fbpx

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan pihak ketiga untuk mempromosikan suatu produk atau campaign yang dibuat perusahaan.

Strategi ini cukup diminati oleh tim marketing perusahaan karena dianggap membawa dampak positif bagi perusahaan.

Affiliate marketing bsia dilakukan dalam berbagai platform, salah satunya adalah website. Orang-orang melakukan blogging, memasukkan hyperlink website lain untuk saling mendongkrak traffic website.

Selain blogging¸ metode lainnya seperti email, video marketing¸ dan microset juga bisa menjadi opsi yang bagus.

Pahami Apa itu Affiliate Marketing

Affiliate marketing mempromosikan produk perusahaan dengan cara bekerja sama dengan pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut disebut sebagai publisher.

Nantinya afiliator akan memperoleh komisi karena sudah berjasa membantu mempromosikan produk perusahaan.

Afiliator akan memperoleh jumlah komisi yang berbeda-beda, tergantung dari kebijakan program afiliasi. Misalnya saja Amazon, menawarkan komisi hingga 10%

Anda mungkin pernah melihat judul bertanda “tautan afiliasi” atau “pos sponsor” di banyak website yang Anda kunjungi.

Dalam dunia bisnis online, affiliate marketing sangat populer, karena dapat mendapatkan penghasilan yang besar melalui internet dengan waktu yang tergolong singkat dan hasil besar.

affiliate marketing strategy to distribute your business
Photo by Jason Goodman from Unsplash

Cara Kerja Program Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing dianggap cukup mudah. Program ini akan melibatkan 3 peran yang saling berkaitan, diantaranya:

Pemilik produk

Pemilik produk artinya adalah mereka yang menjalankan perusahaan, memproduksi produk untuk dijual.

Pemilik produk pula yang mengeluarkan program affiliate marketing ini. Perusahaan ini bisa berupa perusahaan kecil sampai yang besar sekalipun.

Afiliator

Afiliator sering juga disebut sebagai publisher, karena mereka sudah berjasa membantu mempromosikan produk perusaaan.

Aktivitas promosi ini akan dilakukan afiliator melalui berbagai platform internet, seperti Media Sosial, SEO website, sampai lewat email.

Konsumen

Konsumen tentu mereka yang menjadi pembeli produk yang dijual oleh perusahaan. Mereka bisa membeli produk baik kepada afiliator atau langsung kepada perusahaannya.

Konsumen biasanya juga diberi tahu oleh afiliator bahwa mereka akan membeli produk melalui program affiliate marketing

Biasanya terdapat keterangan seperti, “Jika Anda membeli item ini, saya akan memperoleh sedikit komisi. Terimakasih atas dukungannya.”

affiliate marketing strategy to distribute your business
Photo by Loe Moshkovska on Pexel

Bagaimana Caranya Menjadi Afiliator

Berbeda dengan reseller, afiliator akan menjualan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Anda hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau memiliki produk yang ditawarkan.

Komisi yang diperoleh afiliator juga tidak besar, hany 10% – 40%.

Sedangkan menjadi reseller, Anda mengharuskan untuk membeli produk atau jasa yang akan ditawarkan terlebih dahulu, kemudian mempromosikannya di berbagai media online.

Berikut ini langkah menjadi afiliator:

1. Pelajari Produk Terlebih Dahulu

Biasakan untuk mempelahari product knowledge saat Anda ingin berjualan. Pengetahuan tentang produk penting, karena konsumen bisa jadi bertanya banyak hal sebelum membeli produk Anda.

Bijak memilih produk, artinya produk tersebut harus merupakan produk yang Anda sukai, dan And familiat dengna produknya.

Selain Anda dapat memasarkan produk tersebut, Anda tetap memiliki pride dalam diri Anda karena mampu untuk menjual produk tersebut.

affiliate marketing strategy to distribute your business
Photo by Blake Wisz on Unsplash

2. Coba Produk Terlebih Dahulu

Sangat disarankan bagi Anda untuk mencoba produk ayang akan Anda jual, sehingga Anda dapat memahami konsumen jika mereka ada keluh kesah.

Misalnya saja Anda akan menjual produk makanan, maka Anda dapat tahu rasanya seperti apa, serta kekurangan apa yang akan Anda temukan pada produk tersebut dilihat dari mata konsumen.

Pelanggan jaman sekarang juga cenderung cukup cerdas dalam menilai kebenaran sebuah produk, serta mereka tidak segan memberi testimony terhadap produk Anda langsung pada website Anda.

Jadi testimoni yang baik dari pelanggan sangatlah penting untuk meningkatkan kredibilitas produk Anda.

Selain testimoni dari pelanggan, Anda juga bisa mencantumkan testimoni dari diri Anda sendiri sebagai afiliator. Berbagi pengalaman Anda menggunakan produk tersebut bisa membuat pelanggan percaya.

Digital Marketing Strategy: SEO Copywriting Through Brand Storytelling Technique

3. Mulai Membuat Akun Media Sosial atau Website

Biasanya para afiliator akan mulai memasarkan produknya melalui akun Media Sosial atau melalui website.

