fbpx

Gadget merupakan sebuah perangkat elektronik kecil yang dirancang sebagai alat yang memiliki beragam fungsi dalam keseharian manusia. Keberadaan perangkat elektronik ini tentu sudah tidak asing lagi karena hampir semua orang di dunia memilikinya.

Dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi modern menjadikan perangkat ini sempurna untuk membantu pekerjaan sehari-hari seperti mengerjakan tugas, membuat projek, dll.

Terdapat berbagai jenis gadget yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dimana yang paling umum ditemukan dan dipakai oleh banyak orang adalah laptop yang menjadi komputer portabel.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar laptop beserta kategori lainnya dibawah ini.

PENGERTIAN LAPTOP

Komputer portabel: Laptop

Laptop adalah komputer pribadi yang dapat dengan mudah dipindahkan dan digunakan di berbagai lokasi serta dalam berbagai keperluan. Perangkat ini dirancang untuk memiliki semua fungsi pada komputer desktop, yang berarti mereka umumnya dapat menjalankan perangkat lunak yang sama dan membuka jenis file yang sama. Keberadaan perangkat elektronik ini kini hampir sepenuhnya bisa menggantikan peran komputer desktop tradisional karena dinilai lebih efisien dan tidak “makan tempat”.

Sebagian besar jenis laptop sudah cukup kuat untuk keperluan administrasi bisnis, rumah, atau sekolah sehari-hari. Dan sekarang pun, terdapat beragam jenisnya yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga dapat melakukan pekerjaan yang lebih rumit seperti membuat desain 3D, encoding film, dan sebagainya.

Komputer portable ini disesuaikan dengan setiap komponen yang ada di dalamnya seperti prosesor, motherboard, memory stick, dll. Jadi, semakin kecil komponennya, maka semakin ringan pula laptop tersebut.

Laptop memiliki beberapa cara untuk menghubungkan ke jaringan. Seperti koneksi nirkabel, atau WiFi, ialah cara paling umum untuk menghubungkan suatu jaringan internet pada laptop. Sebenarnya perangkat ini juga dilengkapi dengan port ethernet yang memungkinkannya terhubung ke jaringan area lokal (LAN) melalui kabel ethernet.

Pada umumnya, perangkat ini terdapat 2 bagian kategori lainnya, yaitu:

Notebook

Contoh dari sebuah notebook

Notebook adalah komputer portabel yang memiliki kekuatan pemrosesan yang mirip dengan komputer desktop. Beratnya sekitar 5kg dan memiliki baterai yang mampu menjalankannya selama 4 hingga 5 jam tanpa sumber daya eksternal (dengan asumsi baterai terisi penuh). Mereka memiliki ukuran layar lebih besar dari 15 inci dan mendukung tampilan resolusi tinggi. Mouse digantikan oleh touchpad dengan mempertimbangkan faktor portabilitas. Beberapa touchpad juga mendukung gerakan multi-sentuh (untuk zooming, scrolling, dll.)

Komputer portabel jenis ini memungkinkan sebagian besar fitur yang ditawarkan desktop biasa. Biasanya dilengkapi dengan beberapa port USB bawaan dan berisi drive CD (termasuk kemampuan baca/tulis disk DVD dan Blu-Ray). Beberapa laptop juga memiliki slot VGA untuk menghubungkan layar eksternal atau bahkan proyektor. Saat ini, notebook juga mampu memproses grafik kelas atas dan cocok untuk bermain game. Perangkat ini juga mudah disesuaikan sekarang karena periferal internal mudah tersedia di pasaran. Serta menawarkan fitur seperti dukungan Bluetooth dan Wi-Fi. Dikarenakan semua fitur komputer desktop ditawarkan dalam sebuah notebook dengan faktor bentuk tambahan yang mudah dibawa, menjadikan perangkat ini dihargai dengan kisaran yang lebih tinggi dibandingkan harga komputer desktop pada umumnya.

Netbook

Contoh komputer portabel netbook (sumber: Ubuy)

Netbook dirancang untuk menawarkan fungsionalitas komputasi dasar dalam perangkat yang lebih kecil, ringan, dan portabel. Jenis komputer portabel ini umumnya memiliki berat sekitar 1-2kg dan memiliki layar yang lebih kecil, yang bervariasi dari 7 inci hingga 12 inci secara diagonal. Karena ukuran netbook lebih kecil, sehingga tidak dilengkapi dengan drive CD bawaan. Mereka juga memiliki kekuatan pemrosesan yang terbatas dan tidak cocok untuk merender grafik kelas atas. Mereka biasanya mendukung resolusi layar rendah dan hanya cocok untuk pekerjaan kantor umum. Karena keterbatasannya itu pula yang menjadikan harga netbook lebih murah dibandingkan dengan notebook.

