fbpx

Berapa banyak akun Social Media (Sosmed) kamu sekarang? Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, sampai Whatsapp, kayaknya kurang banyak, nih!

Generasi di bawah tahun 2000 pasti sudah tahu! Beragam aplikasi Social Media banyak rupa fitur yang disediakan, terutama Sosmed tempo dulu.

Seperti Path, Yahoo Messenger, MySpace, dan masih banyak lagi, yang mungkin aplikasi Sosmed jaman sekarang tidak menyediakan fitur serupa.

Aplikasi Social Media tempo dulu memang mengenang banyak memori, maka dari itu sekarang Bootsol akan kasih tahu ke kamu 4 aplikasi Social Media tempo dulu.

1. mIRC

Aplikasi Social Media Tempo Dulu yang banyak memiliki fitur seru

Aplikasi mIRC mungkin hanya diketahui oleh generasi Mama dan Papa, yaitu Generasi X.

mIRC pernah booming di masanya, yaitu pada tahun 2003, menembus pasar sampai 40 juta downloader. mIRC sendiri pada saat itu memasuki tahun ke-8 sejak tahun dirilisnya, yaitu 2003.

mIRC (Internet Relay Chat) merupakan software aplikasi Social Media daring, yang memungkinkan penggunanya bisa saling chatting tanpa mengetahui identitas masing-masing.

Nickname yang digunakan pun macam-macam, kebanyakan menggunakan nama samara, bahkan tidak disediakan fitur foto profil.

Orang-orang hanya akan mengobrol, jika dirasa semakin lama semakin cocok, maka kencan buta tersebut bisa beralih ke Friendster.

mIRC dikembangkan oleh seorang developer bernama Khaled Mardam-Bay, sampai mIRC berhasil di versi terakhirnya yaitu versi 7.68, terakhir kali dikembangkan 2 April 2022.

Kini mIRC kalah tenar dengan Instagram, ataupun Twitter yang masih Berjaya.

Fitur Populer Unggulan mIRC

Biasanya para pengguna mIRC memulai percakapan dengan “ASL pls?” artinya menanyakan gender, usia dan lokasi.

Kelebihan fitur mIRC paling seru di antaranya:

·         Tersedia script yang membuat mIRC dapat diatur bebas

·         Dapat menyimpan data log percakapan di channel dan queri.

·         Terdapat pengaturan tulisan, seperti font, ketebalan, dan warna text.

·         Tampilan GUI mudah untuk pengguna

·         Tema dan tampilan dapat diganti.

Kekurangan mIRC di antaranya:

·         Tidak bisa berkomunikasi dengan media suara maupun gambar

·         Tidak keterangan profil yang lengkap, semua serba anonim.

However, mIRC kalah dengan Yahoo Messenger pada awal 2000-an karena Yahoo Messanger memungkinakan penggunanya untuk bisa mengobrol dengan pesan suara dan gambar.

2. Yahoo Messenger

Super Cool! Top 10 Aplikasi Social Media Tempo Dulu dengan Fitur Paling Seru

Yahoo Messenger (YM) merupakan aplikasi chatting berbasis online, yang juga memungkinkan penggunanya bisa chatting secara instan.

Popularitas YM ialah karena fiturnya dengan menggunakan emoticon yang lucu-lucu, namun kini YM sudah dikembangkan sehingga penggunanya dapat berinteraksi lewat video maupun voice call.

Aplikasi Social Media tempo dulu, seperti YM bisa digunakan secara gratis, namun banyak iklannya. YM juga memungkinkan penggunanya terhubung dengan Yahoo Mail.

Yahoo Messenger sudah dirilis sejak tahun 1998, kemudian layanan ditutup pada tahun 2012. YM sempat diperbarui, lalu dibuka lagi tahun 2015, namun kembali ditutup pada tahun 2019.

Fitur Populer Unggulan Yahoo Messenger

Yahoo Messenger merupakan aplikasi Social Media tempo dulu yang banyak mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman.

Awalnya YM hanya bisa berkirim pesan text dengan fitur banyak sekali emoticon lucu, bahkan penggunanya hanya bisa berkomunikasi jika menyimpan alamat email satu sama lain di kontak.

Berikut kelebihan Yahoo Messenger:

·         File Sharing

Yahoo Messenger memungkinkan penggunanya untuk saling mengirimkan media, seperti foto dan animated GIF, dan video dengan ketentuan maksimal file adalah 2GB.

File foto juga bisa dikirim secara bersamaan dalam bentuk album. Sedang file animated GIF diintegrasikan dengan Tumblr, yang juga merupakan usungan dari Yahoo.

·         Like Button

Pengguna YM juga bisa saling mengirim emotikon heart pada media yang disebarkan di masing-masing akun

·         Unsend

Menariknya daripada Sosmed lain, YM bisa menggagalkan pesan yang sudah kita kirim. Terhapus pada halaman chat kita maupun orang dengan yang chatting dengan kita.

·         Group Conversations

YM juga menyediakan fitur jika kamu ingin mengobrol secara group private, diluncurkan sejak tahun 1997, kemudian digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Bahkan, melalui fitur ini, Yahoo bekerjasama dengan NBC dan News Corp untuk menghasilkan acara obrolan.

Sejak jalinan kemitraan tersebut, Yahoo mampu menyelenggarakan lebih dari 350 acara perbulan. Obrolan langsung dengan grup musik Hanson 21 Juli 1998 merupakan yang terbesar.

·         Games

Menariknya, YM menyediakan fitur game yang bisa dimainkan bersama teman chatting kamu. Penggunaan aplikasi ini membutuh Java.

Fitur lainnya seperti buzz, yaitu pengingat pesan. Invisible, untuk menyembunyikan status online, atau audibles, yaitu sticker yang dapat berbicara.

