fbpx
macam-macam desain grafis

Desain grafis, adalah salah satu bidang yang sedang naik daun di dunia yang serba digital ini. ada berbagai macam desain grafis. Di dunia dimana semua kebutuhan bisa di dapatkan di internet, desain grafis menjadi kebutuhan penting bagi banyak bidang yang ada. Dari mulai kebutuhan komersil, branding, ilustrasi dan berbagai macam kepentingan lainnya. Dengan naiknya angka minat orang-orang yang memasuki dunia desain grafis dan kebutuhan dalam penggunaan desain grafis. berikut adalah macam-macam desain grafis:

Desain User Interface

Desain antar muka atau yang biasa dikenal dengan user interface (UI) adalah tampilan visual dari pengguna saat menggunakan suatu aplikasi atau perangkat. Contoh UI yang paling mudah adalah saat kalian membuka suatu aplikasi seperti Gojek atau Tokopedia, kalian bisa melihat tampilan yang sedemikian rupa untuk menarik minat dan memudahkan kalian. Desain UI biasanya mencakup tentang visual pada layar, penggunaan menu, dan kegunaan lainnya yang tersedia pada sebuah aplikasi atau perangakat. Desain UI ada untuk memudahkan pengguna sehingga tidak kebingungan saat menggunakan sebuah aplikasi atau perangkat.

Desain Advertasing

Mengiklankan suatu produk atau jasa dengan menggunakan gambar, itulah desain advertising. Intinya desain advertising berfokus pada memasarkan dan mengiklankan suatu barang atau jasa, desain advertising biasanya menyatukan warna, tipografi,dan gambar untuk menarik minat dari para target.desainer advertising biasa membuat poster, brosur, katalog, flyer dan lainnya.

Baca Juga: Software Untuk Membuat Desain Logo

Desain illustrator

Macam-macam desain grafis selanjutnya adalah desain illustrator. Desain illustrator biasa membuat gambar visual untuk mengisi atau mengilustrasikan suatu sebuah penjelasan atau tentang penggambaran suatu konten atau tulisan. Karena pada dasarnya, kita lebih suka gambar visual dari pada sebuah tulisan yang tidak mempunyai illustrasi atau gambar visual. Dengan adanya desain illustrator, sebuah konten atau tulisan tidak lagi menjadi sesuatu yang hambar dan membosankan.

Desain Visual Identity

Desain visual identity adalah sebuah branding dari suatu perusahaan untuk memperkuat kesan terhadap para pembeli atau customer. Dengan adanya visual identity, sebuah perusahaan akan di ingat akan keunikan dari perusahaan tersebut. Desain visual identity tidak hanya membuat logo saja, tetapi juga membuat sebuah maskot, packaging, desain brand, dan ikon. Dengan logo sebagai center attention, desain visual identity measukan elemen-elemen logo kepada maskot, ikon, packaging dan lainnya. agar memperkuat branding terhadap perusahaan tersebut.

Desain Motion Grafis

Desain motion grafis adalaha salah satu macam desain grafis yang sedang booming belakang ini. pasalnya desain motion grafis mengolah elemen grafis dengan menambahkan sebuah gerakan pada suatu gambar sehingga gambar dapat bergerak. berbeda dengan desain animation, desain motion grafis biasa digunakan dalam pembuatan animasi logo, GIF, presentasi dan lain-lainnya

Desain Animation

Desain animation, maca desian grafis yang sangat menarik untuk di dalami. Desain animation berfokus menciptakan gambar 2D, 3D, ataupun games. Dengan memanipulasi tampilan sebagai gambar bergerak. Desain animation merupakan salah satu macam desain grafis yang banyak diminati dan cukup sulit untuk di pelajari. Pasalnya banyak teknik-teknik yang dibutuhkan dan ketelitian yang sangat untuk mempelejari bidang ini. Ini adalah yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar luar negeri untuk membuat animasi seperti Pixar, Disney, DreamWorks dan lainnya

Desain typhography

Desain tipografi atau typography adalah yang berfokus terhadap menciptakan sebuah tipografi. Dalam artian menciptakan font-font yang menarik serta dapat digunakan oleh banyak orang. Desain tipografi juga merupakan salah satu macam desain grafis yang terbilagn jarang orang masuk dalam ranah ini. karena desain tipografi hanya menciptakan, mengolah dan mengatur sebuah tipografi atau font tulisan.

Desain Layout

Desain layout berfokus pada penataan visual dalam elemen visual. Biasa dibutuhkan dalam dunia percetakan dan penerbitan untuk menata tata letak suatu cover buku, majalah, dan lainnya. Desain layout juga biasa dipakai dalam menata cetak digital. dengan menata tata letak elemen visual, dapat mempengaruhi sebuah produk atau iklan. Desian layout dapat memudahakna pembeli buku, majalah dengan menata tata letak yang tepat.

Itulah macam-macam desain grafis yang sekarang banyak diminati. Dengan mengunakan elemen visual dapat melakukan banyak hal. Apalagi sekarang yang notaben-nya sudah banyak menggunakan digital. desain grafis sangat dibutuhkan dalam kemajuan teknologi ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top