fbpx

Halo teman-teman apa kabar? Semoga baik-baik saja ya, kali ini aku akan membahas tentang perbedaan dari Notebook dan juga Laptop . Pasti teman-teman semua susah membedakan antara Notebook dan juga Laptop karena bentuknya serupa dan fungsinya yang hampir sama. Sebelum membahas tentang Perbedaan antara Notebook dan juga Laptop ada baiknya kita sadari apa saja persamaan yang dimiliki oleh Notebook dan juga Laptop.

PERSAMAAN NOTEBOOK DAN LAPTOP

  1. Berdasarkan Definisnya

Laptop : Laptop atau komputer jinjing adalah komputer pribadi yang berukuran relatif kecil dan ringan.

Notebook:Notebook sendiri adalah sebuah perangkat komputer portable yang biasanya berukuran layar kurang lebih 13.1 inchi hingga 18 inchi. Dan notebook adalah komputer portable mini hasil perkembangan dari laptop. 

Jika secara definisi, Notebook dan Laptop seperti tidak ada perbedaannya. Notebool sendiri adalah laptop yang dikembangkan.

2. Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya Laptop dan Notebook memiliki fungsi yang sama, yaitu Mengetik & Presentasi,Edit Foto, Desain & Video,Media Penyimpanan Data

3. Berdasarkan Komponennya

Komponen yang ada dalam Laptop dan Notebook juga sama yaitu monitor display, keyboard, dvd drive, port input-output dan komponen-komponen yang terdapat dalam casing seperti processor, hardisk dan memory.

Nah bagaimana, setelah tahu persamaannya kalian jadi bingung kan apa saja perbedaannya? mari kita langsung bahas perbedaan dari Laptop dan Notebook.

1. Bentuk atau ukuran Laptop lebih besar

Laptop memiliki ukuran layar paling kecil diantara 13 inci sampai terbesar 20 inci.

Ragam range ukuran layar tersebut akan sebanding dengan luas kontroler dan Hardware fungsional lainnya. Menjadikannya terlihat lebih besar dan berat dari pada Notebook yang bisa berada di antaranya namun cenderung ke arah yang lebih kecil.

Notebook sendiri adalah perangkat komputer jinjing yang memiliki ukuran layar yang lebih kecil ketimbang notebook. Ukuran layarnya rata-rata hanya sekitar 13 hingga 18 inci saja.

2. Dukungan Spesifikasi Notebook terbatas

Notebook di prioritaskan untuk mendukung kebutuhan yang sederhana, misalnya menyelesaikan tugas dokumentasi dengan aplikasi Microsoft Office, dukungan aplikasi ringan dan berinternetan di halaman Website penjelajah.

Kebutuhan tersebut sudah dibilang cukup mengingat dukungan Hardware pada Notebook tidak terlalu besar, beberapa memuat kapasitas RAM cukup 2 GB sampai 4GB, Prosesor Dual Core, Hardisk sampai 500 GB, Tanpa dukungan VGA Card sudah cukup maksimal.

Selain itu menyederhanakan output fungsional sistemnya, dengan terbatasnya port usb yang tersedia, mendukung hanya salah satu duplicate display VGA atau HDMI, seri terbarunya bisanya memuat port HDMI saja.

Beda halnya dengan Laptop, dukungan Hardware lebih besar hampir serupa dengan komputer, Kapasitas memori RAM 4 – 16 GB, Hardisk 500 GB sampai 1 TB atau lebih, dukungan SSD generasi penyimpanan yang lebih cepat,  prosesor yang lebih tinggi intel Core i3 – Core i9 / AMD Rayzen 3 – 7.

Dukungan Hardware lainnya lebih banyak, variasi  USB 3.0 lebih dari satu di setiap sisi, USB type C, dukungan port VGA maupun HDMI, DVD Room, sound dan lainnya.

Semakin besar dukungan Hardware maka semakin baik juga untuk memproses aktivitas dari tugas yang akan dikerjakan.

3. Fungsional Laptop Lebih Beragam

Laptop yang memiliki Layar yang lebih besar dan luas sangat cocok untuk keperluan desain grafis, video editing, Bermain game kualitas tinggi dan aplikasi yang memerlukan interaksi yang luas pada layar dekstop.

Berbeda dengan Notebook yang memiliki spesifikasi terbatas dengan layar tampilan yang sempit, membuat dukungan untuk memproses kinerja yang tinggi tidak bisa terpenuhi, yang ada sistem akan berhenti bekerja jika dipaksakan.

4. Harga Notebook Lebih Murah dari Laptop

Kisaran harga Rp. 3.000.000 sampai 5 juta sudah bisa memiliki Notebook, sedangkan Laptop harus mengeluarkan uang sekitar 5 sampai belasan juta untuk mendapatkan seri standar dan tinggi.

Nah bagaimana sekarang kalian sudah paham kan apa saja Perbedaan yang dimiliki oleh Notebook dan juga Laptop, tentu saja mereka mempunyai Plus dan minus nya sendiri yaa…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top