fbpx

Siapa disini yang hobi bermain video game? Tentu tidak bisa dipungkiri lagi, industri satu ini memang sedang booming di semua kalangan seluruh dunia, bukan? Saat ini perusahaan game terbaik di dunia mengalami peningkatan kesuksesan yang luar biasa. Game bukan lagi terikat pada satu perangkat PC saja, kini para gaming bisa bermain permainan video favoritnya melalui berbagai macam perangkat, seperti smartphone, tablet, televisi, dan perangkat seluler lainnya dengan pengalaman bermain yang tidak kalah tinggi kualitasnya dimana semua teknologi software tersebut sudah canggih yang membuatnya seperti bermain melalui perangkat PC pada umumnya.

Selama puluhan tahun, permainan berbasis video ini telah menjadi salah satu hiburan paling diminati mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Hingga sekarang, industri ini semakin berkembang dengan pesat dan menjadi industri terkaya dengan total peminatnya lebih dari 2 Miliar orang yang tersebar di seluruh dunia.

Menurut TBS News, pada tahun 2020, industri ini telah sukses menghasilkan pendapatan lebih dari $155 miliar, dimana pada tahun 2025, para analisis memprediksikan bahwa industri tersebut akan lebih berjaya dengan penghasilan mencapai lebih dari $260 miliar.

Lalu, apa saja perusahaan video game paling populer dengan penghasilan terbesar pada 2021 ya? Apakah ada yang dari Indonesia?

Yuk kita bahas dibawah ini

TOP 5 Perusahaan Video Game Dunia

1. Sony Interactive Entertainment

Video game PlayStation
Konsol video game terbaru dari Playstation (PlayStation 5)

SIE merupakan salah satu grup dari perusahaan teknologi raksasa Sony. Perusahaan ini didirikan di Tokyo pada tanggal 16 November 1993, yang bertujuan untuk menangani pengembangan video game Sony untuk sistem PlayStation. Menurut hasil pendapatannya, SCE dinobatkan menjadi perusahaan game terbaik dan terbesar 2021 di dunia. Perusahaan teknologi raksasa asal Jepang ini kini dapat menghasilkan lebih dari $25 miliar pendapatan pada saat kemunculannya PlayStation 5 tahun lalu dan menadi next-gen konsol permainan video paling terpopuler dunia.

Sejak peluncuran konsol permainan video PlayStation asli pada tahun 1994, perusahaan SIE telah mengembangkan konsol, aksesoris, dan layanan permainan video rumahan PlayStation yang kemudian berkembang dari Jepang ke Amerika Utara dan Eropa, di mana ia mendirikan cabang Sony Interactive Entertainment (dahulu bernama Sony Computer Ent) America (SCEA) pada Mei 1995 yang berlokasi di Foster City, California dan juga Europe pada Juli 1995 di Liverpool.

2. Tencent

Player Unknown Battlegrounds (PUBG Mobile)

Tencent adalah perusahaan teknologi terkemuka di dunia yang mengembangkan produk dan jasa inovatif nya untuk meningkatkan kualitas hidup banyak orang di seluruh dunia. Didirikan pada tahun 1998 dengan markas besarnya berlokasi di Shenzhen, China. Tencent juga menerbitkan beberapa video game terpopuler yang sudah memiliki jutaan pemain di dunia serta konten digital lainnya yang dipersembahkan bagi orang-orang sebagai hiburan interaktif yang berkualitas.

Tencent Games sendiri didirikan pada tahun 2003 yang berfokuskan pada permainan video online. Perusahaan video game ini memiliki empat studio pengembangan permainan videonya tersebut, yaitu kantor pusat studio TiMi di Shenzhen; Studio Lightspeed & Quantum di Shenzhen dan Los Angeles; Studio Aurora di Shanghai; serta Studio Morefun di Shenzhen. Pada tanggal 18 Maret 2019, Tencent Games mengumumkan bahwa anak perusahaannya, yaitu TiMi Studios akan mengembangkan sebuah permainan video Call of Duty: Mobile. Kemudian, pada tanggal 1 Oktober 2019, permainan tersebut rilis di seluruh dunia dan telah melampaui 35 juta pengunduh dan lebih dari 2 juta USD pendapatan pada saat itu.

