasarnya memiliki sistem yang serupa dengan Google. Tak heran keyword menjadi hal yang paling awal harus dipahami.

Keyword alias kata kunci bisa dijadikan sebagai tanda pengenal awal untuk video yang anda buat. Pastikan kata kunci sudah sesuai dengan konten yang anda buat dan sesuaikan pula dengan target penonton. Keyword bisa membuat video anda lebih mudah ditemukan oleh banyak pengguna YouTube. Anda bisa menempatkan kata kunci dengan tingkat kerapatan tertentu, mulai dari kata kunci utama, turunan, hingga sinonimnya atau LSI.

Kata kunci pada konten YouTube anda akan menjadi salah satu penentu posisi di pencarian. Anda harus lebih berstrategi menentukan keyword. Hak tersebut dikarena persaingan bukan hanya dengan video serupa, melainkan dengan video yang memiliki viewers lebih banyak atau dari akun yang lebih banyak subscribernya.

Baca Juga : Bingung Cara Jualan di Instagram? 6 Tips Jualan di Instagram yang Powerful

2. Buat video unik dan menarik

Ilustrasi video unik dan menarik
Ilustrasi video unik dan menarik

Tips SEO untuk YouTube berikutnya yaitu membuat video yang menarik dan unik. Orang-orang cenderung akan lebih menyukai video yang berbeda atau tidak biasa. Bukan berarti video yang anda buat harus extreme, seperti membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Sebagai konten kreator YouTube, anda harus bisa mengikuti tren yang sedang berkembang. Hal tersebut akan membuat konten yang anda buat lebih menarik. Ketahui apa yang sedang banyak orang sukai. Jangan sampai anda membuat video yang monoton dan membosankan.

Baik penonton maupun konten kreator pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Thumbnail”. Istilah yang satu ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dan bisa meningkatkan keingintahuan pengguna YouTube untuk menonton. Hati-hati jangan sampai anda membuat kecewa penonton dengan membuat thumbnail yang tidak sesuai dengan isi video. Hal tersebut akan mengurangi kepercayaan pengguna YouTube untuk menonton video anda yang berikutnya.

3. Optimasi metadata

Ilustrasi metadata
Ilustrasi metadata

Tips SEO untuk YouTube selanjutnya yaitu optimasi metadata. Maksud dari optimasi metadata ialah upaya untuk mengoptimalkan data-data pendukung dari video anda. Data yang dimaksud mulai dari kata kunci, deskripsi video, hingga hashtag video.

Kata kunci bisa anda selipkan di judul video yang akan diupload. Sebisa mungkin anda bisa memposisikan kata kunci di bagian depan judul. Perlu ditekankan bahwa judul yang baik adalah judul yang menarik dan tetap sesuai dengan isi dari videonya.

Deskripsi video menjadi salah satu hal yang penting. Masih sering ditemukan video YouTube dengan kolom deskripsi yang masih kosong. Padahal kolom deskripsi bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengisi informasi tambahan dan ajakan untuk menonton video anda.

Hashtag masih sering luput dari perhatian. Faktanya Hashtag yang tepat bisa mempengaruhi mudah atau tidaknya video anda ditemukan oleh para pengguna YouTube. Anda bisa memanfaatkan hashtag viral sehingga video anda pun bisa ikut viral. Perlu dipastikan juga hashtag yang digunakan sesuai dengan konten video yang diupload.

4. Promosi video

Ilustrasi promosi video
Ilustrasi promosi video

Media sosial yang banyak digunakan bukan hanya YouTube. Maka dari itu, promosi konten video anda kan lebih mudah dilakukan melalui media sosial lain yang anda punya. Contohnya anda bisa mempromosikan konten yang akan anda buat atau sudah diupload melalui Instagram dan Tiktok.

Sebenarnya anda juga bisa lebih berinteraksi dengan target penonton melalui media sosial lain. Anda bisa memanfaatkan sesi tanya jawab untuk menentukan konten apa yang cocok untuk diupload. Hal tersebut akan meningkatkan antusias pengguna media sosial lainnya. Jangan lupa untuk membagikan link video YouTube anda melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan masih banyak lagi, sehingga akan lebih mudah ditemukan.

5. Manfaatkan YouTube analysis

Ilustrasi analisis
Ilustrasi analisis

Setelah menerapkan SEO untuk YouTube di atas. Jangan lupa untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi yang sudah anda terapkan melalui YouTube Analysis. Anda perlu menganalisis semua video yang sudah diupload, sehingga bisa mengevaluasi strategi mana yang dirasa kurang efektif. Dengan begitu anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk segera memperbaiki dan lebih mengoptimalkan strategi selanjutnya.

Tak perlu khawatir dengan cara analisis yang rumit, YouTube sudah menyediakan analytics tool. Cukup buka Studio YouTube Anda, lalu menuju ke bagian kiri dan klik bagian Analytics. Pada bagian tersebut anda bisa melihat analisis dari video-video yang sudah diupload sebelumnya.

Itulah lima tips SEO untuk YouTube. Bagi para konten kreator terutama yang masih pemula wajib memahami dan menerapkan SEO dengan tepat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top