fbpx

Pernah ngalamin komputer atau laptop lemot pas dibutuhin? Kesel banget kan? Pastinya!. Disaat kita butuh komputer atau laptop untuk nugas atau ngerjain kerjaan kantor, tiba-tiba komputer jadi super duper lemot. Laptop lemot biasanya butuh waktu satu menit buat booting masuk ke halaman desktop, ternyata ditungguin lebih dari 5 menit tak kunjung selesai. Tenang aja, ada beberapa tips dan trick dari bootsol.com untuk mengatasi laptop lemot, simak langkah-langkahnya sebagai berikut;

1. Atur mode high performance untuk atasi laptop lemot

Pernah mengalami laptop lelet dan langsung sembuh begitu kita colokin charger? Begitulah kira-kira penggunaan mode high performance pada baterai laptop, mode tersebut secara default akan aktif ketika kita charging laptop. Sederhananya, arus listrik yang masuk membantu laptop lemot yang bekerja menjadi lebih optimal. Lalu bagaimana jika secara default mode high performance pada laptop kita tidak aktif? Caranya cukup mudah, yaitu tinggal kita arahkan kursor pada icon battery yang secara default berada di pojok kanan bawah, lalu tekan high performance pada pilihan power plan. Cara lainnya bisa melalui control panel, lalu pilih hardware and sound à Power options à change battery setting à Pilih high performance.

Selain itu, mode ini juga bisa dikustomisasi tergantung kebutuhan kalian seperti pada gambar di bawah ini, Kita bisa mengkustomisasi sesuai kebutuhan, seperti kapan dapat menonaktifkan harddisk, slideshow pada tampilan dekstop, dll.

laptop lemot

2. Atur aplikasi yang berjalan pada msconfig untuk atasi laptop lemot

Beberapa aplikasi yang berjalan pada background membuat kinerja komputer menjadi berat sehingga hal tersebut menjadi penyebab komputer lemot. Jika kita sedang menggunakan beberapa aplikasi yang terbilang berat, laptop kita mungkin akan ngos-ngosan untuk menjalankan program yang kita buka, sehingga nantinya laptop loading lama. Dengan membatasi aplikasi yang berjalan pada background, kita bisa menghentikan running apps pada task manager, namun untuk menghentikan aplikasi supaya tidak memulai secara otomatis, kita dapat mengaturnya pada msconfig.

Caranya cukup mudah, kita hanya perlu melakukan command ctrl+r lalu ketik msconfig lalu tekan ‘ok’

laptop lemot

Lalu kita akan mendapati beberapa pilihan, jika ingin menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, kita hanya perlu menghentikan aplikasi-aplikasi yang diinginkan pada tab services, namun jika kita ingin menghentikan aplikasi yang akan berjalan secara otomatis ketika laptop dinyalakan, maka kita hanya perlu menguncheck aplikasi yang dirasa tidak perlu.

laptop lemot

Pada gambar diatas terdapat beberapa tab, pada tab services dan startup, kita perlu check maupun uncheck aplikasi yang tidak kita perlukan untuk memperingan kinerja laptop kita.

3. Rajin bersih-bersih file sampah

File-file sampah atau cache adalah file yang umum ditemukan ketika kita menggunakan program aplikasi pada laptop kita. File ini berguna untuk menyimpan aktivitas yang dilakukan oleh user dan memprosesnya ke dalam penyimpanan sementara jika sewaktu-waktu harus menggunakan aplikasi lagi. Semisal, jika laptop atau komputer tiba-tiba mati disaat kita sedang mengetik, microsoft word akan menyimpan status ketikan terakhir, yang mana user tidak harus mengulang untuk mengetik lagi.

Beberapa software utilities yang memiliki kemampuan untuk menghapus junk files atau cache antara lain; Cccleaner, disk clean up, wise cleaner, dll.

laptop lemot

Source: CC Cleaner

Cccleaner menjadi rekomendasi aplikasi pembersih sampah terbaik, selain karena ukurannya yang ringan, juga tampilan interface yang tidak membingungkan. So, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi ini untuk bersih-bersih junk files, uninstall programs, dan menghapus malware pada laptop atau komputer anda.

4. Instal Antivirus

Dalam beberapa kasus laptop ngehang atau lelet, ditemukan beberapa virus yang menghinggapi laptop mereka. Entah pada saat anda sedang browsing untuk mencari sesuatu di internet, secara tidak sengaja kita mengklik laman yang tidak jelas, atau mungkin pada saat anda mengunduh file-file dari situs yang tidak jelas asal muasalnya, sehingga secara tidak sadar kita memindahkan virus tersebut pada laptop atau komputer kita.

Idealnya, kita hanya memerlukan satu software antivirus untuk melalukan scanning secara berkala, memonitoring ada atau tidaknya virus, trojan,dll pada laptop atau komputer kita, dan menghapus virus atau file berbahaya lainnya. Beberapa antivirus terbaik pc yang layak untuk dicoba antara lain; SMADAV, ESET, Avira, dll.

laptop lemot

Source: Smadav

Smadav menjadi rekomendasi antivirus yang layak dicoba, selain karena kemudahan penggunaan dan interface yang simple, Smadav juga memiliki direktori virus yang digunakan untuk mendeteksi virus terbaru yang menjangkiti device anda, sehingga anda tidak perlu bingung untuk menghapus atau mengkarantina virus terkini, cukup dengan melakukan pembaharuan pada software Smadav.

5. Lakukan Disk Defragment

Langkah terakhir, silahkan anda cek kondisi kesehatan harddisk anda, apakah dalam kondisi prima atau ada cukup banyak bad sector yang mempengaruhi kinerja device anda. Disk defragment perlu dilakukan secara berkala guna memonitoring kondisi Harddisk, sehingga dapat menentukan beberapa pilihan jika sewaktu-waktu harddisk anda tidak berfungsi secara maksimal atau parahnya tidak dapat digunakan lagi. Program ini merupakan bawaan dari Windows yang dapat anda temukan dengan cara search app pada kolom pencarian aplikasi.

laptop lemot

Beginilah kurang lebih antarmuka Disk Defragment pada laptop atau komputer anda. Anda perlu analyze disk untuk mendapatkan hasil scanning yang menyeluruh pada harddisk anda. Setelah proses ini 100% berhasil, silahkan lanjutkan dengan melakukan defragment disk, yakni langkah terakhir untuk mengatur cluster, sector, dll pada harddisk anda supaya lebih teratur dan dapat membuat harddisk anda menjadi optimal lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top