fbpx

Belajar photoshop pemula salah satunya bisa melalui channel YouTube yang menyediakan tutorial tentang penggunaan Adobe Photoshop. Hal ini dikarenakan banyak orang mengalami kesusahan untuk memulai belajar tentang desain grafis. Entah itu penggunaan aplikasi yang susah dimengerti, atau juga menemukan ide kreatif yang bisa dibuat. Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti mencoba melihat karya orang lain, minta diajarkan oleh teman yang lebih pro, ataupun mencoba dengan otodidak. Namun, salah satu solusi yang sering dilakukan adalah dengan menonton video YouTube yang menampilkan cara terbaik untuk belajar adobe photoshop

Desain grafis sejatinya merupakan proses berkomunikasi dengan media atau elemen visual seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang ditujukan untuk memberikan makna terkait suatu pesan kepada si penerima pesan. Intinya, desain grafis adalah salah satu media penyampaian pesan, entah itu pesan iklan, kampanye, media belajar, atau hanya sekedar hiburan.

Illustrasi Belajar Photoshop Pemula
Illustrasi Desain Grafis

Sebenarnya, ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan desain grafis, baik itu di laptop/pc maupun di mobile smartphone. Namun biasanya, Adobe Photoshop menjadi salah satu primadona bagi pelaku desain grafis untuk membuat karya-karyanya.

Di sisi lain, tak sedikit orang yang kebingungan dalam penggunaannya. Terlebih, Adobe Photoshop bukan aplikasi yang memberikan kemudahan bagi pemula, khususnya terkait penggunaannya. Pemula pasti akan merasa asing terhadap beberapa tools yang terdapat didalamnya, atau juga tidak mengerti apa fungsi dan cara menggunakannya.

Namun tidak perlu khawatir, ada banyak channel YouTube yang bisa dimanfaatkan untuk memulai belajar Adobe Photoshop. Disana terdapat banyak tips, tutorial penggunaan aplikasi, hingga bisa digunakan untuk menemukan ide kreatif dalam karya desain grafis. Sehingga ini akan sangat cocok digunakan untuk belajar meskipun belum pernah mengoperasikan Adobe Photoshop. Nah bagi kamu yang ingin belajar lebih tentang desain grafis, berikut beberapa rekomendasi channel YouTube yang bisa digunakan memulai belajar Adobe Photoshop

Channel YouTube Gareth David Studio

Channel Youtube Gareth David Studio
Channel Gareth David Studio

Yang pertama ada Gareth David Studio. Gareth David adalah seorang kreatif freelancer yang memiliki spesialisasi pada desain digital atau cetak, logo serta branding. Dimana ia berbasis di UK dan sudah memiliki lebih dari 14 tahun pengalamannya di industri desain.

 Pada channel YouTube ini, banyak memberikan tutorial tentang semua terkait desain grafis, mulai dari warna, layout, tipografi, maupun tutorial membuat beberapa produk desain grafis seperti stiker, vector, maupun creative arts lainnya.

Disini tidak hanya belajar tentang Adobe Photoshop, namun ada beberapa aplikasi lain seperti Adobe Illustrator, After Effects dan Adobe InDesign. Namun jangan khawatir, bagi kamu yang hanya ingin fokus belajar tentang Adobe Photoshop, kamu bisa menemukan beberapa episode tentang belajar Adobe Photoshop secara runut dalam playlist yang sudah diberikan.

Playlist Channel YouTube Gareth David Studio
Playlist Channel Gareth David Studio

Ini beberapa playlist yang bisa menjadi bahan buat belajar photoshop pemula, yang sedikit banyak sudah disampaikan dan dijelaskan dalam channel YouTube ini. 

Yes I’m a Designer

Channel Youtube Yes I'm a Designer
Channel Yes I’m a Designer

Selanjutnya adalah channel YouTube Yes I’m a Designer. Channel ini memiliki lebih dari 450 ribu subscribers yang dikelola oleh Martin Perhiniak. Martin adalah seorang Master dan Instrukstur Desain Grafis bersertifikat dan ia dipilih menjadi salah satu dari 10 instruktur Adobe terbaik di dunia oleh Student Feedback di tahun 2015. Ia juga berpartisipasi dalam beberapa projek besar seperti Cars dan Toy Story di Pixar, Dr. Who di BBC, atau Hot Wheels dari Mattle.

Baca juga: Amazing Inilah 8 Macam Desain Grafis yang Kalian Belum Tahu

Disini, ada banyak tutorial yang bisa dilakukan untuk belajar Adobe Photoshop. Tak hanya Adobe Photoshop, disini juga untuk belajar Adobe Illustrator, dan juga Adobe InDesign. Selain itu, channel YouTube ini terbilang up to date dan memiliki banyak playlist tutorial serta challenge menantang didalamnya.

