fbpx

Berkembangnya pekerjaan Graphic Designer berkembang pula kebutuhan untuk menggunakan software desain grafis saat ini. Tidak hanya untuk perancang grafis, banyak sekali orang awam yang juga membutuhkan serta menggunakan aplikasi desain grafis untuk berbagai keperluan. Misalnya seperti edit foto, membuat poster, membuat brosur, dan lainnya.

Memahami beberapa software untuk desain juga akan secara otomatis menambah kemampuan Anda dalam dunia profesional. Hal ini tentu akan bermanfaat jika Anda ingin melakukan pekerjaan sampingan sebagai perancang grafis. Memang butuh ketekukan serta niat yang tinggi untuk mempelajari dan memahami setiap software yang diperlukan untuk keperluan desain.

Selain itu, pekerjaan sebagai perancang grafis saat ini sedang banyak diminati terlebih keadaan dunia yang semakin bergerak ke arah digital. Secara otomatis kebutuhan akan desain grafis pun semakin meningkat terlebih kemampuan tersebut dapat dipelajari bagi siapa saja yang berminat.

Lalu, apa saja software-software desain yang patut dipelajari saat ini? Simak ulasannya sebagai berikut!

Apa itu Graphic Designer?

Ilustrasi seorang desainer grafis
Ilustrasi seorang desainer grafis

Desain grafis atau yang juga biasa dikenal graphic designer adalah seseorang yang bekerja menciptakan sebuah ilustrasi visual untuk berbagai kebutuhan perusahaan. Seorang perancang grafis biasanya bekerja untuk membuat tampilan promosi yang menarik atau menjelaskan suatu produk secara visual.

Hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang graphic designer yang utama yaitu kemampuan menyelesaikan masalah. Mereka bertanggung jawab untuk menyampaikan suatu pesan kepada khalayak umum melalui tampilan visual yang telah dirancangnya. Tentu pekerjaan semacam ini tidak cukup mudah. Diperlukan kemampuan kognitif serta ketajaman selera visual yang tinggi untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: Incredible! Ketahui 6 Jenis Pekerjaan Graphic Designer Super Interesting ini

Keuntungan Belajar Software Desain Grafis

Sekalipun kita bukan orang yang bekerja di bidang desain atau sebagai perancang grafis, namun akan tetap mendapatkan manfaat dari mempelajari beberapa software desain. Apa saja manfaat dari belajar aplikasi desain? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Menambah Skill Baru

Menambah skill baru melalui software desain grafis
Menambah skill baru

Mempelajari software desain grafis saat ini menjadi hal yang baik untuk Anda yang ingin menambah skill atau kemampuan baru. Memang mempelajari hal ini tidak begitu mudah mengingat banyak sekali tools yang harus digunakan pada tiap-tiap aplikasinya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba mempelajari hal baru ini untuk sekedar hiburan atau bahkan dapat dipergunakan sebagai pekerjaan tambahan.

Kalian dapat mencoba memposting hasil desain kalian di berbagai platform media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, dan lainnya untuk mendapatkan kritik dan saran. Dengan itu Anda akan mendapatkan masukan atau pujian yang sangat berguna untuk mempertajam skill desain grafis Anda di era digital seperti sekarang.

Bahkan, banyak orang yang bukan berasal dari latar belakang desain yang mendapatkan pekerjaan sebagai graphic designer. Bermodal mempelajari banyak software desain grafis yang ada di internet dan terus mencobanya hingga akhirnya mendapatkan sebuah keahlian tersebut. Hal ini tentu sangat baik dicoba bagi kalian yang mungkin masih belum tahu harus mempealajari skill tambahan apa di era digital seperti sekarang ini.

2. Lebih Berpikir Kreatif

Belajar software desain dapat meningkatkan kreatifitas
Belajar software desain dapat meningkatkan kreatifitas

Mempelajari aplikasi desain grafis pastinya akan membuat Anda berpikir lebih kreatif. Tidak terbatas pada desain-desain yang Anda buat, melainkan Anda dapat selalu memikirkan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu kemampuan yang sangat berguna di manapun Anda berada.