Para pengguna netbook biasanya adalah dari kalangan pelajar atau orang-orang yang hanya memerlukan untuk kebutuhan harian yang tidak mengandalkan kemampuan lebih canggih yang terdapat pada komputer pribadi lainnya. Meskipun begitu, perangkat ini masih memiliki fitur-fitur modern dan populer yang dapat membantu pekerjaan sederhana sehingga cocok untuk para pelajar.

Perangkat ini dibedakan menurut sistem operasinya, tetapi sebagian besar dijalankan pada perangkat lunak yang dirancang untuk bekerja dari internet. Dengan sebagian besar fungsi terjadi secara online, maka penyimpanan pada hard drivenya pun lebih sedikit. Hal ini memungkinkan netbook untuk memiliki prosesor yang lebih sederhana dan memori yang lebih sedikit juga.

Perbedaan utama antara kedua komputer portabel ini terletak pada tujuan dan fungsinya yang berbeda. Netbook terutama dirancang untuk aktivitas dan tugas yang berhubungan dengan internet, seperti email dan media sosial. Di sisi lain, notebook dikembangkan dengan kemampuan untuk menangani sebagian besar operasi desktop.

Peran Penting Gadget Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Saat ini kita menggunakan berbagai gadget elektronik dalam kehidupan sehari-hari. Segala sesuatu mulai dari memasak hingga musik pun menggunakan elektronik atau komponen elektronik dalam beberapa cara. Dengan kemajuan teknologi gadget yang semakin canggih membuat beragam jenis perangkatnya memiliki peran penting tersendiri dalam kebutuhan dan keperluan sehari-hari banyak orang, antara lain:

Meningkatkan Efisiensi

Seseorang dengan gadgetnya

Sebelum dikenalnya istilah gadget, tentu saat ingin berkomunikasi jarak jauh sangat susah dilakukan, dimana harus mengirim surat secara manual dalam kurun waktu yang tidak singkat. Namun, seiring perkembangan teknologi dan terciptanya beragam jenis tersebut memudahkan banyak orang untuk melakukan komunikasi serta sangat membantu dalam pekerjaan sehari-hari yang memerlukan sebuah perangkat elektronik sebagai medianya. Jadi, kehadiran berbagai macam perangkat gadget ini meningkatkan efisiensi kehidupan sehari-hari manusia dimana semuanya dapat berjalan dengan singkat, mudah, dan canggih.

Sebagai Media Entertain dan Informasi

Online shopping dapat dengan mudah dilakukan

Dengan teknologi canggih yang terdapat pada sebuah perangkat gadget, kini manusia dapat dengan mudah untuk mengakses informasi yang dibutuhkan. Contohnya seperti pandemi saat ini, tentu dengan adanya gadget sangat membantu banyak orang agar tetap merasakan hal-hal yang menjadi entertain bagi mereka. Salah satunya adalah terdapat berbagai macam platform untuk online shopping sehingga mereka tidak perlu beraktivitas keluar rumah untuk mendapatkan kebutuhannya.

Bahkan hanya dengan satu perangkat gadget saja, Anda dapat menemukan informasi secara instan dan mudah seperti melalui situs web, platform media sosial, dan sumber terpercaya lainnya dimana membuat Anda tetap up-to-date dengan hal-hal yang sedang terjadi.

Meningkatkan Produktivitas – Multitasking

Video Call Meeting

Maksudnya adalah dengan menggunakan sebuah gadget seperti laptop dapat membuat Anda melakukan berbagai pekerjaan secara bersamaan hanya dalam satu perangkat. Dimana hal ini sangat menguntungkan bagi banyak orang yang memiliki kesibukan padat yang berkenaan dengan kegiatan-kegiatan yang memerlukan teknologi perangkat eletrkonik sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga penggunanya.

Selain itu dengan adanya aplikasi seperti zoom dapat menjadi media “meeting online” bagi banyak orang dan pelajar, membuat gadget memerankan hal pentingnya untuk memfasilitasi setiap kegiatan tersebut.

Baca juga: Spoiler Alert! 3 Smartphone 5G Yang Akan Rilis Mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top