Salah satu yang bisa diikuti adalah 365 Days of Creativity. Di playlist ini ada banyak tutorial dengan topik yang berbeda, dan tentunya bisa membuatmu pro dalam 1 tahun.

Photoshop Tutorials

Channel YouTube Photoshop Tutorials
Channel Photoshop Tutorials

Selanjutnya ada channel Photoshop Tutorials. Seperti namanya, Photoshop Tutorials memberikan banyak ilmu seputar penggunaan Adobe Photoshop. Channel ini memiliki lebih dari 560 ribu subscribers sehingga cocok buat kamu yang ingin belajar photoshop sebagai pemula.

Ada banyak produk desain grafis yang diajarkan melalui channel ini seperti membuat manipulasi foto, double exposure, efek soft light, text effect, speed art, dan produk desain grafis lainnya.

Di channel ini video ditampilkan dengan durasi waktu sekitar 5 hingga 20 menit tergantung tingkat kerumitan desain yang dibuat. Jadi buat kamu yang ingin belajar photoshop bisa cek channel ini ya!.

Dansky

Channel YouTube Dansky
Channel Dansky

Berikutnya ada channel Dansky. Dansky memiliki subscribers lebih dari 700 ribu. Channel ini sudah berjalan sejak tahun 2014 yang sudah memproduksi lebih dari 600 video terkait tutorial desain grafis.

Disini, ada banyak tutorial yang di berikan mulai membuat logo, shadow effect, lettering, dan masih banyak lagi. Disini juga tidak hanya memberikan penjelasan mengenai Adobe Photoshop, tetapi juga memberikan penjelasan mengenai Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, Adobe XD, dan Adobe InDesign

Baca juga: Amazing, Berikut adalah 7 Tempat untuk Menjual Desain Logo Kalian

Namun buat kamu yang ingin fokus belajar Adobe Photoshop, di channel ini memberikan playlist yang mengupas tuntas terkait Adobe Photoshop dengan jumlah video lebih dari 180 video. Tentu sangat cocok untuk belajar photoshop pemula, kan?

Mas Aji Channel

Channel YouTube Mas Aji Channel
Channel Mas Aji Channel

Selanjutnya ada channel YouTube Mas Aji Channel. Setelah sebelumnya banyak channel YouTube luar negeri, kali ini adalah channel dari dalam Negeri. Mas Aji Channel telah memiliki lebih dari 160 ribu subscribers dengan jumlah video lebih dari 300 video.

Disini channel YouTube ini, akan dipandu langsung oleh Mas Aji terkait tutorial desain grafis. Tidak hanya Adobe Photoshop, disini juga diajarkan tentang dasar CorelDRAW, Adobe Illustrator, hingga powerpoint. Namun yang ingin fokus belajar Adobe Photoshop, disini ada playlist yang memberikan materi tentang dasar-dasar Photoshop. Jadi buat kamu yang ingin belajar photoshop pemula dan tidak terlalu menguasai bahasa inggris, Mas Aji Channel bisa dijadikan rekomendasi untuk belajar lebih jauh.

Di channel YouTube ini juga kurang lebih sama seperti channel sebelumnya, dimana terdapat banyak tutorial praktikal terkait desain grafis dengan durasi video yang beragam tergantung kerumitan desain yang dibuat.

Comic Lincung

Channel Comic Lincung
Channel Comic Lincung

Dan yang terakhir adalah channel YouTube Comic Lincung. Sama seperti Mas Aji Channel, Comic Lincung adalah channel YouTube lokal Indonesia. Yang mana telah memiliki lebih dari 250 ribu subscribers dan total lebih dari 380 video.

Sama seperti channel sebelumnya, disini juga terdapat beberapa tutorial penggunaan aplikasi lain seperti Adope Premiere Pro, hingga Canva. Meskipun tidak terlalu banyak membahas mengenai dasar Photoshop, dan lebih banyak tentang praktikal, namun di channel YouTube ini terbilang lengkap mengingat memberikan banyak tutorial terkait membuat produk desain grafis dengan jenis yang berbeda-beda.

Sehingga channel YouTube Comic Lincung bisa dijadikan rekomendasi untuk belajar photoshop pemula serta menemukan ide kreatif yang beragam untuk dieksekusi menjadi beberapa produk desain grafis.

Nah, demikian beberapa rekomendasi channel YouTube yang bisa digunakan untuk belajar photoshop pemula. Dalam prosesnya, belajar photoshop menuntut konsistensi untuk selalu mencoba sehingga terbiasa menemukan ide dan penggunaan tools serta fungsinya.

Dari beberapa rekomendasi channel YouTube tersebut, terdapat banyak video yang bisa dijadikan referensi untuk dicoba atau dengan mengikuti challenge sehingga bisa meningkatkan kemampuanmu dalam membuat desain grafis melalui Adobe Photoshop.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top