fbpx

Saat ini esport berkembang sangat pesat di tengah kemajuan teknologi. Begitu juga dengan hadiah esport terbesar di dunia yang berhasil dilaksanakan beberapa waktu silam. Begitu besarnya antusias dan komunitas esport yang tersebar di seluruh dunia, hadiah atau prize pool yang diberikan sudah mencapai angka yang fantastis.

Bahkan saat ini kita dapat menyaksikan bahwa bermain game bukan lagi sekedar hiburan semata, namun menjadi sebuah pekerjaan yang membutuhkan keahlian serta ketekunan di dalamnya. Tidak semua orang yang bermain game dapat menjadi pemain yang profesional jika tidak diimbangi dengan niat dan tekad yang kuat.

Baik di Indonesia maupun luar negeri, perkembangan olahraga elektronik sangat cepat dan memiliki dukungan yang kuat baik dari pemerintah maupun dari masyarakat. Banyak sekali turnamen esport yang telah berhasil dilaksanakan di berbagai regional seperti Amerika, Eropa, Asia, dan lain sebagainya.

Apa itu Esport?

Ilustrasi pemain profesional esport
Ilustrasi pemain profesional esport

Esport adalah suatu permainan elektronik yang dimainkan secara jamak oleh para pemain profesional dalam kerangka turnamen. Banyak sekali jenis permainan yang termasuk ke dalam esport ini seperti permainan tembak menembak, perkelahian, mengatur strategi, dan lain-lain. Perkembangan esport ini mengalami peningkatan yang signifikan semenjak 10 tahun terakhir. Hal ini juga diikuti dengan perkembangan teknologi dan jenis permainan yang dibuat untuk mendukung berbagai turnamen esport.

Pada tahun 2000-an awal, biasanya yang mengikuti turnamen masih merupakan pemain amatir. Namun, semenjak memasuki tahun 2010-an terdapat istilah pro-player atau pemain profesional yang diorientasikan bermain dalam suatu tim dan memenangkan suatu turnamen. Kini persaingan di dunia esport di Indonesia tergolong sangat ketat dan kompetitif.

Lalu, apa saja turnamen esport yang menyediakan hadiah terbesar di dunia? Simak ulasannya berikut ini!

1. The International 2021 (US$40 juta)

The International 10 salah satu turnamen dengan hadiah esport terbesar
The International 10 salah satu turnamen dengan hadiah esport terbesar (Sumber: Indozone)

The Interational 2021 atau yang biasa dikenal The International 10 (TI10) merupakan sebuah turnamen esport permainan Dota 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Valve. Untuk bisa masuk dan bertanding dalam turnamen ini, para tim esport harus melalui serangkaian turnamen yang nantinya akan mendapatkan poin untuk kualifikasi pada turnamen The International. Sebanyak 12 tim mengikuti turnamen Dota Pro Circuit (DPC) yang nantinya akan diundang untuk bertanding di TI10.

Sebanyak enam tim lainnya harus menjalankan serangkaian turnamen regional yang diadakan pada tahun 2021 untuk mendapatkan undangan bertanding di The International 2021. The International 2021 merupakan turnamen dengan hadiah esport terbesar di dunia sepanjang sejarah. Total hadiah T10 mencapai US$40 juta atau setara dengan 577 miliar rupiah. Hal ini tentu merupakan turnamen yang paling memiliki pamor paling berkelas dan paling menjanjikan di seluruh dunia.

2. Fortnite World Cup 2019 (US$ 30 juta)

Pemenang Fortnite Worldcup 2019
Pemenang Fortnite Worldcup 2019 (Sumber: Esport ID)

Hadiah esport terbesar kedua disusul oleh turnamen video game fortnite. Disebut jga Fortnite World Cup 2019 yang memberikan total hadiah US$ 30 juta atau setara dengan Rp421 miliar. Fortnite sendiri merupakan game battle royale atau permainan bertahan hidup yang meyajikan berbagai mode permainan. Fortnite World Cup diselenggarakan oleh Epic Games yang menyediakan dua cabang turnamen. Untuk turnamen jenis solo player, dimenangkan oleh Kyle Bugha dan mendapatkan setengah dari total hadiah.

Sementara setengah hadiah lainnya diberikan untuk cabang trio atau tiga pemain. Fortnite World Cup dan The International memiliki persaingan atas jumlah hadiah yang diberikan. Dua-duanya merupakan turnamen esport paling prestisius di dunia.

3. League of Legends World Championship 2018 (US$ 6 juta)

Pemenang LoL World Championship 2018
Pemenang LoL World Championship 2018 (Sumber: The Rift Herald)

Turnamen esport yang tidak kalah hebat dalam memberikan jumlah hadiah pemainnya yaitu League of Legends World Championshi 2018. League of Legends atau yang biasa dikenal LoL merupakan permainan pertarungan arena online yang dikembangkan oleh Riot Games. Pada 2018, jumlah hadiah yang berikan oleh Riot Games mencapai US$ 6 juta atau Rp84,2 miliar. Tentu turnamen esport ini memiliki nilai yang tinggi seperti dua turnamen yang telah disebutkan sebelumnya.