Berpikir kreatif juga dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada atau problem solving. Namun dalam dunia desain, Anda dapat menciptakan inovasi visual yang bagus dan mungkin saja desian tersebut dapat berguna di kemudian hari. Anda juga dapat lebih kreatif dalam menggunakan tools yang ada di setiap software desain grafis tersebut.

3. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Seperti halnya pekerjaan desain grafis yang bertujuan untuk mengkomunikasikan produk atau jasa layanannya secara visual. Melalui visual ini lah seorang yang bekerja di bidang perancang grafis harus dapat menyampaikan pesan-pesannya melalui tampilan visual.

Kemampuan seorang graphic designer atau orang yang mempunyai keahilan dalam mengolah aplikasi desain harus mampu seakan-akan berkomunikasi kepada masyarakat melalui rancangan desain yang dibuatnya. Ini yang menjadi kemampuan unik bagi para perancang grafis yang mungkin sulit didapatkan pada pekerjaan atau keahlian lain.

4. Membantu Meningkatkan Peluang Usaha

Seperti yang dikutip dari cermati.com, salah satu keuntungan dari mempelajari software desain grafis adalah dapat meningkatkan peluang usaha. Hal ini memungkinkan Anda yang mempelajarinya untuk membuka usaha desain sendiri atau dapat membuka toko online yang desainnya berasal dari diri sendiri.

Banyak sekali saat ini jasa pembuatan desain baik itu untuk keperluan jualan atau sekedar mempercantik foto seseorang. Nah, kemampuan menggunakan aplikasi desain grafis ini akan membantu Anda untuk memiliki kemampuan yang dapat digunakan dalam karir.

Kalian juga dapat mempromosikan hasil karya-karya desain kalian di beragam situs web yang tersedia. Setelahnya, Anda akan terus harus mengasah kemampuan desain grafis Anda untuk meningkatkan daya sain serta daya jual. Inilah salah satu keuntungan yang harus sangat dipertimbangkan ke depannya.

Lalu apa saja software-sofware desain yang harus Anda pelajari? Bootsol memiliki 6 jawabannya seperti yang di bawah ini!

Software Desain Grafis

Aplikasi atau software merupakan sebuah perangkat lunak yang tersedia pada komputer, laptop, atau smartphone yang memungkinkan untuk meringankan pekerjaan Anda. Dalam dunia desain, banyak sekali aplikasi-aplikasi desain yang beredar dengan segala keunggulan unik pada tiap-tiap aplikasi tersebut.

Namun, di antaranya banyaknya pilihan software desain yang tersedia tidak semua software cocok untuk digunakan bagi pemula. Hal ini dikarenakan cukup rumitnya berbagai tools yang tersedia pada tiap software yang berbeda. Selain itu, setiap software memiliki kegunaannya masing-masing.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan sebuah perangkat lunak buatan Adobe System yang dipergunakan untuk mengedit foto serta pembuatan beberapa efek. Software ini juga dinilai sebagai perangkat lunak pengolah foto yang terbaik saat ini. Hal ini terbukti bahwa setiap desain grafis harus memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi ini.

Adobe Photoshop memiliki beragam fitur dan kompabillitas format file yang cukup banyak. Photoshop dapat membaca format jpg, jpeg, png, gif, dan lainnya. Hingga saat ini setidaknya lebih dari empat belas versi yang telah diproduksi oleh Adobe.

Software Photoshop ini banyak digunakan oleh para fotografer karena dapat memuat foto dalam format BITMAP. Bagi Anda yang tertarik untuk berkecimpung dalam desain grafis, software desain grafis yang satu ini wajib untuk dipelajari dan digunakan secara maksimal.

2. CorelDraw

CorelDraw merupakan perangkat lunak pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. CorelDraw dapat membuat berbagai macam logo, brosur, kartu undangan, dan berbagai jenis lainnya. Software desain grafis yang satu ini juga merupakan salah satu perangkat lunak pengolah foto yang paling tua, yaitu diproduksi pada 1989.

