fbpx

Search Enginge Optimization memang sudah tidak asing bagi pelaku pemasaran, namun tidak semua orang mengerti tentang bagaimana fungsi SEO? Bagaimana melakukannya? serta cara apa yang paling efektif. Mengingat, SEO menjadi titik penting dalam kegiatan pemasaran dengan banyak hal teknis yang harus di pertimbangkan. Hal ini membuat tidak semua orang mengerti dan mampu menjalankan dengan optimal.

Illustrasi Fungsi SEO
Illustrasi Pentingnya SEO

Minimnya pemahaman terkait fungsi SEO dan teknis menggunakannya membuat tak sedikit pemasar kesusahan dalam proses pemasaran, salah satunya adalah web development. Memang SEO menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan traffic di website sehingga membantu dalam penjualan atau pemasaran produk/brand. Lalu apa sih SEO itu sebenarnya? Dan apa kaitannya dengan Web Development?

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Illustrasi Mesin Pencari untuk Web Development
Illustrasi Mesin Pencari

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalisasi website agar mendapatkan ranking teratas dalam mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Dengan membuat website berada pada ranking teratas di mesin pencari, ini akan membuat website kamu akan terjadi peningkatan traffic yang organik dari pengunjung

Selain itu, dengan menggunakan SEO juga berpengaruh besar terkait dengan web development. Yang mana selain menaikkan traffic, SEO juga akan menolong kamu untuk mendapatkan traffic yang tepat, sehingga tidak hanya berfokus pada traffic yang tinggi, namun juga tepat sasaran sesuai dengan tujuan website kamu.

Baca juga: Amazing Pengembangan Bisnis Digital? Ini 5 Alasan Mengapa Memilih Bootsol Cocok Untukmu!

Tentu dalam mempraktekkan SEO, kamu harus memperhatikan beberapa hal teknis sesuai dengan peraturan dan algoritma dari mesin pencari, seperti Google. Sehingga pastikan bahwa kamu paham dan mengerti bagaimana kinerja SEO, algoritma mesin pencari, serta indikator utama dari SEO.

Mengapa SEO Penting Untuk Website?

Illustrasi Pentingnya SEO dan Web Development
Illustrasi Pentingnya SEO dan Web Development

Menjawab terkait apa yang membuat SEO penting adalah munculnya perkembangan teknologi informasi yang mana setiap orang kini bisa mendapatkan berita dan informasi melalui internet. Sehingga, mesin pencar seperti Google berkembang begitu pesat dan digunakan oleh orang di seluruh dunia. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa dengan penerapan SEO akan membantu website mu masuk ke dalam ranking teratas mesin pencari.

Dalam mewujudkan web development, dengan membuat website berada dalam ranking teratas akan meningkatkan traffic organik dan beberapa keuntungan lainnya. Berdasarkan data dari Google, website yang mendapatkan ranking dari satu hingga tiga, akan mendapatkan total klik sebanyak lebih dari 50% secara akumulatif. Bahkan pertama bisa mendapatkan klik sebesar 20%.

Itu artinya, jika website mu mendapatkan ranking teratas, akan ada ribuan hingga puluhan ribu pengunjung tiap harinya. Di sisi lain, para pengunjung adalah individu-individu yang haus akan informasi dan keinginan untuk membeli produk, sehingga menggunakan dan mengoptimalisasikan penggunaan SEO sangat penting untuk website mu sebagai bagian dari web development.

Tujuan dan Fungsi SEO

Illustrasi Tujuan dan Fungsi SEO
Illustrasi Tujuan dan Fungsi SEO

Oleh karena itu, dari paparan diatas sudah sedikit banyak menjelaskan apa itu fungsi dan tujuan dari SEO. Secara umum fungsi SEO adalah meningkatkan peringkat website, memastikan website mu selalu masuk dalam indeks teratas pada mesin pencari, dan selalu tampil pada halaman pertama.

Selain itu, selain meningkatkan jumlah pengunjung ke website, penggunaan SEO juga akan berdampak terhadap jumlah penjualan produk atau jasa dari website yang kamu kelola. Ini disebabkan karena banyaknya pengunjung yang mengklik website mu dan berdampak positif terhadap kegiatan pemasaran produk/jasa.

Lalu apa tujuan dari SEO? Ada tiga hal penting yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan SEO dalam websitemu sebagai upaya untuk web development.

Baca juga: Important 6 Hal Penting Brand Value Bagi Bisnis Anda!

