fbpx

Contoh teknik pemasaran digital seperti SEO dan SEM kini banyak dilirik oleh para pemilik bisnis dengan alasan efektivitas yang menjanjikan bagi usaha mereka. Pemasaran digital ialah mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet sebagai media. Mereka memanfaatkan saluran digital seperti search engine, media sosial, e-mail, dan situs web lain untuk terhubung dengan para pelanggannya saat ini serta untuk menarik lebih banyak calon pelanggan.

Dengan kemudahan aksesibilitas terhadap internet zaman sekarang menjadi alasan meningkatnya angka orang-orang yang sering meluangkan waktunya di internet. Kini, hampir semua orang lebih memilih untuk shop and buy melalui platform online, dimana menjadikan para pebisnis tidak lagi memfokuskan pemasaran mereka melalui media offline. Pemasaran selalu tentang menghubungkan para audiens di tempat dan waktu yang tepat untuk memperkenalkan produk/jasa dari bisnis Anda. Dengan kata lain, seiring perkembangan teknologi yang memfasilitasi banyak orang untuk berkecimpung di “dunia internet” dengan lebih mudah, maka para pebisnis pun harus berpindah alih untuk memasarkan produknya tersebut dengan sistem digital (online).

Hal ini membantu Anda lebih banyak menjangkau audiens dipenjuru daerah serta dapat menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda. Selain itu, sering kali lebih hemat biaya daripada iklan tradisional, dan memungkinkan para pebisnis untuk langsung mengetahui dan menghitung angka audiens yang mengunjungi atau tertarik terhadap iklan produk/jasa pada bisnisnya tersebut.

Berikut adalah dua contoh dari teknik pemasaran digital yang saat ini banyak diminati:

Search Engine Optimization (SEO)

Teknik Pemasaran Digital: Search Engine
Contoh Hasil Organik Teknik Pemasaran Digital SEO (sumber: RudiNazar)

Teknik Pemasaran Digital yang satu ini adalah proses mengoptimalisasi sebuah situs web untuk berada di “peringkat” lebih tinggi atau bahkan teratas pada halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah lalu lintas pengunjung (organic search result) yang masuk ke dalam situs web Anda. Pencarian organik adalah cara paling menonjol bagi orang untuk menemukan dan mengakses konten online, sehingga strategi SEO yang baik sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas ke situs web Anda. Platform yang mendapat manfaat dari SEO termasuk situs web, blog, dan infografis.

Search Engines seperti Google dan Bing menggunakan “crawler”, terkadang juga disebut bot atau spider, yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi tentang semua konten yang dapat mereka temukan di internet. Para “crawler” tersebut memulainya dari satu halaman web yang dikenal dan kemudian mengikuti tautan internal ke halaman di dalam situs web tersebut serta tautan eksternal ke halaman di situs lain. Konten pada halaman tersebut, ditambah konteks tautan yang diikutinya, membantu mereka memahami tentang setiap halaman dan bagaimana halaman itu terhubung secara semantik ke semua halaman lain dalam database besar pencarian, yang disebut indeks.

Ada beberapa cara agar mendekati SEO untuk menghasilkan traffic visitors yang berkualitas ke situs web Anda. Antara lain:

On-page SEO

SEO On-page (atau SEO on-site) adalah suatu cara mengoptimalkan halaman web untuk kata kunci tertentu dengan tujuan meningkatkan visibilitas dan lalu lintas search engine. Hal ini melibatkan penyelarasan elemen khusus pada halaman tersebut seperti tag judul, judul, konten, dan tautan internal yang disertai dengan memfokuskan kata kunci. “On-Page” juga membantu Google untuk lebih memahami situs web Anda sehingga dapat meningkatkan peringkat situs web yang mengarah ke lebih banyak lalu lintas organik.

Off page SEO

SEO Off-page adalah taktik SEO yang kuat yang memainkan peran besar dalam membuat situs web berperingkat lebih tinggi di Google. “Off-Page” mengacu pada semua aktivitas yang dilakukan di luar situs web Anda untuk menaikkan kredibilitas web dan peringkat halaman dengan mesin pencari, seperti pemasaran melalui media sosial dan berbagai tautan situs web lainnya.