PUBG Mobile original beserta versi China nya tersebut berhasil berada pada urutan teratas dalam daftar Global Mobile Games berdasarkan hasil pendapatan yaitu sebesar 232 juta USD total penjualan pada bulan Maret 2020. Kesuksesan mobile video game ini dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga banyaknya peningkatan pada orang-orang yang beralih mencari hiburan via online. Selain PUBG, Honor of Kings juga mendapatkan peringkat sebagai permainan video dengan pendapatan tertinggi kedua di seluruh dunia dengan penghasilan sebesar 112 juta USD total pendapatan.

3. Nintendo

Animal Crossing Nintendo Switch

Nintendo Co,. Ltd adalah sebuah brand eletronik multinasional Jepang serta merupakan perusahaan video game yang berkantor pusat di Kyoto, Jepang. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1889 dengan nama Nintendo Karuta oleh seorang pengrajin bernama Fusajiro Yamauchi yang awalnya memproduksi permainan kartu hanafuda secara handmade. Setelah berkecimpung dalam berbagai bidang bisnis selama puluhan tahun dan telah mendapatkan status hukum sebagai perusahaan publik pada saat itu, lalu Nintendo mendistribusikan konsol video game pertamanya pada tahun 1977 yang kemudian mendapatkan pengakuan internasional dengan dirilisnya Donkey Kong pada tahun 1981 serta Nintendo Entertainment System dan Super Mario Bros pada tahun 1985.

Sejak saat itu, Nintendo sukses menghasilkan beberapa konsol paling banyak diminati dalam industri permainan video, seperti game Boy, Super Nintendo Entertainment System, Nintendo DS, Wii, dan Nintendo Switch. Karena kesuksesannya tersebut dalam menciptakan berbagai macam permainan video dengan hasil pendapatan sebesar 59 triliun rupiah, perusahaan ini juga telah berhasil menciptakan banyak franchise utamanya, seperti Mario, Donkey Kong, Pokemon, Kirby, Animal Crossing, Star Fox, serta Super Smash Bros.

4. Activision Blizzard

Seri Call of Duty (Warzone)

Activision Blizzard, Inc merupakan sebuah perusahaan video game Amerika yang berlokasi di Santa Monica, California. Perusahaan ini didirikan pada bulan Juli 2008 melalui merger dari perusahaan Activision, Inc. Perusahaan ini menghasilkan pendapatannya sebesar kurang lebih 49 triliun rupiah.

Pada November 2016, Blizzard Entertainment yang merupakan anak perusahaan dari Activision Blizzard mengumumkan perilisan dari Overwatch League, yaitu liga permainan video profesional serta pada tahun 2018 menandatangani kontrak bersama Walt Disney sebagai media penyiaran Overwatch League Games.

Activision Blizzard juga menangui serta mengoperasikan beberapa studio tambahan dibawah Activision Publishing, seperti Infinity Ward, High Moon Studios, dan Treyarch. Beberapa game hasil produksinya yang sukses di internasional antara lain, Call of Duty, Crash Bandicoot, Guitar Hero, Candy Crush Saga, serta World of Warcraft.

5. Electronic Arts (EA)

EA Sports (FIFA 2021)

Electronic Arts Inc. merupakan sebuah perusahaan video game asal Amerika yang berlokasi di Redwood City, California. Ini merupakan perusahaan game terbesar kedua di Amerika serta Eropa dengan pendapatan lebih dari 48 triliun rupiah. Perusahaan ini didirikan dan dikelola pada tanggal 27 Mei 1982, oleh karyawan perusahaan Apple pada saat itu yang bernama Trip Hawkins. EA berhasil menjadi pelopor pertama industri game komputer dengan mempromosikan para desainer dan programer yang dijuluki sebagai “Software Artists”.

EA telah menerbitkan sejumlah game dan software untuk kepentingan perangkat pribadi dimana semuanya dikembangkan oleh para individu dan kelompok eksternal lainnya yang sudah profesional dalam bidangnya. Hingga saat ini, Electronic Arts telah mengembangkan dan juga berhasil mencetak berbagai macam game franchises, termasuk Battlefield, Need for Speed, The Sims, Army of Two, serta EA Sports yang sangat populer dikalangan para gamer yaitu FIFA, NBA Live, Madden NFL, dan juga EA Sports UFC.

Baca juga: Amazing Demam Game Online? Ini 5 Tim Esport Indonesia Yang Sukses Mengharumkan Nama Bangsa!

1 thought on “TOP 5! Perusahaan Video Game Paling Famous di Dunia.”

  1. Pingback: Warning Kecanduan Game Online Berdampak Buruk 5 Hal Ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top