fbpx

Iklan menjadi salah satu icon terpenting dalam dunia pertelevisian, namun sejak kemunculan pertama televisi di Indonesia pada tahun 1962 dan TVRI sebagai stasiun pertama ,media massa kita belum menggunakannya sebagai tempat memasarkan produk dagangan mereka pada saat itu.

Memasuki tahun pertama televisi di Indonesia tepatnya pada tahun 1963 baru dimunculkan iklan di televisi pada saat itu, namun tentu saja tidak sebagus seperti yang kalian saksikan sekarang ini ya, untuk pertama kalinya tv mengiklankan hotel yang bernama Tjipajung.

Tahun 1963 iklan masih berbentuk slide show belum menggunakan alat-alat canggih seperti lightning, kamera digital dan lainnya, namun tentu saja tetap menjadi hal yang menarik untuk masyarakat pada masa itu, mungkin orang tua kita sempat berada di era itu hehe. Kalian juga harus tau dong iklan-iklan yang pertama kali ditayangkan oleh televisi Indonesia, so simak informasi yang bakal mimin update ini ya guys….

1) Indomilk

Produk susu indomilk pertama di Indonesia (sumber : tirto.id)

Pada awal muculnya iklan produk susu Indomilk. Brand susu yang menguasai pasar di Indonesia ini adalah usaha yang dirintis oleh Nahar tanjung sebelum akhirnya di miliki oleh PT.Indolakto yang tidak langsung adalah anak perusahaan dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) milik Salim Grup.

slieshow pertama pemasaran susu Indomilk di Indonesia (sumber : m.diadona.id)

Merupakan slideshow yang muncul di televisi, belum berupa video hanya sebuah potongan gambar dan voice over yang menjadi bagian dari pemasaran indomilk, namun walau sederhana, sangat populer pada masa itu dan sudah menjadikan susu ini merajai pasar Indonesia, siapa sih diantara kita yang tidak tau dengan susu ini ? sekarang kalian sudah tau kan tampak awal munculnya brandingan susu ini di dunia digital Indonesi.

BACA JUGA : AWESOME INI 5 FUNGSI PERIKLANAN YANG HARUS KAMU KETAHUI BESERTA JENISNYA

2) BIR ANKER

bir anker (sumber : inkuiri)

Bir Anker adalah produk minuman beralkohol milik Delta Jakarta yang sudah berdiri sejak era kolonial belanda yaitu pada tahun1931, kala itu sangat banyak penikmat bir mulai dari kalangan tentara belanda atau kaum bumi putra, maka dari itu diciptakan lah bir ini agar saat itu masyarakat tidak perlu berkelahi hanya untuk bir yang memang diperoleh dari Australia dan stok nya terbatas, selain itu juga agar Indonesia memiliki produk bir sendiri, terbukti saat ini pemerintah Batavia sudah melepas sahamnya untuk bir ini.

Nah kalian mau tau tidak bagaimana tampilan pertama kali Bir ini dimunculkan di televisi ? nih mimin kasih liat

1990an

Tuh cuplikan slide iklan dari bir anker, sangat vulgar sekali ya haha, ya memang karena zaman itu kpi belum se intens sekarang, saat itu bir boleh ditayangkan di televisi dan menampilkan tampilan si bir tersebut ditambah dengan penampakan wanita berbaju yang terbilang cukup vulgar.

3) Vespa

Vespa Jadul

Mungkin banyak remaja zaman sekarang yang hanya tahu Vespa matic tanpa tahu bahwa sebenarnya inspirasi dari vespa matic itu adalah vespa jadul ini, piagio adalah produk motor pertama yang masuk ke dalam televisi Indonesia, karena memang pada era itu vespa adalah sebuah kendaraan yang didambakan semua kalangan, makanya pihak piaggio Indonesia mengiklankan prudk ini melihat banyak nya minat beli masyarakat Indonesia.

Semakin menariknya adalah siapa saja yang memiliki vespa pada saat itu sudah sangat menaikkan derajat individu tersbut di kelompoknya, dan juga memang untuk kita yang mengerti vespa, vespa memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki motor-motor lain, itu pula sebabnya zaman sekarang pihak piaggio masih terus meluncurkan gempuran-gempuran baru untuk setiap model vespanya dan salah satu yang paling menarik adalah Vespa LV yang harganya sampai 1Milliar loh..

Untuk kalian pecinta vespa dan kalangan anak muda yang hanya taunya vespa matic nih mimin kasih liat salah satu tampilan slide iklan dari kemunculan awal vespa di televisi Indonesia

iklan vespa jadul

Gimana sobat Bootsol? biarpun jadul tampilan vespa memang memiliki daya tarik tersendiri kan, memang tidak salah sampai sekarang pun masih banyak yang pede tetap mengendarai vespa jadul ini sebagai kendaraan sehari-hari, dan mimin termasuk kedalamnya hehe.. buat kalian penikmat vespa, vespa tipe apa nih yang menjadi favorit kalian? kalau mimin sih Excel 1987

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top