fbpx

Apa kamu pernah bertanya-tanya bagaimana Google mampu menampilkan sederet informasi terkait kata kunci yang kamu cari? Nyatanya, ada satu trik yang disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Sesuai dengan namanya, SEO adalah sekumpulan cara yang digunakan untuk mengoptimalisasi situs yang kamu miliki dalam mesin pencari, sehingga nantinya mereka bisa menemukan artikel yang kamu buat. Hal ini bisa meningkatkan traffic di situs kamu, dan tentunya akan membuahkan keuntungan sendiri.

Tips SEO ini hampir berfokus pada kata kunci, dimana kata kunci yang digunakan dalam suatu artikel akan sangat menentukan keberhasilan artikel tersebut untuk lalu lalang di halaman utama mesin pencari. Untuk itu, kamu perlu mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dari mesin pencari ini. Salah satu faktor yang penting dalam SEO ini terletak dalam konten yang kamu buat. Kamu tidak bisa sembarang membuat artikel, lalu berharap bisa muncul di halaman utama Google.

Lantas, bagaimana caranya membuat artikel SEO-friendly?

1. Kata Kunci Sebagai Tips SEO Paling Penting

Perhatikan kata kunci dalam artikelmu, jangan sampai salah!
Perhatikan kata kunci saat hendak menulis artikel SEO-Friendly

Keberadaan kata kunci dalam artikelmu bisa diibaratkan sebagai tanda pengenal. Google akan menyaring artikel yang kamu buat berdasarkan kata kunci yang ada di dalamnya. Hal ini akan membantu mesin pencari untuk menentukan apakah artikelmu sudah sesuai dengan kata kunci yang tengah dicari atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan keberadaan kata kunci ini.

Untuk menentukan kata kunci yang hendak kamu gunakan, kamu bisa memeriksanya di Google Trend atau Google Keyword Planner secara gratis. Periksa tingkat kompetisi serta popularitas dari setiap keyword dan tentukan keyword mana yang sesuai dengan artikel yang hendak kamu rancang. Setelahnya, kamu bisa mulai menulis dengan keyword yang kamu miliki itu.

Namun, perlu diperhatikan pula jumlah kata kunci yang terkandung dalam artikelmu. Jangan optimasi terlalu berlebihan. Apabila jumlah kata kunci dalam artikelmu terlalu banyak, Google akan menganggapnya sebagai over-optimization dan malah takkan membuat artikelmu nongkrong di peringkat atas halaman pencari. Pastikan untuk menghindari hal ini, jumlah kata kunci pada artikel SEO biasanya berkisar antara 5-10% dari total jumlah kata.

2. Sub Judul dalam Artikel SEO-Friendly

Sub-judul juga diperlukan dalam artikel SEO-Friendly.
Kamu harus menuliskan sub-judul supaya artikelmu semakin SEO!

Pernahkah kamu membaca sebuah artikel di website yang memiliki poin-poin besar sehingga memudahkan kamu mencari apa yang ingin kamu baca? Poin-poin itulah yang disebut sebagai sub judul. Dalam sebuah artikel ramah SEO, kata kunci harus dimasukkan ke dalam sub judul. Sub judul ini akan memudahkan pembaca dalam mencari konten yang memang mereka butuhkan.

Panjang dari sub judul ini juga harus diperhatikan, jangan terlalu panjang, maupun jangan terlalu pendek. Aturan standar yang dibutuhkan adalah sekitar 75 kata. Dengan keberadaan sub judul ini, artikel SEO memang cocok untuk kamu yang butuh baca cepat.

3. Panjang Artikel Menentukan Tingkat SEO-Friendly

Jangan terlalu panjang menuliskan artikelmu.
Jangan terlalu panjang, nanti pembaca malah pusing.

Panjang artikel yang kamu tulis harus minimal sekitar 500 kata untuk bisa dianggap sebagai artikel ramah SEO. Namun demikian, tidak ada batasan untuk menulis lebih, selama informasi yang disajikan memang benar-benar dibutuhkan dan masih relevan dengan artikel yang kamu tulis. 