Technical SEO

SEO yang satu ini adalah sebuah proses untuk memastikan bahwa situs web telah memenuhi persyaratan teknis mesin pencari modern dengan tujuan meningkatkan peringkat organik. Teknikal SEO bertujuan agar membuat situs web lebih cepat dan lebih mudah dijangkau oleh pengunjung organik, serta mudah dipahami oleh mesin pencari.

Baca juga: Amazing 9 Teknik SEO Youtube untuk Menambah Traffic Channel Kalian

Search Engine Marketing (SEM)

Contoh Search Engine Marketing pada pencarian Google (sumber: IDCloudHost)

SEM adalah suatu cara pemasaran dengan menggunakan strategi berbayar untuk meningkatkan visibilitas pencarian. Dahulu, Search Engine Marketing merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan pencarian berbayar. Tapi sekarang, hampir semuanya hanya mengacu pada pemasaran melalui paid search engine.

Dengan SEM, pemilik bisnis/suatu brand membayar kepada Google Ads atau platform penyedia lainnya agar iklan produk/jasanya tersebut muncul sebagai hasil pencarian di halaman utama Search Engine Result (SERP). Mereka menargetkan kata kunci tertentu sehingga ketika pengguna menelusuri istilah tersebut, mereka melihat iklan dari brand tersebut. Sistem SEM yaitu para pengiklan hanya membayar setiap ada pengunjung laman Google yang mengklik iklan tersebut.

Iklan berbayar jenis ini dapat ditemukan di hampir semua halaman hasil pencarian. Penempatan iklan ini biasanya terletak di bagian atas dan bawah halaman. Mereka menyertakan label “Iklan/Ads” untuk memberi tahu pengguna bahwa itu adalah iklan berbayar.

Saat ingin menggunakan jasa pemasaran SEM, langkah awal yaitu memilih kata kunci yang ingin Anda targetkan dan/atau hindari. Ada tiga jenis kata kunci yang dapat digunakan sebagai penunjang kampanye SEM Anda.

Broad Match Keywords

Opsi kata kunci ini memungkinkan iklan Anda muncul saat seseorang menelusuri kata kunci tersebut, variasinya, serta topik terkait lainnya. Contohnya keyword dari “Hotel di Bali” dapat membuat iklan Anda tampil juga jika seseorang menelusuri variasi dan penelusuran terkait seperti “Hotel Murah di Bali”, “Vila di Bali”, dan “review hotel terbaik di Bali”.

Broad Match Keywords adalah salah satu dari tiga opsi pencocokan kata kunci yang membantu mengontrol seberapa dekat kata kunci harus cocok dengan istilah penelusuran seseorang agar iklan Anda muncul. Saat itu juga, dapat memilih satu atau beberapa opsi pencocokan untuk kata kunci, maka broad match ini akan otomatis berfungsi jika Anda tidak menentukan opsi pencocokan tertentu.

Phrase Match Keywords

Berbeda dengan Broad Match, Keyword satu ini adalah opsi pencocokan kata kunci di mana Google hanya menampilkan iklan Anda dengan kata kunci yang menyertakan frasa yang Anda tentukan saja. Misalnya, jika bisnis Anda menyamatkan kata kunci “baju tidur pink” maka iklan Anda akan ditampilkan untuk kueri seperti baju tidur pink untuk anak perempuan atau piyama dan kaos pink. Iklan Anda tidak akan tampil untuk kueri seperti piyama warna pink atau piyama pink dan print. Jenis opsi pencocokan ini juga ditampilkan untuk varian yang mirip tetapi tidak menggunakan sinonim.

