fbpx

Website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses publik dan saling terkait, berbagi satu nama domain.

Website dapat dibuat dan dikelola oleh individu, kelompok, bisnis, atau organisasi untuk melayani berbagai tujuan.

Bersama-sama, semua website dapat diakses public membentuk World Wide Web.

Kesalahan penyebutannya menjadi “halaman web”, seharusnya website berbeda dengan halaman web, karena website sendiri terdiri dari beberapa halaman web.

Lebih Jauh Tentang Website

Website adalah variasi topik yang tidak pernah ada habis. Anda dapat mengisinya menjadi situs pendidikan, berita, forum, situs Media Sosial, e-commerce, dan sebagainya.

Halaman-halaman dalam website biasanya merupakan campuran teks dan media lainnya. Tidak ada peraturan tertentu, Anda bisa mengisinya sekreatif mungkin.

Anda bisa menautkan halaman website pada teks konten Anda. Misalnya kata “kucing”, maka Anda bisa menautkan hyperlink pada kata tersebut menuju halaman website yang mebahas topik tentang kucing.

Tautan ini bisa bersifat internal maupun external. Jika internal, maka Anda mengarahkan pada halaman website sendiri. Sedangkan external, mengarah kepada halaman website orang lain.

Pengertian website lainnya, website adalah halaman-halaman berupa dokumen HTML, yang semuanya terhubung melalui hyperlinks.

Dokumen-dokumen HTML tersebut bisa dikombinasikan melalui navigation bar untuk penelurusan yang lebih mudah.

Website dihosting di server, memerlukan browser web seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer. Bisa diakses melalui compute maupun telepon seluler.

Lalu, website bisa diakses dengan memasukkan alamat URL atau dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google atau Bing.

Photo by Igor Miske on Unsplash

Pengkategorian Website

Pertama kali dikemukakan oleh fisikawan Inggris di CERN, ia mengumumkan bahwa website adalah tempat dimana semua orang dapat mengakses dan menggunakan World Wide Web secara gratis

Fisikawan Inggris bernama Tim Berners Lee membuat pengumuman itu dibuat pada tahun 1993, setelah keberhasilan mereka membuat website pertama di dunia pada tahun 1990.

Sejak tahu itu pula, pada awalnya website adalah platform yang dikategorikan berdasarkan domain tingkat atas mereka. Beberapa contoh termasuk:

  • Situs web lembaga pemerintah = .gov
  • Situs web lembaga pendidikan = .edu
  • Situs web organisasi nirlaba = .org
  • Situs web komersial = .com
  • Situs informasi = .info

Meskipun ekstensi domain tingkat atas ini masih ada, mereka tidak banyak bicara tentang konten situs web yang sebenarnya.

Di internet modern, ekstensi “.com” sejauh ini merupakan domain paling populer, bersama dengan banyak ekstensi khusus negara lainnya , seperti .it, .de, .co.uk, .fr, dan sebagainya.

Pada dasarnya, website adalah platform yang menyediakan ruang untuk berbagai jenis bisnis maupun sebagai wajah dari self-branding.

Berbagai jenis website, diantaranya adalah website pribadi, e-commerce, Company Profile, website komunitas, website gallery, dan website berita.

Unsur-unsur pada Website

Unsur-unsur pada website adalah berbagai jalan untuk memudahkan user mengakses website. Terdapat 5 unsur website, berikut pemaparannya.

1. Domain

Pengertian domain, yaitu alamat dari website. Awalnya untuk mengunjungi website, Anda harus memasukkan alamt IP yang bentuknya berupa deretan angka.

Karena alamt IP dianggap terlalu sulit, maka setiap website modern memilki alamat dengan nama yang lebih jelas. Seperti misalnya sekilas info.

2. Hosting

Hosting atau web hosting merupakan server atau wadah di mana semua file website, bisa Anda simpan di dalamnya.

Anda bisa mengakses serta mengelola file-file tersebut melalui internet, seperti gambar, video¸teks, dan lainnya.

3. Konten

Website adalah tempat dimana Anda bisa berbagai segala informasi tergantung dari topik spesifik yang Anda bahas di website tersebut.

Segala informasi ini tentu tujuannya untuk dibagikan kepada orang-orang pengguna internet, baik berupa artikel informatif, toko online, jurnal, dan sebagainya.