Tidak ada aturan pasti berapa panjang artikel yang harus kamu tulis. Namun sebaiknya artikel kamu berkisar antara 500-1000 kata. Artikel yang terlalu panjang bisa membuat pembaca merasa jenuh ketika masuk ke situs kamu. Selain itu, panjang satu paragraf juga tidak boleh berlebihan. Dilansir dari redcomm.co, satu paragraf biasanya hanya terdiri dari 5 sampai 6 baris.

Baca Juga: Amazing 9 Teknik SEO Youtube untuk Menambah Traffic Channel Kalian

4. Kalimat Pembuka yang Menarik untuk Artikel SEO

Buat kalimat pembuka menarik untuk tips SEO selanjutnya.
Buat pembaca mengklik artikelmu dengan kalimat pembuka yang menarik!

Tarik perhatian pembaca dengan kalimat pembuka yang menarik. Ibarat sebuah toko, kamu harus memikat hati pembacamu dengan menyajikan kalimat pembuka yang bisa membuat mereka tertarik untuk masuk dan menjelajahi situs milikmu ini. Oleh karena itu, jangan sembarangan menulis kalimat pembuka dalam suatu artikel. Pikirkan apa yang kira-kira menarik bagi pembaca. Judul yang kamu buat juga harus bisa menarik perhatian pembaca supaya pengunjung ke situs kamu bisa meningkat!

5. Tips Lain yang Tak Kalah Penting: External dan Internal Link

Tak kalah penting dalam artikel SEO-Friendly: internal Link dan External Link!
Pastikan artikelmu tertaut dengan internal dan external link.

Tips satu ini memang terdengar lebih teknis dibanding tips lainnya, namun tak kalah penting juga, loh. Dalam artikel ramah SEO, sering kali kamu melihat tulisan “Baca Juga” yang nantinya akan mengarahkan kamu ke artikel lain di website yang sama ketika mengkliknya. Itulah yang disebut dengan tautan atau link. Ada dua jenis link yang harus ada dalam artikel ramah SEO, yakni internal dan external link.

Internal link adalah tautan yang merujuk ke artikel lain di situs kamu. Internal link ini bisa digunakan sebagai ajang promosi artikel lain yang ada di situs kamu. Sedangkan external link adalah tautan yang merujuk ke situs lain diluar situs milikmu. Biasanya dalam external link ini, kamu sisipkan situs yang mungkin menjadi referensi maupun sumber ketika membuat artikel. Kedua hal ini bisa dibilang cukup penting untuk meningkatkan peringkat artikelmu di Google.

6. Tempatkan DIri Kamu Sebagai Pembaca Jadi Tips SEO Selanjutnya

Dalam membuat artikel SEO-Friendly, tempatkan diri kamu sebagai reader.
Kira-kira, apa sih yang dicari sama pembaca?

Setelah semua tips-tips yang mungkin sifatnya teknis, kini beralih ke tips yang kurang teknis, namun tetap harus diperhatikan. Ketika membuat sebuah artikel, tempatkan diri kamu sebagai pembaca. Ketika kamu melihat sebuah topik, kira-kira artikel seperti apa yang ingin dibaca oleh pembaca? Informasi seperti apa yang dicari oleh pembaca ketika mengetikkan kata kunci ini? Pastikan artikelmu tidak hanya ramah SEO, namun mudah dibaca dan memang menjawab pertanyaan pembaca. Posisikan diri kamu sebagai reader yang sedang mencari informasi. Artikelmu akan lebih human-friendly!

Itu dia beberapa tips SEO yang harus kamu perhatikan supaya artikelmu bisa lalu Lalang di halaman utama Google. Pastinya mau dong artikelmu jadi popular dan dibaca banyak orang? Tidak hanya ketenaran, kamu juga bisa meraup untung darinya! Jadi, apa sudah siap menulis ramah SEO?

Baca Juga: Wonderful 7 Kegunaan SEO Dalam Website Yang Harus Kita Ketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top