fbpx

Bagi seorang gamer, laptop bisa diibaratkan sebagai senjata penentu kemenangan. Laptop gaming tentunya berbeda dari laptop biasa, karena dirancang dengan spesifikasi khusus yang akan mempermudah penggunanya bermain game. Karena itulah, penting untuk mencari laptop gaming terbaik dalam menunjang game yang hendak dimainkan tersebut. Dibandingkan laptop biasa, laptop untuk gaming ini biasanya memiliki spesifikasi lebih besar karena game memang membutuhkan space yang tidak sedikit.

Saat ini banyak bermunculan merek laptop tersohor, sebut saja ASUS, MSI, dan lain-lain. Merek-merek terkenal ini pun turut menawarkan banyak spesifikasi laptop gaming yang cocok untuk menemanimu bermain sepanjang hari. Sebelum masuk rekomendasi laptop gaming terbaik, bagaimana sih cara memilih laptop untuk gaming yang benar?

Cara Memilih Laptop Gaming

Ikuti tips ini ketika memilih laptop gaming-mu!
Ikuti tips ini ketika memilih laptop gaming-mu!

Agar dapat memilih laptop untuk bermain yang sesuai dengan kebutuhanmu, ini dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika membeli laptop.

Ukuran Layar

Sesuaikan dengan lokasi kamu bermain.
Sesuaikan dengan lokasi kamu bermain.

Pilihlah ukuran layar laptop yang sesuai dengan tempat kamu bermain. Kalau kamu lebih sering bepergian keluar, maka laptop 15,6 inci bisa jadi pilihan. Laptop ini berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang mudah masuk ke dalam tas dan beratnya yang tidak terlalu besar pula. Kamu pun bisa bermain game dimanapun dan kapanpun kamu mau.

Untuk kamu yang lebih senang bermain game di rumah, maka ukuran 17,3 inci sempurna buat kamu. Di sini kamu akan dimanjakan dengan layar lebar dan tampilan memuaskan dari game yang kamu mainkan dengan resolusi full HD bahkan sampai 4K. Kamu bisa menikmati visual permainan dengan lebih nyaman. Selain itu, ukuran keyboard dari laptop 17 inci ini pun lebih besar dibanding laptop 15 inci. Kamu bisa lebih nyaman dan mudah dalam menekan keyboard.

Spesifikasi Laptop

Spesifikasi laptop penting untuk menunjang kenyamanan kamu bermain game
Spesifikasi laptop penting untuk menunjang kenyamanan kamu bermain game

Supaya kamu bisa bermain dengan nyaman, maka pilih laptop yang bisa mendukung game yang kami mainkan itu. Untuk permainan yang berat seperti ARK maupun Fantasy XV, maka laptop dengan GPU GTX 1020 atau lebih adalah pilihan yang cocok. GPU ini selaras untuk permainan berat dan bisa kamu gunakan untuk waktu lama. Meski begitu, harganya memang sedikit tinggi. Untuk spesifikasi yang lebih standar, dilansir dari mybest.id, kamu bisa memilih GPU GTX 1050/1060 dengan harga yang lebih murah.

Apabila game yang kamu mainkan memerlukan pergerakan yang cepat, maka pilihlah CPU Core i7 atau lebih. BIasanya ketika bermain game yang membutuhkan pergerakan cepat seperti PUBG dan LOL, CPU yang spesifikasinya rendah bisa membuat tampilan laptop kamu jadi tersendat-sendat. Alhasil, pengalaman bermain pun jadi tidak maksimal.

Untuk RAM sendiri, kamu butuh minimal RAM 8 GB. Semakin banyak RAM yang digunakan, maka semakin nyaman pula performansi dari laptop ini. Untuk awal pembelian, kamu tidak perlu membeli langsung laptop dengan RAM tinggi. RAM ini nantinya bisa ditambah maupun diganti, jadi lebih baik beli dulu laptop dengan RAM rendah yang jauh lebih murah, lalu tambahkan sendiri RAMnya sesuai kebutuhanmu.

Periksa Fitur Tambahan

Periksa fitur tambahan dari laptop milikmu!
Periksa fitur tambahan dari laptop milikmu!

Untuk gamer, laptop biasanya digunakan dalam waktu lama. Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan fitur pendingin yang kuat. Laptop yang panas akan menurun kinerjanya, sehingga membuat pengalaman bermain kamu jadi kurang maksimal. Laptop gaming biasanya dilengkapi dengan kipas pendingin yang lebih banyak ketimbang laptop pada umumnya untuk meminimasi resiko kerusakan. Kamu juga bisa membeli sendiri cooling pad sebagai tambahan.