Anda dapat secara bebas membuat konten di website dengan berbagai tujuan. Pastikan konten Anda berkualitas, sehingga orang-orang akan semakin percaya dengan website Anda karena memiliki kredibelitas.

4. Bahasa Pemrograman

Tim Berners-Lee awalnya mengembangkan website dengan Bahasa Pemrograman HTML.

Seiring berkembangnya dunia coding, maka terciptalah beberapa Bahasa pemrograman seperti CSS dan Javascript.

CSS untuk mengatur tampilan elemen website, dan JavaScript agar website lebih dimanis serta interaktif.

Bahasa pemrograman tersebut, mulai menarik banyak programmer untuk mengasah skill-nya menjadi lebih hebat.

Teknologi website terus berkembang sehingga orang yang tidka memiliki keahlian programming¸dapat membuat website dengan CMS (Content Management System), yaitu software untuk mengatur konten website.

Saat ini, CMS ada banyak jenisnya, seperti yang paling popular adalah WordPress, telah digunakan lebih dari 30 juta website atau setara dengan 60% website di dunia.

5. Tampilan

Konten dari website penting, tapi tampilan tidak kalah pentingnya.

48% pengguna internet menyebutkan bahwa desain website adalah faktor dalam menentukan kredibilitasnya, apalagi untuk website bisnis. 

Bukan hanya eye-catching, tetapi juga user-friendly. Artinya bukan hanya warna dan desain yang keren, tetapi juga mudah untuk diakses di berbagai perangkat.

Tampilan dari website diatus dalam pengaturan layout. Beberapa komponen website yang bisa diatur pada layout setting, diantaranya sebagai berikut:

6. Beranda (Home)

Beranda atau jika dalam Bahasa Inggris sering disebut Home, merupakan halaman pertama saat pengunjung pertama kali datang ke website milik kita.

Seringkali, Beranda semacam “hub” di mana semua halaman lain dapat diakses. Halaman web internal di mana beberapa halaman lain ditautkan dalam kategori tertentu.

Halaman Beranda juga bisa disebut sebagai halaman induk.

7. Footer

Bagian lain yang juga penting adalah halaman footer, merupakan bagian berulang lainnya yang ditemukan di bagian bawah setiap halaman.

Biasanya footer berisi tautan eksternal yang menunjuk ke website serupa dam sumber daya eksternal lainnya.

Bersama dengan info penting seperti penafian, tautan ke persyaratan layanan, kebijakan privasi, dan halaman kontak, serta halaman fisik perusahaan yang memiliki situs tersebut.

Situs web dihosting di server, dan memerlukan browser web seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer untuk dikunjungi, baik di komputer atau perangkat seluler.

8. Navigasi

Kolom navigasi ditampilkan di setiap halaman, bukan hanya di Beranda. Memudahkan pengguna untuk pindah dengan cepat melintasi struktur situs web utama.

9. Footer

Website adalah ruang dimana perusahaan dapat mencantumkan identitas, portfolio, informasi tentang harga produk dan sebagainya.

Biasanya, website juga berfungsi sebagai ruang informasi mengenai lokasi dimana perusahaan itu berada. Biasanya informasi tentang lokasi ini berada di kolom footer.

Footer biasa ditempatkan di bawah bawah halaman website. Salah satu informasi yang dicantumkan di footer adalah contact person, sekaligus lokasi dari perusahaan.

Selain itu, footer juga diisi dengan tauta menuju persyaratan layanan, kebijakan privasi, dan tautan eksternal lainnya.

Kesimpulan

Pada awalnya, website adalah platform digital yang dibuat oleh para programmer menggunakan Bahasa pemrograman.

Fisikawan Inggris yang menjadi programmer website pertama di dunia, adaalah Tim The Benners-Lee. Sejak itu, mereka mengumumkan bahwa website bisa diakses secara gratis oleh penduduk dunia.

Untuk mengakses website, Anda memerlukan internet. Kemudian, dengan menjelajahi website, Anda dapat mengakses seluruh informasi, berbelanja, berbisnis, dan sebagainya.

Anda bisa gunakan jasa Bootsol untuk meramaikan campaign marketing Anda di Media Sosial, biaya terjangkau ditangani tenaga professional!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top