Menurut detikinet, sebenarnya total hadiah turnamen LoL di seluruh regional bisa melebihi total hadiah Fortnite World Cup. Namun, turnamen yang diselenggarakan di berbagai regional tersebut tidak di bawah penyelenggara Riot Games.

4. Call of Duty League Championship 2020 (US$ 4,5 juta)

Dallas Empire, pemenang COD League Championship 2020
Dallas Empire, pemenang COD League Championship 2020 (Sumber: Dot Esports)

Call of Duty merupakan game berjenis first person shooter yang telah dikembangkan pada tahun 2003 silam. Pada tahun 2020 terdapat turnamen Call of Duty League Championship yang berhasil diselenggarakan di tengah pandemi yang melanda. Bahkan, hadiah yang diberikan tergolong cukup fantastis yaitu US$ 4,5 juta atau Rp64,9 miliar.

Call of Duty League Championship 2020 berhasil dimenangkan oleh Dallas Empire setelah mengalahkan Atlanta Faze pada babak Grand Final dan berhasil membawa pulang hadiah sebesar US$ 1,4 juta. Turnamen yang diselenggarakan saat pandemi Covid-19 ini dengan hadiah yang begitu besar merupakan suatu pencapaian tersendiri dalam sejarah turnamen esport.

5. PUBG Global Championship 2019 (US$ 4 juta)

Pemenang PUBG Global Championship 2019
Pemenang PUBG Global Championship 2019 (Sumber: Hybrid.co.id)

Hadiah esport terbesar juga diraih oleh video game PUBG atau Player Unknown Battleground. Sebuah permaianan yang mirip dengan Fortnine dimana pemainnya harus bertahan hidup hingga menjadi yang terakhir. Turnamen esport yang diselenggarakan ini merupakan jenis turnamen tim yang dimainkan 4 orang dalam setiap timnya. PUBG Global Championship 2019 memiliki total hadiah sebesar US$ 4 juta atau setara dengan Rp57 miliar.

Turnamen ini diikuti oleh 32 tim yang akhirnya dimenangkan oleh Gen.G Esports yang berasal dari Korea Selatan. Pemenang juara 1 PUBG Global Championship 2019 berhasil membawa pulang US$ 2 juta atau setengah dari total hadiah turnamen tersebut.

6. Dota 2 Asia Championship (US$ 3 juta)

Dota 2 Asia Championships
Dota 2 Asia Championships (Sumber: Liquipedia)

Seperti The International, kini Dota 2 memiliki turnamen esport yang memberikan hadiah besar yaitu Dota 2 Asia Championship. Turnamen ini diselenggarakan di Shanghai, China. Pemenang dari Dota 2 Asia Championship yaitu Evil Geniuses setelah berhasil mengalahkan tim kuat lainnya Vici Gaming dengan skor akhir 3-0.

Total dari tim yang mengikuti turnamen ini yaitu 20 tim. Terdapat berbagai kualifikasi untuk dapat bertanding pada turnamen esport yang satu ini. Salah satunya yaitu dengan mengikuti turnamen tingkat regional yang diselenggarakan di masing-masing wilayah seperti Amerika, Eropa, Asia.

7. Overwatch League 2020 (US$ 2,9 juta)

Overwatch League 2020 Finals
Overwatch League 2020 Finals (Sumber: Dot Esports)

Overwatch memilki sebuah turnamen dengan hadiah esport terbesar di urutan ke-7 yaitu Overwatch Leagu 2020. Memiliki total hadiah sebesar US$ 2,9 juta atau senilai Rp43 miliar menjadi salah satu turnamen esport yang paling bergengsi di dunia. Overwatch sendiri merupakan permainan first person shooter yang dikembangkan oleh Blizzard Enternatainment pada Mei 2016.

Overwatch League 2020 diselenggarakan di San Fancisco yang dimenangkan oleh Shock setelah mengalahkan Seoul Dynasty pada babak grand final. Turnamen tersebut menjadikan turnamen Overwatch yang memiliki jumlah hadiah paling besar di seluruh turnamen Overwatch. Saat ini, terdapat banyak sekalin pemain Overwatch dan komunitas esport yang berkembang sangat pesat.

Itulah beberapa turnamen esport dengan hadiah paling besar. Kalian juga bisa loh menjadi pemenang di salah satu turnamen tersebut dengan syarat harus memiliki tekad yang tinggi untuk menggapainya. Gimana? apakah kalian tertarik untuk menjadi pemain profesional? Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Cool 5 Tournament Esport Mobile dengan Prize Pool Tertinggi, Ada Game Favoritmu?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top