Hal ini penting dilakukan, agar proses promosi Anda berjalan lebih mudah, karena di era sekarang digital marketing menjadi solusi entrepreneur untuk mempromosikan produk.

Buat tampilan website yang serius, sesuai dari karakter produk anda. Anda bisa mulai membeli hosting dan domain, jangan menggunakan website dan domain gratis.

Setelah Anda memiliki website¸ pastikan bahwa Anda mengisi website tersebut dengan konten-konten yang bermanfaat.

Tarik traffic Anda hingga mampu bersaing di laman SERP. Pastikan konten-konten tersebut bisa memberi solusi bagi user internet.

Jika website Anda tampak professional dan meyakinkan, maka kredibilitas Anda akan naik, dan konsumen akan semakin percaya dengan produk Anda.

Konsumen juga akan memiliki loyalitas untuk mengunjungi website Anda. Bukan hanya untuk membeli produk, tapi juga memperoleh informasi berharga dari konten-konten yang Anda buat.

4. Jangan Lupa Kode Referral

Kode referral adalah kode yang akan Anda peroleh dari perusahaan penyedia produk untuk Anda, jika orang-orang menggunakan kode referral Anda maka terkonfirmasi jika konsumen membeli produk dari Anda.

Pastikan konten-konten yang Anda buat di Website maupun di Media Sosial diakhiri dengan CTA yang berisi kode referral Anda.

Peluang Profit Program Afiliasi

Jika Anda ingin mengikuti program afiliasi, maka Anda akan memperoleh beberapa benefit dan tentunya perlu usaha yang keras untuk menjadi seorang afiliator.

1. Penghasilan Pasif

Komisi yang diperoleh oleh afiliator mungkin tidak akan banyak, tetapie setidaknya lumayan untuk penghasilan pasif.

2. Dapat Bekerja dari Rumah

Keuntungan lainnya sebagai afiliator, Anda dapat bekerja dari rumah sehingga jam kerja pun fleksibel, sheingga program afiliasi ini sangat cocok untuk dijadikan penghasilan tambahan.

3. Bisa Ikut Banyak Program Afiliator

Saat ini, ada banyak perusahaan besar yang menghadirkan program afiliator, Anda bisa mengikuti beberapa di antaranya.

Pastikan bahwa program afiliasi yang Anda ikuti tidak memiliki syarat yang bertentangan dengan perusahaan tempat Anda bekerja sebagai afiliator.

4. Penghasilan Murni dari Kerja Keras

Lagi-lagi semuanya berasal dari kerja keras Anda. Program affiliate marketing ini akan memberikan Anda komisi murni dari hasil penjualan Anda.

Semakin banyak Anda berhasil menjual produk, maka semakin banyak komisi yang akan Anda peroleh.

Daftar Perusahaan Penyedia Program Afiliasi

Mulai dari perusahaan local sampai perusahaan internasional, kini banyak sekali program affiliate yang bisa Anda ikut dari perusahaan-perusahaan tersebut. Coba lihat perusahaan berikut ini.

apa itu startup sebagai perusahaan solusi digital

1. Amazon

Sebagai perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Amazon telah menawarkan program afiliasi bagi Anda yang ingin memperoleh pendapatan tambahan.

Berbagai jenis produk dapat Anda jual dari Amazon. Anda hanya perlu mendaftarkan diri untuk bergabung dengan program afiliasinya.

Pilih produk yang Anda inginkan untuk dijual, jika Anda berhasil menjualnya, komisi yang Anda peroleh dari Amazon adalah sebanyak 10%.

2. Zalora

Zalora juga termasuk perusahaan e-commerce multinasional, tetapi juga sudah sangat populer di Indonesia.

Produk utamanya adalah fashion. Anda dapat memperoleh komisi 4% untuk pelanggan lama, dan 6% untuk pelanggan baru.

3. Tiket.com

Tiket.com menawarkan API (Application Programming Interface) yang bisa dihubungkan dengan aplikasi Anda. Sebagai afiliator, Anda dapat mengambil keuntungan Anda dari aplikasi tersebut.

Komisi yang dapat Anda peroleh dari program afiliasi dari Tiket.com tergantung dari layanan apa yang Anda berhasil jual kepada konsumen.

Kesimpulan

Berbeda dengan reseller, mengikuti program afiliasi tidak memerlukan modal banyak atau bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali untuk bisa bergabung.

Anda memerlukan semangat yang tinggi serta kerja keras untukbsia mempromosikan produk perusahaan, terutama skill digital marketing perlu Anda tingkatkan.

Berbagai perusahaan besar sudah menyediakan program afiliator, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan yang menurut Anda cocok dengan Anda.

Jika Anda perlu untuk mengoptimalkan marketplace Anda di Media Sosial atau Website, maka Bootsol bersedia untuk membantu Anda. 

Ditangani oleh tenaga professional, bisnis afiliasi Anda akan berjalan lancar dengan tampilan menarik dari platform resmi produk afiliasi milik Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top