fbpx

Bagi pelaku bisnis, terutama bisnis online, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO dan SEM. Kedua istilah ini nampaknya sering lalu lalang dalam pekerjaan sehari-hari si digital marketer. Layaknya dua sisi mata koin, kedua istilah ini sebenarnya serupa namun tak sama. Masih banyak orang yang bingung dengan kedua istilah ini, menganggap keduanya membicarakan hal serupa. Padahal, terdapat perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Untuk kamu yang kurang memahami pengertian dari SEO dan SEM ini, kamu datang ke tempat yang tepat. Ketika menyebut istilah SEO, sering kali kita tidak lagi menyebut istilah SEM. Keduanya biasa digunakan secara terpisah. Lantas, apa saja perbedaan keduanya? Kenali beberapa perbedaan dari SEO dan SEM ini, lalu tentukan, mana yang mau kamu jalani?

Pengertian SEO

Kenali lebih dalam teknik SEO ini!
Kenali lebih dalam teknik Search Engine Optimization ini!

Mari bahas satu per satu terlebih dahulu. Untuk mengetahui lebih dalam perbedaan keduanya, kita harus tahu terlebih dahulu pengertian masing-masing istilah. SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik optimasi terhadap website beserta segala aspek yang terdapat di dalamnya (konten artikel, sistem, desain rancangan, dan lain-lain) dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs tersebut dalam mesin pencari, seperti Google. Lantas, mengapa teknik ini menjadi penting?

Search Engine Optimization bisa menjadi kunci buat kamu mendapatkan lebih banyak pengunjung ke website milikmu. Semakin tinggi traffic dari situs milikmu, maka semakin tinggi pula calon konsumen potensial yang akan kamu dapatkan. Misalkan saja, ada orang yang sedang mencari “laptop di bawah 5 juta” di Google. Apabila kamu memanfaatkan teknik Search Engine Optimization ini, maka Google akan menampilkan situs kamu sebagai top rank pencarian. Orang itu pun akan masuk ke situs kamu dan berpotensi menjadi konsumen dari bisnismu. Menguntungkan, bukan?

Untuk dapat muncul di laman utama pencarian Google, artikel yang kamu buat harus teroptimasi sesuai dengan aturan yang telah disediakan. Inilah pentingnya Search Engine Optimization dalam optimasi situs milikmu. Untuk bisa merebut posisi teratas pencarian Google, kamu harus mengatur semua yang ada di website milikmu, mulai dari konten yang kamu publikasikan. Konten itu harus mengikuti beberapa aturan ketat seperti jumlah kata kunci sampai panjang artikel. TIdak hanya itu, kamu juga harus menyertakan external link dan internal link yang bisa membantu Google menemukan artikelmu di antara jutaan artikel lainnya.

Manfaat Search Engine Optimization

Apa saja manfaat dari SEO ini?
Apa saja manfaat dari Search Engine Optimization ini?

Berikut adalah beberapa manfaat dari Search Engine Optimization yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan website milikmu.

  1. Situs milikmu bisa diserbu pengunjung dengan tingkat traffic yang tinggi. Hal ini membuat nama website maupun bisnismu lebih mudah diingat oleh konsumen, sehingga tentunya akan memberi pengaruh positif.
  2. Kamu bisa mendapatkan data konsumen secara cuma-cuma. Data konsumen ini bisa kamu manfaatkan dalam mengembangkan bisnis kamu. Kamu jadi tahu apa yang mereka butuhkan dan tinggal menjawab kebutuhan mereka lewat usaha milikmu. Tidak hanya itu, data konsumen juga mempermudah kamu untuk melakukan promosi ketika ada produk maupun layanan baru yang kamu tawarkan.
  3. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, teknik ini akan mengoptimasi bisnis yang kamu punya, sehingga dapat meningkatkan pula brand awareness usahamu. Hal ini tentunya sangat menguntungkan!