Selain itu, perhatikan pula daya tahan baterai dari laptopmu. Waktu laptopmu dibawa keluar, pastikan bahwa laptopmu ini sudah siap untuk stand-by di luar sambungan adaptor untuk waktu yang lama. Jangan sampai baterainya tiba-tiba habis dan mati di tengah. Bisa-bisa sangat mengganggumu ketika bermain game!

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Rekomendasi laptop gaming terbaik untuk temani harimu!
Rekomendasi laptop gaming terbaik untuk temani harimu!

Setelah tahu beberapa tips untuk memilih laptop gaming, ini dia beberapa rekomendasi laptop gaming terbaik yang siap temani harimu!

ASUS ROG Zephyrus G14 Jadi Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Pertama

Siapa di sini yang pakai ASUS juga?
Siapa di sini yang pakai ASUS juga?

Laptop ASUS satu ini bisa dibilang hampir mendekati kata sempurna apabila kamu sedang membicarakan laptop gaming terbaik. Dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 4000 Series, GPU Nvidia GeForce RTX 2060, RAM mencapai 32GB DDR4 dan penyimpanan hingga 1TB, laptop satu ini cocok banget untuk kamu para gamer di luar sana! Walaupun tidak memiliki webcam dan port Thunderbolt 3, laptop satu ini tetep recommended banget untuk gamer di luar sana.

Lenovo Legion 5 Pro Bisa Jadi Pilihan Berikutnya

Lenovo juga menyediakan laptop gaming terbaik untukmu
Lenovo juga menyediakan laptop gaming terbaik untukmu

Satu lagi laptop gaming yang tak kalah keren dari rekomendasi sebelumnya. Laptop ini memiliki ukuran 16 inci, jadinya cocok untuk kamu bawa kemana-mana. Dengan resolusi layarnya yang tinggi, mencapai 2.560 x 1.600 piksel dan espek rasio 16:10, kamu bisa mendapatkan pengalaman maksimal ketika bermain game dengan tampilan layar yang pastinya memuaskan. Spesifikasinya juga tinggi, dengan prosesor AMD Ryden 7 5800HS dan pengimpanan 512GB SSD atau 1TB HDD. Bagaimana? Sudah tertarik membeli?

ASUS TUF Dash F15 Ini Tidak Kalah Menarik dari Laptop Sebelumnya

ASUS menyediakan banyak pilihan laptop untuk gamer
ASUS menyediakan banyak pilihan laptop untuk gamer

ASUS TUF merupakan salah satu laptop yang terkenal di antara para gamers. Dengan spesifikasi yang hebat dan canggih, banyak gamers beralih ke laptop satu ini. DI tahun 2021 sendiri, ASUS TUF Dash F15 kembali hadir dengan spesifikasi lebih canggih. Dilengkapi dengan prosesor InterTiger Lake, GPU Nvidia GeForce RTX3000, dan layas 1980 x 1080 pixel, dijamin semua pemakainya akan benar-benar merasa puas! Sayangnya, ASUS jenis satu ini juga tidak punya webcam. Kamu harus gunakan webcam eksternal ketika hendak bermain dengan teman.

MSI GS56 Stealth, Laptop Super Untuk Gamers

Laptop MSI ini cocok dibawa kemana-mana
Laptop MSI ini cocok dibawa kemana-mana

MSI GS56 Stealth merupakan salah satu laptop paling ramping dan ringan yang terbaik yang bisa kamu pakai untuk bermain game. Meski ramping, jangan ragukan spesifikasinya. Laptop satu ini lebih dari siap untuk diajak bermain permainan yang berat. Ditenagai dengan Intel Core i7 generasi ke-8 berbarengan dengan GPU Nvidia GeForce GTX 1070, RAM 16GB DDR4, serta penyimpanan 512GB SSD, siap-siap dimanjakan oleh laptop satu ini!

Gygabite Aorus G7 Jadi Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Terakhir

Nikmati permainanmu dengan laptop Gygabite satu ini
Nikmati permainanmu dengan laptop Gygabite satu ini

Laptop terakhir yang akan direkomendasikan asalnya dari Gygabite. Didapuk sebagai laptop untuk gaming termahal tahun 2021, tentunya laptop ini benar-benar seharga biaya yang dikeluarkannya. Laptop satu ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 dan RAM 64GB. Tidak hanya itu, laptop ini juga bisa menyala selama 24 jam penuh dan memiliki storage hingga 512GB.

Itu dia beberapa rekomendasi laptop gaming terbaik untuk kamu gamers di luar sana! Ikuti pula tips dan triknya ketika memilih laptop yang hendak kamu gunakan untuk gaming, ya! Jangan sampai salah pilih! Menurutumu, laptop mana lagi yang cocok untuk gaming? Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar ya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laptop Gaming Di bawah 10 Juta. Super Good Performa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top