fbpx

Dewasa ini, branding menjadi suatu hal yang sangat diperlukan untuk menunjang keberlangsungan suatu perusahaan. Tanpa branding yang baik, konsumen akan sulit untuk menaruh perhatiannya pada perusahaan tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan branding perusahaan adalah dengan membuat desain logo yang mudah diingat oleh masyarakat. Logo yang menarik sangatlah penting karena ia merupakan representasi visual dari perusahaan yang sedang kita bangun atau sedang dipertahankan.

Terlebih lagi untuk perusahaan Start Up, perusahaan yang sejatinya baru dirintis memiliki resiko yang tinggi karena masih berada dalam tahapan mencari model bisnis dan pasar yang sesuai. Untuk itu, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko tersebut adalah dengan membuat logo yang eye-catching, namun tetap memiliki makna yang mewakili perusahaan.

Apa itu Logo?

Logo VW

Menurut KBBI, logo adalah huruf atau lambang yang mengandung makna, terdiri dari satu kata atau lebih sebagai lambang atau nama perusahaan dan sebagainya. Sekarang, ia tidak hanya terpaku pada huruf saja tapi bisa berupa sketsa atau gambar yang mempunyai makna tertentu yang bisa mewakili sesuatu, dalam hal ini adalah perusahaan start up kamu. Dari pengertian tersebut, sudah jelas bahwa logo memiliki tujuan untuk mengidetifikasi. Orang-orang bisa dengan mudah mengidentifikasi perusahaan kamu.

Apa itu Branding?

Dilansir dari Accurate, sederhananya branding adalah nama dari suatu bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Ketika membicarakan branding artinya akan selalu berkaitan dengan citra perusahaan. Branding akan selalu berusaha membuat citra perusahaan terlihat baik di mata masyarakat luas karena tujuan branding sendiri adalah mengenalkan merek atau brand perusahaan. Salah satu cara supaya citra perusahaan terlihat baik adalah dengan logo yang menarik.

Baca Juga: Spoiler Makna dibalik Logo E-Sport yang Memicu Semangat 1

Apa yang Membuat Logo Tampak Menarik?

MacBook dari Apple

Logo yang baik biasanya memiliki ciri khas, sesuai dengan identitas perusahaan, praktis, gambar dan bentuknya sederhana, serta menyampaikan pesan dari pemiliknya. Dalam proses pembuatannya membutuhkan konsep yang matang. Tidak hanya itu, proses eksekusinya juga harus maksimal. Desain yang telah dibuat harus bisa dicetak dalam berbagai ukuran. Bahkan, seharusnya bisa terlihat tampak menarik walaupun belum diberi warna.

Tahapan Membuat Logo

Dari laman Smashing Magazine, tahapan membuat logo yang baik adalah:

  1. Membuat desain yang sederhana dulu. Tanyakan pada klien desain yang dan makna yang diinginkan
  2. Melakukan riset terhadap perusahaan klien, meliputi industri yang digelutinya, sejarah, hingga para pesaingnya
  3. Memperbanyak referensi supaya kita bisa menyesuaikan desain yang akan kita buat dengan kondisi yang ada sekarang
  4. Matangkan konsep dan mulailah membuat sketsa supaya imajinasi kita semakin berkembang
  5. Sempatkan untuk refleksi, maksudnya adalah meluangkan waktu istirahat untuk mengevaluasi apa yang telah kita desain. Ini akan membantu kita untuk menemukan ide baru, mematangkan konsep yang sudah ada, dan bisa saja menemukan perspektif yang baru.
  6. Ajukan kepada klien, apakah desai yang telah dibuat sudah sesuai atau masih ada yang harus direvisi. Ini dilakukan sebelum dilaksanakan kegiatan presentasi logo.
  7. Presentasikan desain yang telah dibuat. Lakukanlah dengan semaksimal mungkin. Biasanya klien lebih menyukai hasil desain dengan format pdf. Mempersiapkan presentasi dengan maksimal adalah salah satu cara supaya klien bisa dengan mudah setuju dengan apa yang telah kita buat.
  8. Setelah klien setuju, kirimkan desain yang telah kita buat dan sesuai dengan pesanan. Jangan lupa untuk memberikan mereka dukungan atau support. Bagaimanapun, kita harus terlihat ramah pada setiap klien. Setelah itu, kita bisa memulai untuk mengerjakan proyek yang baru.

Cara Membuat Desain Logo yang Efektif

Netflix

1. Sederhana

Poin yang satu ini sudah menjadi dasar pembuatannya dimana desain yang sederhana biasanya mudah diingat, mudah dikenali, dan serbaguna. Coba kamu ingat brand ternama seperti Nike, Apple, McDonald, BBC News dan yang lainnya. Baru disebutkan namanya saja, kita langsung ingat bagaimana bentuk logo yang mereka usung. Yang sederhana biasanya paling efektif untuk menyampaikan kebutuhan klien.

2. Memorable

Satu hal yang paling dekat dengan kata sederhana adalah memorable atau mudah diingat. Seperti yang pernah disebutkan oleh Paul Rand, seorang perancang grafis terkenal Amerika Serikat mengatakan bahwa subjek yang dijadikan pembuatan desain atau konten yang ingin disampaikan berada dibawah kekhasan sebuah logo.

3. Bersifat Abadi

Cobalah untuk pertimbangakan apakah desain yang telah dibuat atau dipesan akan bertahan hingga berapa tahun. Seharusnya, apa yang telah kita buat bersifat timeless atau abadi, tak lekang oleh waktu. Pakaian atau trend fashion yang dibuat oleh Gucci berubah setiap dekadenya, namun tidak dengan logonya.

4. Serbaguna/Versatile

Dalam hal ini, desain yang kita buat harus bisa dibuka atau diakses dalam pelbagai device. Oleh sebab itu, pastikan desain dirancang dalam format vektor sehingga kualitasnya akan tetap terjaga.

Tesla

Cobalah untuk menerapkan tips yang sudah kami jelaskan diatas ya. Semoga beruntung dan sukses dengan start-up nya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Butuh Website, Yuk Mampir ke Bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top