fbpx

Website atau situs web adalah halaman web yang berisikan kumpulan informasi yang dikelola oleh individu, kelompok, atau organisasi. Setiap website memiliki jenis website tertentu yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan dari pengelola. Yuk simak sampai akhir untuk mempelajari jenis-jenis website!

7 Jenis Website

Jenis website disesuaikan dengan tujuan situs itu sendiri
Jenis website berbeda-beda menyesuaikan dengan tujuan dari situs itu sendiri

1. News

Jenis website news memiliki fungsi untuk memberikan informasi dan berita terkini kepada para pembacanya. Website news layaknya koran yang dituangkan kedalam bentuk digital. Website harus dibuat dengan desain yang simple agar pembaca tidak pusing saat membaca berita, contohnya adalah background pada website berita berwarna putih dan tulisan hitam. Di era teknologi digital seperti sekarang, website news paling sering digunakan untuk memperoleh berita dibanding melalui media lainnya.

Contoh jenis website news: inews, CNN

2. Marketing

Dalam sebuah perusahaan yang menjual barang atau jasa, website juga dapat dijadikan alat untuk pemasaran atau marketing. Website dapat dijadikan sebagai layaknya toko online yang memiliki sistem yang mudah jika ada transaksi yang dilakukan pembeli. Melalui media sosial lainnya, pengelola juga dapat mengarahkan pelanggan untuk mengunjungi website perusahaan atau berbelanja melalui website. Dan dalam website tersebut, harus ada kegiatan pemasaran yang akan menarik pelanggan seperti potongan harga saat pembelian pertama melalui website.

Contoh jenis website marketing: Sociolla, BLP Beauty

3. Blog

Jenis website blog juga dapat dikatakan sebagai website pribadi. Blog menjadi tren sejak tahun 2000 sebagai jurnal pribadi yang dapat di akses secara online. Isi website blog ini biasanya pengalaman, review, opini, dan-lain-lain yang dipublikasikan. Orang yang mengelola, memiliki, dan menulis di blog disebut dengan blogger. Blogger kini dapat dijadikan sebagai pekerjaan karena banyak orang yang tertarik dan menjadi pengikut blog mereka.

Contoh blog: anakjajan, qetring

4. Social Network

Jenis website social network sama saja seperti media sosial. Pada website ini kita dapat saling berhubungan melalui orang lain di seluruh dunia yang memiliki akun website tersebut. Jenis website ini paling umum digunakan oleh banyak orang.

Conoh jenis website social network : facebook, twitter

5. Entertainment

Jenis website entertainment berfungsi sebagai hiburan, seperti lagu, film atau video, chat room, live stream dan olahraga.

Contoh jenis website entertainment : Netflix, Spotify web

6. Educational

Jenis website ini dijadikan sebagai platform edukasi. Pada website educational kita ditawarkan untuk memperoleh pembelajaran baik secara formal ataupun informal secara online. Website ini biasanya banyak digunakan untuk bimbingan belajar ekstra bagi siswa siswi yang ingin mengejar kampus impiannya, namun website ini dapat juga digunakan bagi orang yang lebih memilih untuk belajar privat dan online.

Contoh jenis website educational: Quipper, Brainly

7. Wiki

Wiki merupakan jenis website yang penggunanya dapat mengedit informasi yang ada pada website tersebut seperti mengubah atau menambahkan. Wiki dikatakan sebagai software kolaboratif. Wiki juga merupakan sumber informasi dari seluruh dunia, baik mengenai tempat, sejarah, biografi, dan lain-lain.

Contoh jenis website wiki: Wikipedia

Sekarang sudah tahu kan 7 jenis website berdasarkan fungsinya?!

Baca juga : Spoiler Alert! 5 Keuntungan Layanan Website Development Bootsol!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top