Pertama, seperti yang sudah di bahas, semua pemasar ingin website nya memiliki jumlah pengunjung yang tinggi dan organik (bukan robot). Sehingga bisa membantu memasarkan serta menjual produk/jasa. Kedua, meningkatkan kualitas traffic kunjungan calon konsumen produk/jasa. Hal ini disebabkan karena banyaknya pengunjung ke website adalah orang-orang yang sesuai dengan target audiensmu saat menentukan kata kunci. Ketiga, mempertahankan kedua jenis traffic diatas secara berkesinambungan. Hal ini adalah hal yang penting karena jika kamu bisa mempertahankan penggunaan SEO secara optimal, akan berdampak baik pada web development mu.

Faktor SEO Rankings

Illustrasi SEO Rankings
Illustrasi SEO Rankings

Dari tadi, kita sudah membahas bagaimana penggunaan SEO, apa fungsi SEO, serta bagaimana membuat website mu berada dalam ranking teratas mesin pencari. Namun apa sih yang membuat website mu berada pada halaman pertama Google? Atau apa saja faktor-faktor dari ranking SEO?

Faktor SEO Ranking adalah kriteria yang Google tetapkan untuk mengevaluasi indikator SEO, yakni:

a. Relevancy

Relevancy ini berkaitan dengan hubungan antara kebutuhan audiens dengan informasi yang diberikan

b. Authority

Authority adalah tingkat kredibilitas website hingga atau konten dalam penyajian informasi yang akurat

c. Value

Value berkaitan dengan kualitas dari website dan konten yang memberikan manfaat bagi audiens

d. User Experience

User Experience adalah bagaimana pengalaman dari audiens atau pengunjung saat berinteraksi dengan website dan elemen di dalamnya.

Jasa WEB Design & Development dan SEO Bootsol

Illustrasi Web Development dan SEO
Illustrasi Web Development dan SEO

Setelah menyimak beberapa informasi penting terkait web development dan SEO diatas, tentu kita semua akan setuju bahwa memaksimalkan web development serta optimalisasi penggunaan SEO sangat penting untuk di lakukan. Mengingat, hal tersebut akan memberikan banyak dampak positif, khususnya terkait pemasaran produk/jasa di website kamu.

Namun, dengan banyaknya hal teknis yang harus di pertimbangkan dalam upaya pengembangan website serta penggunaan SEO, tidak semua orang mengerti dan paham akan penggunaannya. Maka tak jarang, pemilik website memerlukan jasa agensi untuk membantu dalam web development dan penggunaan SEO.

Nah, Bootsol hadir untuk membantu kamu terkait web design & development serta penggunaan SEO dalam website. Kenapa Bootsol? Bootsol adalah agensi bisnis yang kredibel dan sudah beroperasi sejak 2019 lalu dengan para profesional di dalamnya. Selain itu, Bootsol juga telah mendapatkan beragam penghargaan atas usaha yang sudah dilakukan selama ini.

Lalu bagaimana penawaran web design & development dari Bootsol? Bootsol memberikan tiga jenis penawaran terkait web design & development yang terbagi atas Silver, Gold, dan Platinum. Untuk jasa ini, harga dibuka mulai dari Rp. 999.000 hingga Rp. 2.999.000

Untuk kategori Silver, akan di banderol harga Rp. 999.000 dan kamu akan mendapatkan WP Theme + Plugins, 2 Email Hosting, 2 Subdomain, Mobile + SEO Friendly, Live Chat, Website Speed, dan Free SSL/HTTPS Standard

Untuk kategori Gold, akan di banderol harga Rp. 1.999.000 dan mendapatkan free domain (.com, .org, .net, .id), Free Hosting Space (300 MB), Premium WP Theme + Plugins, 3 Email hosting, 3 Subdomain, Mobile + SEO Friendly, Live Chat, Website Speed, Blog, Social Media Intergration, Complete On-page SEO, dan Free SSL/HTTPS Standard

Dan untuk kategori Platinum, akan di banderol harga Rp. 2.999.000 dan mendapatkan Free domain (.com, .org, .net, .id), Free Hosting Space (1GB), Premium WB Themes + Plugins, 5 Email Hosting, 5 Subdomain, Mobile + SEO Friendly, Live Chat, Website Speed, Blog, Social Media Intergration, Complete On-page SEO, Free SSL/HTTPS Standard, Free Logo, Free Maintenance, dan All Custom Features.

Menarik bukan? Kamu juga bisa menggunakan jasa SEO dari Bootsol yang di banderol harga mulai dari Rp. 999.000 mulai dari On-page SEO, Off-page SEO, dan semua laporan terkait SEO. Semua itu bisa kamu cek pada website resmi dari Bootsol di www.bootsol.com. Yuk buruan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top