Baca Juga: Amazing 6 Tips SEO yang Bisa Bikin Artikelmu Mangkal di Halaman Utama Google

Pengertian SEM

Apa itu SEM?
Apa itu Search Engine Marketing?

Di sisi lain, SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah teknik pemasaran di internet dengan mempromosikan situs milikmu dengan cara meningkatkan keterlihatan situs tersebut di laman utama mesin pencari Google. Sebenarnya teknik ini merupakan bagian besar dari Search Engine Optimization. Pengguna Search Engine Marketing ini umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya pengguna dari teknik ini beriklan di Google guna mempromosikan produk mereka ke konsumen. Berbeda dengan Search Engine Optimization yang lebih fokus pada artikel serta konten, kebanyakan pengguna Search Engine Marketing biasanya lebih fokus ke promosi produk maupun jasa yang ditawarkannya.

Dalam SEM terdapat istilah yang dinamakan pay per click, yang merupakan teknis pembayaran dari teknik yang bersangkutan. Sesuai dengan yang telah disebutkan tadi, teknik ini berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas situs, juga menguasai kata kunci yang menjadi target agar sepenuhnya menjadi milikmu. Selain itu, teknik ini juga mengandalkan iklan semacam Google Ads dalam mempromosikan situsnya. Kalau kamu melakukan Search Engine Optimization, maka sebenarnya kamu juga sedang melakukan upaya Search Engine Marketing.

Manfaat SEM

Kenali manfaat dari SEM untuk bisnismu
Kenali manfaat dari Search Engine Marketing untuk bisnismu

Berikut merupakan beberapa manfaat dari Search Engine Marketing yang bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnismu.

  1. Meningkatkan pengunjung ke situs milikmu, terutama ke website yang masih baru. Cara kerjanya yang cepat dan tepat dalam menargetkan pengunjung membuat situs usahamu akan semakin dikenal.
  2. Penggunaannya sangat mudah diatur dan disesuaikan dengan budget dan waktu yang kamu miliki.
  3. Target akan lebih mudah tercapai, traffic situs akan lebih cepat meningkat, keuntunganmu pun akan datang berkali-kali lipat.

Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan antara SEO dan SEM
Perbedaan antara Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing

Setelah mengenal kedua istilah ini lebih lanjut, lantas apa saja perbedaan yang ada di antara keduanya?

1. Biaya

Kamu tidak perlu mengeluarkan sepeser pun ketika menggunakan teknik Search Engine Optimization. Hal ini berbeda dengan teknik Search Engine Marketing dimana kamu harus membayar dengan hitungan PPC (Pay Per Click).

2. Visibilitas

Dari segi visibilitas, menggunakan teknik Search Engine Optimization akan membuat situsmu bisa terlihat ke semua orang. Namun teknik Search Engine Marketing membuat situsmu terlihat ke target pengunjung yang telah kamu tentukan sebelumnya. Di sini terlihat jelas bahwa tujuan dari Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing memang sedikit berbeda.

3. Hasil

Hasil dari teknik Search Engine Marketing biasanya langsung terlihat dengan meningkatnya kualitas traffic website milikmu. Sedangkan hasil dari Search Engine Optimization biasanya lebih lama terlihatnya. Hal ini dikarenakan Search Engine Optimization memanfaatkan konten organik untuk optimasi situs, berbeda dengan Search Engine Marketing yang memanfaatkan iklan untuk optimasi situsnya.

Itu dia beberapa perbedaan serta manfaat dari teknik Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization. Bak pinang dibelah dua, kedua istilah tersebut memang serupa namun tidak sama. Ketika kamu mempelajari lebih dalam kedua istilah ini, kamu akan menemukan lebih banyak persamaan ketimbang perbedaannya. Namun demikian, keduanya bisa digunakan sebagai teknik digital marketing untuk membantu bisnis milikmu berkembang. Bagaimana? Sudah siap mendalami teknik digital marketing ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top