fbpx

Desain grafis merupakan salah satu kemampuan yang paling dibutuhkan pada zaman serba digital ini. Internet menyediakan banyak sekali tools desain online. Selain itu, para pebisnis dan pengusaha mau tidak mau harus mengikuti perkembangan ini. Sebuah desain yang menarik mampu memikat minat para followers untuk lebih kepo tentang apa yang kamu sajikan.

Kamu tentu saja harus mempunyai konten yang memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Namun, beberapa orang khususnya para pemula masih menganggap desain itu susah. Terlebih lagi, mereka tidak mengerti basicnya dan bingung memulai darimana. Tapi tenang aja, kita punya 5 tools desain online dengan fitur mudah yang bisa kamu pelajari sebagai pemula!

Canva

Canva: Tools Desain Online

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tool desain yang satu ini. Canva merupakan salah satu tools desain online yang paling populer di kalangan masyarakat, baik untuk pemula maupun yang sudah pro. Canva menawarkan banyak fitur beragam yang menarik dan oke untuk pemula. Terlebih lagi, kamu bisa mengakses Canva melalui desktop dan smartphone serta memiliki fitur drag and drop, loh!

Canva juga menyediakan infographic maker yang bisa kamu gunakan secara gratis. Cara membuat infografis di Canva terbilang mudah karena tersedia banyak template, elemen desain, dan fonts yang bisa kamu gunakan.

Selain itu, Canva menyediakan banyak template gratis untuk membuat desain yang menarik yang bisa kamu pilih seperti poster, presentasi, story, cover, dll. Jangan lupa untuk login akun atau kamu bisa langsung mendaftarkan akun kamu apabila ini kali pertama kamu menggunakan Canva. Namun, dibalik banyak kelebihannya, Canva membatasi penggunanya yang berstatus free. Untuk menikmati segala fitur menarik yang ada di dalam Canva, kamu bisa berlangganan premium dan membayar setiap bulannya sesuai harga yang telah ditentukan. Kamu bisa mengunjungi Canva disini, ya!

Piktochart

Piktochart: Tools Desain Online

Piktochart juga merupakan pilihan yang bagus untuk kamu yang ingin belajar desain. Sama halnya seperti Canva, tools desain online ini juga dilengkapi fitur drag and drop sehingga membuat proses mendesain kamu bisa jadi lebih cepat dan praktis dengan hasil yang maksimal. Piktochart dapat dinikmati secara gratis dengan fitur terbatas dan watermark Piktochart, namun tool desain ini lebih berfokus kepada pembuatan desain dalam bentu infografik.

Cara membuat infografis di Piktochart terbilang mudah. Kamu juga diberi kebebasan untuk membuat infografik pilihanmu sendiri dari awal atau pilih salah satu template mereka. Meskipun kebanyakkan fiturnya sama dengan tools desain lain, ada satu fitur yang berbeda yaitu “Design Components”. Fitur ini dapat mempermudah kamu dalam menentukan komponen desain pada infografik yang akan kamu gunakan.

Beberapa template mereka gratis dan yang lainnya mengharuskan kamu untuk memiliki Pro.  Setelah kamu memilih template yang kamu mau, kamu bisa menambahkan berbagai elemen grafis dan text di kanvas kamu. Piktochart juga memperbolehkan pengguna untuk mengupload image milik mereka sendiri. Untuk menyimpan dan mengunduh hasil desainmu, kamu harus login atau sign up terlebih dahulu. Kamu bisa megunjungi Piktochart disini, ya!

Crello

Crello: Tools Desain Online

Crello meruapakan layanan editor foto online yang menyediakan fitur desain grafis sederhana yang dibuat oleh Depositphotos. Crello menyediakan layanan gratis yang bisa kamu pilih sendiri berbagai macam templatenya yang kemudian dapat disesuaikan dengan berbagai element. Di dalam Crello, kamu bisa mengedit apapun, seperti story, post, cover, poster, bahkan video. Tools dasar untuk grafis hampir sama dengan software lain, seperti frame, rotate, erase, add text, dan erase background.

Crello juga menyediakan fitur drag and drop yang membuat feed kamu menjadi tampak lebih hidup. Banyak tools desain Crello lainnya yang sangat bervariatif seperti music, animation, object, dan my files. Sayangnya tools desain online ini masih perlu banyak perbaikan khususnya ketika meloading sesuatu. Selain itu, Crello hanya menyediakan layanan terbatas dan kamu dapat membeli fitur Premiumnya untuk lebih leluasa menggunakan fitur didalamnya. Kamu bisa mengunjungi Crello disini, ya!

Snappa

Snappa: Tools Desain Online

Snappa merupakan salah satu tool desain sejenis Canva. Snappa dapat membuat kamu membuat desain grafis karena aksesnya yang sederhana dan mudah. Sebagai langkah awal, kamu bisa membuat gambar dengan menentukan desain atau memilik template yang sudah disediakan. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan proses editing untuk menambahkan efek untuk desain agar lebih menarik.

Snappa memberikan ratusan huruf, vector, & bentuk untuk membantu kamu menciptakan desain yang menakjubkan. Dari tools desain ini, kamu juga bisa menjadwalkan waktu untuk posting gambar di media sosial dengan lebih cepat dan mudah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tools yang dapat mengubah ukuran gambar secara otomatis dengan konversi ukuran yang beragam. Sayangnya, hasil jadi Snappa kurang HD dibandingkan tools desain online lainnya. Mungkin bisa kamu atur dulu resolusinya agar hasilnya menjadi lebih tajam. Kamu bisa mengunjungi Snappa disini, ya!

Visme

Visme: Tools Desain Online

Visme merupakan salah satu tool desain yang bisa dibilang masih baru. Tool ini memberi kamu pilihan untuk membuat presentasi, animasi, mock-ups, banners, dan tentu saja membuat infografis secara online. Kamu harus login atau mendaftar dulu untuk memulai menggunakan Visme. Setelah itu, kamu bisa memilih tipe project yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa menikmati layanan Visme dengan gratis secara terbatas, karena beberapa template hanya bisa digunakan secara leluasa jika kamu bergabung dengan Premium.

Visme difokuskan untuk mendesain presentasi agar lebih menarik. Template yang disediakan cocok untuk mempercantik presentasi, infografik, dan chart sederhana dengan tampilan yang lebih modern. Visme juga menyediakan opsi jenis file seperti JPG, PNG, PDF, bahkan Video dan GIF. Tools yang digunakan jauh lebih simple dari Piktochart. Jika kamu sudah terbiasa dnegan PowerPoint, maka penggunaan Visme akan jauh lebih mudah. Kamu bisa mengunjungi Visme disini, ya!

Itulah 5 tools desain yang bisa kamu pilih untuk memperlancar aktivitasmu dalam melakukan digital marketing campaign, mulai dari membuat logo, cover Facebook atau Twitter, konten harian untuk media sosial, iklan promo, poster dan lain sebagainya. Untuk membuat desain yang menarik tentu saja harus melewati proses belajar terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top