Exact Match Keywords

Dengan menggunakan jenis opsi pencocokan kata kunci ini, maksudnya adalah iklan Anda hanya akan ditampilkan jika kueri penelusuran Anda sama persis dengan kata kunci yang ditawar. Misalnya, jika kata kunci Anda adalah “Mini Cake” maka iklan Anda tidak akan ditampilkan hanya untuk kueri penelusuran kata tersebut. Artinya, untuk kueri penelusuran lainnya seperti mini birthday cake atau mini cake for kids, iklan Anda tidak akan ditampilkan. Jenis opsi Exact Match Keywords akan menampilkan beberapa varian yang mirip dan juga menyertakan setiap pengurutan atau pengulangan kata, selama artinya tidak berubah.

Perbedaan Teknik Pemasaran Digital: SEO dan SEM

SEO vs SEM (sumber: EduWork)

Meskipun SEO dan SEM tampaknya memberikan keberhasilan dalam sebuah pemasaran yang serupa, namun kedua strategi yang menjanjikan ini berbeda dalam hal-hal penting, dan orang sering menyalahgunakannya secara bergantian. Dengan cara memahami perbedaan di antara mereka akan membantu untuk membuat keputusan mengenai teknik pemasaran mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Dibawah ini adalah beberapa poin penting mengenai perbedaan antara SEO dan SEM, antara lain:

Pemilihan Target Audience

Dengan SEM, Anda dapat memilih target audiens yang diinginkan, mulai dari kategori usia, jenis kelamin, wilayah, dan lainnya secara lebih spesifik dibandingkan dengan SEO. Selain itu, target audiens yang digunakan dalam SEM jauh lebih terukur dan bisa distruktur di awal penyiapan iklan sehingga pada saat dipublish, iklan tersebut sudah memenuhi semua kualifikasi mengenai bisnis dan pengiklanan tersebut.

Budget Pemasaran

Perbedaan antara SEO dan SEM yang paling menonjol lainnya adalah dari segi anggaran yang dibutuhkan. SEM berupa iklan berbayar yang sudah pasti membutuhkan anggaran menyesuaikan dengan ketentuan jangka waktu lamanya pengiklanan tersebut akan dipasang. Jadi untuk menggunakan jasa pemasaran tersebut, Anda harus menyiapkan budget yang tidak sedikit. Sedangkan SEO bisa digunakan tanpa biaya karena lebih mengandalkan strategi untuk mendapatkan peringkat teratas pada sebuah search engine seperti Google. Secara singkatnya, SEO itu gratis dan SEM berbayar.

Potensi Terhadap CTR (Click Through Rate)

Click Through Rate adalah rasio yang menampilkan berapa banyak dan berapa sering jumlah orang yang mengunjungi situs web/iklan Anda. CTR ini dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik potensi keywords pada iklan yang sedang tersedia. Dalam hal ini, SEO lebih memiliki potensi yang baik dibanding dengan CTR pada SEM. Meskipun pada akhirnya hasil SEO dan SEM muncul di halaman pertama secara bersamaan, namun banyak orang cenderung menghindari label “Ads/Iklan” pada laman mesin pencari dan tidak tertarik mengklik iklan berbayar sehingga lebih memilih hasil optimasi SEO. Alasannya karena banyak orang mengira bahwa situs web/link yang muncul dengan label “Ads/Iklan” hanyalah sebuah iklan, dimana kemungkinan besar isinya tidak memenuhi kriteria konten/pencarian yang mereka inginkan.

Nah, setelah mengetahui dua teknik pemasaran digital yang bernama SEO dan SEM serta perbedaan-perbedaan utama terhadap keduanya, sekarang Anda bisa menentukan teknik pemasaran mana yang sesuai dan cocok dengan produk/jasa bisnis Anda sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Dengan kata lain, SEO dan SEM memiliki fungsinya masing-masing terhadap keberlangsungan bisnis Anda sebagai media pemasaran.

2 thoughts on “Impressive! 2 Teknik Pemasaran Digital Paling Useful Saat Ini: SEO dan SEM”

  1. Pingback: 5 Jenis Konten Visual dalam Marketing Campaign. Best Way to Know! - Bootsol

  2. Pingback: Tips and Trick mendapatkan hasil SEO yang memuaskan dan menjadi nomor 1 dihalaman pencarian Google. Very Interesting ! - Bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top