3. Friendster

Anggap saja merupakan senior dari Facebook, sebelum pada akhirnya kalah popularitasnya dari Facebook.

Friendster sangat populer pada tahun 2006 ke bawah, merupakan Social Media dengan konsep games dan lagu berpusat di California, Amerika.

Friendster kemudian pindah ke Malaysia, berubah menjadi aplikasi Sosmed paling populer pada saat itu. Pada Juni 2010, penggunanya mencapai 8,2 juta orang.

Bisa dikatakan Friendster merupakan pelopor pertama Social Media di internet, yang penggunanya banyak dari orang-orang Eropa, lalu menyebar ke Asia.

Posisinya di Amerika kemudian tergantikan oleh MySpace, Facebook, dan LinkedIn.

Fitur Populer Unggulan Friendster

Friendster sering dikenang sebagai Sosmed yang sederhana, namun fiturnya yang cukup lengkap. Mirip Instagram, bahkan banyak tersebar akun-akun palsu yang disebut fakester.

Berbeda dengan Sosmed jaman sekarang, dimana semua orang bisa mengikuti akun Sosmed kita.

Friendster mengharuskan penggunanya untuk mengirim email terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa menjadi teman.

Fitur Friendster yang tidak dimiliki Sosmed jaman sekarang:

·         Email request

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk bisa berteman dengan seseorang di Friendster, kita harus mengirimkan email terlebih dahulu.

Dari sini, kita bisa memastikan jika lingkaran pertemanan kita di Friendster benar-benar murni ingin berteman, bukan sekadar orang asing yang saling follow atau ingin menawarkan produk.

Dari fitur ini pula, artinya Friendster menjunjung tinggi privasi setiap individu.

·         Bisa Mengetahui Siapa yang Melihat Profil

Setiap pengguna yang mengunjungi profil kita, bisa kita lihat sehingga kita tahu siapa saja orang-orang yang kepo dengan kita.

·         Bisa Mengganti Tampilan

Pengguna bisa mengubah warna Friendster sesuai dengan keinginan, bahkan juga bisa diisi lagu. Saat seseorang berkunjung ke profil kita, mereka bisa mendengarkan lagu yang kita pasang.

Menurut riset yang dilakukan oleh PR Newswire, Friendster pernah menjadi aplikasi Sosmed paling populer di Indonesia pada tahun 2008.

Tahun 2011, popularitas Friendster mulai menurun sampai pada tahun 2015, Friendster benar-benar tutup. Bahkan beberapa hak paten fitur Friendster ingin dibeli Facebook.

4. My Space

Super Cool! Top 10 Aplikasi Social Media Tempo Dulu dengan Fitur Paling Seru

Myspace merupakan aplikasi Social Media tempo dulu yang sangat populer pada tahun 2003 – 2006, mencapai 100 juta pengguna. Bahkan banyak penggunanya dari Amerika.

Dikutip dari Mirror, MySpace sempat dinobatkan sebagai Social Media paling berharga dengan harga 12 juta US dollar.

Pada tahun 2008, Myspace telah disusun oleh perusahaan kompetitornya, yaitu Facebook. Beruntungnya MySpace masih bisa bertahan sampai sekarang.

Fitur Populer Unggulan MySpace

Tidak seperti aplikasi Social Media tempo dulu lainnya yang sudah tidak aktif lagi, MySpace masih bisa bertahan hingga sekarang.

Meski tahun 2009, dikabarkan MySpace hanya memiliki 1000 karyawan.

Fitur unggulan MySpace:

·         Moods

Moods merupakan fitur emoticon kecil MySpace yang digunakan untuk menggambarkan suasana hati pengguna, yang ditambahkan pada tahun 2007.

Fitur moods ini kemudian berubah menjadi sistem default dalam kolom update status.

·         Blurbs, Blog, Multimedia

Profil MySpace terbagi menjadi beberapa kolom, saat mengunjungi profil teman, maka yang terbuka pertama kali adalah blurbs.

Blurbs terbagi menjadi dua kolom, yaitu kolom About me dan kolo Who I’d Like to Meet. Profil juga menampilkan interest dan details.

Profil juga memungkinkan pengguna menulis blog yang bisa diisi tulisan serta media yang dilengkapi dengan fitur photo editor.

Photo editor tersebut disebut Foto Flexer, yang menyediakan ruang bagi penggunanya menyunting foto, seperti memotong foto dan mengatur kontras.

Lebih dari itu, foto maupun gambar bisa kita kartunkan.

Penutup

Saat menengok ke belakang, mungkin sebagai generasi Z akan terheran-heran, bagaimana bisa aplikasi Social Media tempo dulu ini ditiadakan, padahal fiturnya banyak yang menarik?

Anggap saja selera masyarakat mungkin juga telah berubah. Meski begitu, beberapa aplikasi Social Media masih bertahan bertahun-tahun, seperti Twitter, LinkedIn, dan Facebook.

Satu hal perbedaan mendasar antara fitur aplikasi Social Media tempo dulu dengan yang jaman sekarang, yaitu privasi dan iklan.

Jika di Friendster, tidak ada bertebaran orang menawarkan jasa dan produknya, bahkan privasi pengguna lebih terjamin dibandingkan dengan Instagram.

mIRC mungkin sudah tergantikan dengan Tinder, dimana orang-orang sudah bisa menampilkan fotonya kepada orang asing, meski banyaknya merupakan foto palsu.

Pelajaran terpenting bagi para pengguna akun Social Media pastinya harus selalu menggunakan akun dengan bijaksana, paham etika dan tidak sembarangan dalam menggunakan akun Social Media.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top