Biasanya para pemula lebih menyukai software ini dibandingkan dengan Adobe Photoshop. Hal ini karena tampilan dan berbagai tools yang tersedia disajikan dalam tampilan yang cukup mudah dan cocok bagi pemula. Meskipun demikian, software desain grafis yang satu ini merupakan salah satu perangkat lunak yang wajib dikuasai bagi graphic designer.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu filenya mudah diedit. Hal ini penting bagi para desainer untuk mengedit dan memperbarui desain yang telah dibuat. CorelDraw juga menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang baru saja ingin mempelajari lebih dalam mengenai desain.

3. Adobe Ilustrator

Adobe Ilustrator merupakan salah satu perangkat lunak buatan Adobe yang dipergunakan untuk mencitptakan visual grafis seperti ikon, logo, dan lainnya. Software ini berbeda dengan Adobe Photoshop yang digunakan untuk mengedit foto pada umumnya. Adobe Ilustrator lebih dipergunakan membuat karya grafis yang berbentuk vektor.

Menurut Glints, vektor merupakan sebuah tipe gambar yang memungkinkan gambar tersebut tidak pecah kualitasnya meski dilakukan zoom berkali-kali. Biasanya pada desain grafis menggunakan software desain grafis yang satu ini untuk keperluan membuat dan mengedit logo. Hal ini karena Adobe Photoshop tidak cukup efektif untuk melakukan tugas tersebut.

Adobe Ilustrator memiliki beberapa fitur unggulan seperti pen tool, pathfinder, clipping mask, dan lainnya. Untuk menggunakan software desain ini Anda harus membayar cukup 200 ribuan saja per bulannya.

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign merupakan salah satu produk buatan Adobe yang berfokus untuk memproduksi media percetakan. Adobe InDesign biasanya digunakan untuk membuat desain seperti brosur, kartu undangan, poster, majalah, dan sebagainya.

Software desain grafis ini tidak hanya dapat diakses melalui komputer atau laptop saja, melainkan untuk smartphone dan tablet. Penggunaan aplikasi ini juga relatif mudah bagi sebagian desainer grafis. Kelebihan dari software ini adalah pada kemampuannya dalam membuat desain dalam multiple pages. Hal ini sangat membantu saat membutuhkan desain yang cukup banyak dalam satu waktu.

5. Sketch

Software desain grafis yang satu ini merupakan salah satu perangkat lunak pengolah karya visual yang hanya tersedia pada sistem operasi macOS. Biasanya digunakan untuk keperluan desain User Interface (UI) dan User Experience (UX). Namun, bagi Anda yang tidak ingin menggunakannya untuk keperluan desain UI atau UX, software desain grafis ini juga sangat cocok.

Kelebihan dari aplikasi desain ini yaitu terletak pada kemudahan dalam menggunakan tools yang disediakannya. Selain itu juga terdapat banyak pilihan plugin yang pasti lebih memudahkan penggunanya dalam melakukan desain. Software desain grafis ini juga dapat menghasilkan visual yang vector-based. Gambar yang dihasilkan lebih tajam dan tidak pecah.

Namun sayangnya masih terdapat kekurangan dari software sketch ini. Salah satunya yaitu bug yang terdapat pada sistem software desain ini. Selain itu, aplikasi ini kurang cocok bagi para desainer grafis yang menggunakan perangkat keras Wacomm.

6. Affinity Designer

Affinity Designer merupakan software desain grafis yang dibuat pada tahun 2014 dalam sistem operasi macOS. Namun setelah dua tahun, The Serif mengeluarkan versi Windows.

Hingga kini masih banyak para desainer grafis yang menggunakan software yang satu ini. Padahal, biaya yang harus dikeluarkan cukup terjangkau yaitu $ 49,99 hanya untuk satu kali pembayaran. Tentunya berbeda dengan produk-produk software Abode yang lebih mahal. Affinity Designer masih merupakan software alternatif yang affordable selain Adobe Ilustrator.

Nah itulah beberapa software desain grafis terbaik yang saat ini kalian perlu coba. Selain itu juga kalian telah mengetahui manfaat dari mempelajari desain grafis untuk kemampuan diri. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: 5 Hal Super Interesting Belajar Graphic Design

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top